×
×

Search in Mata Mata Musik

Ariel Noah: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Posted on: 11/10/20 at 10:01 am

Siapa sih Nazril Irham itu? Nazril Irham atau yang popular dengan nama Ariel Noah merupakan vokalis dari grup band Noah. Dirinya mempunyai pengaruh besar di dunia musik dan profil Ariel Noah, biodata, biografi serta fakta terkini terkait dirinya lumayan banyak dicari di mesin pencari. Bahkan, halaman khusus tentang dirinya dibuat oleh Wikipedia. Melihat ini, Mata Mata Musik merangkum data – data yang diperlukan untuk memberikan informasi seputar Ariel Noah seperti profil, biodata, biografi, serta fakta terkini terkait dirinya.

BIODATA

Nama Lengkap: Nazril Irham

Panggilan: Ariel Noah, Ariel

Tempat Lahir: Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatra Utara

Tanggal Lahir: 16 September 1981 (39 tahun)

Asal: Pangkalan Brandan

Profesi: Penyanyi, Penulis Lagu, Gitaris, Peragawan, dan Pemeran

Status: Menikah

Agama: Islam

Instagram (IG): @arielnoah

Twitter: @R_besar

Channel YouTube: @arielnoah

Baca juga: MMM Artis Talk: Ariel Noah

BIOGRAFI

Nama Ariel Noah tentu saja tidak asing lagi bagi kalian yang aktif di dunia musik. Ariel Noah menikahi Sarah Amalia pada tahun 2005 dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Allea Anata Irham. Namun, sayang, pernikahan mereka harus kandas di tahun 2008. Selain itu, dirinya juga pernah dipenjara pada tahun 2010 dan bebas pada tahun 2012 karena kasus asusila. Meski demikian, penyanyi yang bernama asli Nazril Ilham ini tetap eksis berkarir di dunia musik. Hal ini terbukti pada konser Ariel Noah yang bertajuk ‘Konser Mencari Cinta’ mengalami kesuksesan yang besar. Selain itu, kesuksesan karier Ariel Noah juga didukung oleh banyaknya penghargaan yang pernah di perolehnya bersama grup band lamanya, Peterpan, yakni 2 Anugerah Era, 7 Anugerah Musik Indonesia, 1 Asia Song Festival, 2 Dahsyatnya Awards, 1 Hai Reader’s Poll Music Awards, 1 I Gosip, 2 MTV Awards, 3 MTV Indonesia Awards, dan masih banyak lainnya.

KEHIDUPAN AWAL

Nazril Irham lahir dari pasangan Nazmul Irphan dan Darlina Darwis, serta merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Karena profesi ayahnya yang bekerja sebagai pegawai lapangan di Pertamina, Ariel terpaksa pindah ke Kota Langsa di Aceh. Di Aceh, Ariel menuntut ilmu di TK Bungong Seulanga dan SD IV Merdeka. Setelah 7 tahun tinggal di Aceh, Ariel dan keluarga pindah ke Bandung pada tahun 1993. Kemudian, Ariel melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 14 Bandung, SMA Negeri 23 Bandung, dan Universitas Parahyangan jurusan Arsitektur. Namun, Ariel tidak menyelesaikan kuliahnya.

KARIR PENYANYI

Sejak SMP, Ariel membentuk grup musik pertamanya yang bernama “Peppermint”. Namun, grup musik itu hanya bertahan 7 bulan. Tak menyerah, Ariel pun kembali membentuk grup musik baru yang bernama Silver, Cholesterol dan Topi. Namun, grup musik tersebut juga berakhir di tengah jalan. Meski demikian, “Topi” cukup berjasa dalam awal karier Ariel, karena beberapa orang dari “Topi” sepakat membentuk sebuah grup baru yang bernama Peterpan pada tahun 2000 dengan formasi Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika dan Indra.

Setelah band ini terbentuk, Ariel bersama rekannya berusaha untuk menembus kafe – kafe yang populer di Bandung. Penampilan Ariel yang berkarakter menarik perhatian Noey, mantan basis Java Jive, untuk memasukkan lagu mereka yang berjudul “Mimpi Yang Sempurna” ke album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu tersebut menjadi modal Ariel Peterpan untuk menembus industri rekaman.

Tiga tahun berselang, Peterpan merilis album yang berjudul “Taman Langit”. Album ini berhasil menarik perhatian pendegarnya karena liriknya yang dalam dan menyentuh dasar hati pendegar lagu – lagunya. Selain itu, kesuksesan album ini juga di dukung oleh vokal dan kemampuan Ariel Peterpan dalam mengelola lirik lagunya. Setahun kemudian, Peterpan kembali merilis album baru yang berjudul Bintang di Surga. Setelah album ini di rilis, Ariel Peterpan menjadi idola baru dan menjadi pujaan oleh pecinta musik di Indonesia.

Kini, grup musik yang dipimpin oleh Ariel berganti nama menjadi “Noah”. Dalam satu hari, Noah mampu melakukan perjalanan konser 2 benua 5 negara dari HongKong, Taiwan, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Akibat kesuksesannya tersebut, grup band ini berhasil meraih rekor MURI, penghargaan sebagai grup band terbaik, dan berlangganan penghargaan di Multi Platinum Award untuk albumnya yang bertajuk “Seperti Seharusnya”.

Selain bernyanyi, Ariel juga membintangi sejumlah iklan dan film layar lebar. Ariel pernah memainkan peran sebagai Arai, seorang pemuda yang tak pernah berhenti bermimpi, di film “Sang Pemimpi” dan film “Awal Semula”.

