×
×

Search in Mata Mata Musik

Arca Gandeng Sia Melepas Single Pertama Dari Album “KiCK ii”

Posted on: 10/7/21 at 3:00 pm

Arca Gandeng Sia
Foto: Unax LaFuente.

Arca, artis kebangsaan Venezuela ini tidak hanya dikenal sebagai penyanyi. Melainkan juga sebagai DJ, penampil, model, pelukis, dan komposer musik eksperimental. Kali ini doi kembali untuk mengumumkan detail albumnya yang sangat ditunggu-tunggu, KICK ii. Sebuah tindak lanjut dari albumnya yang masuk nominasi Grammy Awards 2020, KiCk I yang minggu lalu menerima nominasi Latin Grammy Awards untuk “Album Musik Alternatif Terbaik”. Minggu lalu Arca muncul kembali untuk merilis lagu rap yang telah lama menggoda di media sosial berjudul ‘Incendio’.

Baca juga: Metallica ‘Enter Sandman’ Versi Lembut Ala Alessia Cara & The Warning

Bagaikan menambahkan bahan bakar ke api, Arca merilis single pertama dari KICK ii yang berjudul ‘Born Yesterday’, hasil kolaborasinya bersama Sia. Seperti biasa, MV (Music Video)-nya ada di akhir artikel.

Direncanakan rilis pada 3 Desember 2021 melalui XL Recordings, KICK ii adalah tahap kedua dalam serial KiCk yang sedang berlangsung. Bagian berikutnya dalam antologinya, disusun untuk mewakili beberapa keadaan diri yang ada di dalam Arca. KICK ii menampilkan 12 lagu baru dari semua produksi Arca asli, dengan momen produksi dan penulisan lagu unggulan dari Cardopusher, Boys Noize, Mica Levi, Jenius Level, Wondagurl, Cubatz dan Sia. KICK ii bisa lo pre-order di sini.

Arca - KiCk ii
Artwork sampul single Born Yesterday lukisan karya Arca.

Daftar Lagu KiCk ii:

01. Doña
02. Prada
03. Rakata
04. Tiro
05. Luna Llena
06. Lethargy
07. Araña
08. Femme
09. Muñecas
10. Confianza
11. Born Yesterday [ft. Sia]
12. Andro

Arca, Artis Non-Biner Yang Multi Talenta

Selama sepuluh tahun terakhir Arca yang bernama lengkap Alejandra Ghersi Rodriguez telah meniti kariernya. Doi seperti mengukir jalan yang menyala-nyala melalui zeitgeist, benda langit yang berubah bentuk, melesat melintasi cakrawala budaya. Setiap kali kita melihatnya, doi membuat beberapa bentuk baru. Setiap kali sepertinya kita mencengkeramnya, doi menyelinap dan melampaui harapan kita, protean dan sulit dipahami.

Doi telah mengantongi empat album studio sebelumnya, yakni Xen (2014), Mutant (2015), Arca (2017) dan KiCk i (2020). Serta doi telah memberikan kontribusi pekerjaan produksinya kepada para artis seperti Björk, Kanye West, Fka Ranting, Kelela, dan Frank Samudra.

Pada 22 Februari 2017, Arca dikontrak oleh XL Recordings dan merilis ‘Piel’, single pertama dari album studio ketiganya, Arca. Kemudian di tahun yang sama, Arca kembali berkolaborasi dengan Björk di album studio kesembilannya, Utopia, memproduksi mayoritas rekamannya. Björk menjelaskan bahwa album itu mengeksplorasi “Arca-Björk yang saling melengkapi”. Video musikBjörk yang menampilkan Arca untuk lagu ‘Arisen My Senses’ dirilis pada 18 Desember 2017. Doi juga berkolaborasi dengan Kelela di album studio debutnya, Take Me Apart, dirilis pada Oktober 2017. Kelela mengatakan Arca “berlabuh” di albumnya dan menghasilkan sebagian besar materinya.

Dari Björk Ke Lady Gaga

Album keempatnya, KiCk i, menampilkan Björk, Rosalía, Shygirl dan Sophie, yang dirilis pada 26 Juni 2020. Pada bulan September 2021, remix Arca ‘Rain on Me’ oleh Lady Gaga dan Ariana Grande, yang menggunakan sampel lagu-lagu ‘Time’ dan ‘MeQuetrfe’ dari album KiCK i, dirilis sebagai bagian dari album remix Lady Gaga Dawn of Chromatica.

Doi dinominasikan untuk Glaad Media Awards dan merupakan artis non-biner pertama yang dinominasikan untuk Grammy. Dan doi melukis artwork sampul albumnya sendiri, menjadi model untuk Bottega Venetta, Calvin Klein, Loewe, merancang bersama alat musik generasi berikutnya dan menggunakan AI (Artificial Inteligence). Doi membangun komunitas online di Discord untuk gerombolan “mutan” yang memproklamirkan diri sebagai pengikutinya dan bahkan telah memulai seri kompilasi “Mutant Mixtape” yang diakui.

Baca juga: Lady Gaga Rilis “Dawn Of Chromatica” Yang Sarat Gebrakan Baru

Selamat menyimak MV ‘Born Yesterday’ fitur Sia!

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sia

    Di Usia 44 Tahun, Sia Mengaku Ternyata Seorang Nenek 2 Cucu

    Sia, sudah jadi nenek-nenek. (Foto: Michael Tran/FilmMagic). Pada bulan Mei lalu, Sia mengungkapkan bahwa dia sebelumnya telah mengadopsi dua anak laki-laki

    on Jul 2, 2020
    Sia

    Sia Rilis Single ‘Together’ Dari Album dan Film Mendatangnya, 'Mus...

    Sia. (Foto: Rick Kern/Getty Images). Sia telah merilis ‘Together’, single pertama dari album dan film musikalnya yang akan datang, Music. Penyanyi/penul

    on May 22, 2020
    Sia Harry Styles Diplo.

    Sia Blak-Blakan Ungkap Pernah Digoda Harry Styles dan Ajak Diplo "ML"!

    Harry Styles, Sia, Diplo. Sia telah mengklaim bahwa Harry Styles yang pada waktu itu masih berusia 21 tahun, dulu pernah menggodanya, dan itu membuat sang p

    on May 16, 2020
    Sia

    Sia Umumkan Single Baru, ‘Together’ Dari OST ‘Music’ Film Gara...

    Sia. (Foto: Atlantic Records). Penyanyi pop enerjik asal Australia, Sia, telah mengumumkan perilisan single terbarunya yang berjudul ‘Together’. Sia

    on May 15, 2020