Baca juga: Noah Rilis Album Baru dan Uki Resmi Cabut dari Band

FAKTA TERKINI ARIEL NOAH (2020)

Sejak SMP, Ariel Noah telah membentuk sebuah band dan menunjukkan karismatik dan suaranya yang berkarakter. Noah merilis album baru yang berjudul “Keterkaitan Keterikatan” melalui Musica Studio’s pada tahun 2019, dan sampai saat ini masih belum ada lagu baru atau album baru yang dirilisnya. Selain itu, terdapat isu yang menyatakan bahwa Ariel Noah akan balikan dengan Luna Maya, Noah yang meragukan kualitas bandnya, penundaan tur karena pandemi dan kesuksesan Konser Noah “Mencari Cinta”.

BALIKAN DENGAN LUNA MAYA

Meskipun hubungan Ariel Noah dengan artis cantik Luna Maya telah lama berakhir, tetapi para fans masih berharap mereka akan kembali bersama dan bahkan menikah. Seperti yang kita ketahui, mereka menjalin hubungan pada tahun 2004 silam, tetapi harus kandas karena Ariel menikah dengan Sarah Amalia di tahun 2005. Namun, pernikahan Ariel dengan Sarah Amalia harus kandas di tahun 2008. Setelah perceraian tersebut, Ariel kembali menjalin asmara dengan Luna Maya. Pada tahun 2010, video syurrr Ariel dengan Luna Maya dan Cut Tari tersebar, sehingga Ariel Noah harus dipenjara selama dua tahun dan berpisah dengan Luna Maya.

Belakangan ini, Ariel Noah dan Luna Maya dikabarkan masih berhubungan baik dan bahkan berjumpa secara diam – diam. Ketika menjadi bintang tamu di Rumpi Trans TV, Luna Maya menjawab secara diplomatis mengenai kemungkinan kembali ke pelukan Ariel Noah. Selain itu, Luna Maya juga mengaku bahwa dirinya masih menjalin silahturami dengan Ariel Noah. Hal ini tentu saja ada indikasi akan balikannya Ariel Noah bersama Luna Maya, mengingat mereka pernah putus nyambung beberapa kali, bahkan setelah Ariel bercerai, mereka kembali bersama.

MERAGUKAN KUALITAS NOAH

Di tengah proses penggarapan album yang berjudul “Keterkaitan Keterikatan” yang dirilis pada tahun 2019 lalu, Noah mengaku bahwa mereka meragukan kualitas bandnya sendiri karena proses pembuatan album yang lama. Ariel Noah juga meragukan dirinya sendiri karena proses pembuatan album tersebut yang lama, bahkan Ariel sempat berpikir untuk berganti profesi.

Meski demikian, album Keterkaitan Keteriaktan berhasil di rilis pada tahun 2019 setelah melewati proses pembuatan album selama 2 tahun. Namun, setelah perilisan album tersebut, Uki memutuskan untuk keluar dari Noah pada Agustus 2019. Hal ini tentu saja menambah kesedihan Ariel Cs.

PENUNDAAN TUR KARENA PANDEMI

Pandemi COVID-19 telah berimbas ke musik Tanah Air, yang dimana banyak tur – tur di tunda termasuk tur yang akan dilakukan Ariel Noah bersama rekan – rekannya. Rencananya, Noah akan menyelenggarkan tur di beberapa tempat pada tahun 2020 ini, tetapi karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka tur ini pun di tunda hingga pandemi berakhir. Ariel Noah pun mengungkapkan ketidaksabarannya untuk kembali manggung setelah pandemi berakhir.

Baca juga: Konser NOAH ‘Mencari Cinta’ di Livespace SCBD, Jakarta Sukses Menawan Hati

KONSER NOAH MENCARI CINTA

Pada 13 Februari 2020, NOAH menggelar konser yang bertajuk “Mencari Cinta” di Livespace SBCD, Jakarta Selatan. Konser ini sukses menarik perhatian ribuan penonton dan lagu – lagu yang dibawakan oleh Ariel menyentuh hati para penonton. Dalam konser tersebut, Ariel Noah membawakan lagu Wanitaku, Khayalan Tingkat Tinggi, Kupeluk Hatimu, Separuh Aku, Mencari Cinta bersama Bunga Citra Lestari (BCL). Selain itu, Ariel Noah juga mengcover lagu “Andaikan Kau Datang” milik Koes Plus dan “Walking After You” milik Foo Fighters. Selain itu, artis – artis lainnya juga turut meramaikan konser Noah ini, seperti Marchella FP, Fourtwnty, dan Najwa Shihab.

Konser tersebut berhasil berjalan mulus dan memukau semua orang yang hadir di sana. Performa Ariel Noah di sana berhasil menaklukkan hati para penonton dan meninggalkan kenangan manis di hati para penonton.

Penulis: Leonardo Forestin

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Turnamen Lagu Pop Indonesia

Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020!

Diagram Turnamen 32 Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020 dari Babak 1 hingga Babak Final. Ok guys, tibalah saatnya pengumuman sang juara Turnamen 32 Lagu Pop Ind

on Aug 1, 2020
Stars and Rabbit Vs BCL & Ariel Noah

Turnamen Babak Final: Stars and Rabbit Vs BCL & Ariel Noah. Vote Sekar...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Jul 30, 2020
Turnamen Lagu Pop Indonesia

Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020 Babak Final Battle!

Diagram Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020. Babak Final. Babak Final Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020: Versus Vote Sang Juara Tu

on Jul 30, 2020
BCL & Ariel Noah Vs Noah

Turnamen Babak 4 – Side B: BCL & Ariel Noah Vs Noah. Vote Sekarang!

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Jul 29, 2020