×
×

Search in Mata Mata Musik

Arsip Musik Indonesia Lawas Diselamatkan RRI Dengan Restorasi Audio

Posted on: 03/11/21 at 12:30 pm

Arsip Musik Indonesia Lawas Diselamatkan RRI Dengan Restorasi Audio
Pataka Swahara Sanja, music director RRI Surabaya, melakukan pemilihan dan restorasi lagu-lagu zaman dahulu untuk dapat diputar kembali dengan sistem modern. (Foto: Dipta wahyu/Jawa Pos)

Restorasi arsip musik Indonesia berupa audio telah dilakukan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya. Upaya itu bertujuan menyelamatkan aset audio yang memiliki nilai historis. Mulai dari pidato tokoh penting hingga lagu-lagu yang mewarnai sejarah belantika musik Tanah Air.

Ribuan arsip audio itu berupa kaset dan piringan hitam atau vinyl. Semuanya tersimpan rapi di salah satu ruangan RRI Surabaya. Mulai lagu luar hingga dalam negeri. Bahkan, salah satu vinyl ada yang buatan tahun 1920. Isinya adalah komposer musik Barat.

Baca juga: Rayakan Ultahnya, TikTok Bertekad Dukung Penuh Inovasi Musik Indonesia

Music Director RRI Surabaya, Pataka Swahara Sanja mengatakan, restorasi digital adalah memindai audio yang ada di vinyl atau kaset ke dalam format MP3. Tujuannya, bisa didengar kembali oleh generasi sekarang. Sebab, belantika musik Tanah Air memiliki cerita yang panjang. Enggak semuanya bisa diketahui banyak orang.

Misalnya, kata Ata, sapaan akrab Pataka Swahara Sanja, Rhoma Irama enggak langsung muncul dengan musik dangdut yang sekarang ini. Tetapi, diawali orkes Melayu. Sayangnya, pada era itu enggak laku sehingga Rhoma beralih ke dangdut.

Nah, hal tersebut tentu satu di antara banyak cerita perjalanan musik di Indonesia. Karena itu, banyak sekali arsip yang akan direstorasi ke format digital sehingga bisa diputar di radio dan didengarkan masyarakat luas.

Vinyl orkes Melayu bentukan Rhoma Irama tersebut belum tentu ada di pasaran. Termasuk sang raja dangdut pun belum tentu memilikinya. ’’Jadi, memang banyak arsip audio ini yang belum diketahui orang,’’ ungkap Ata.

Total terdapat delapan ribu vinyl yang kini di berada di RRI Surabaya. Ribuan keping rekaman fisik itu dulu didapat dari label rekaman. Yang mana dulu RRI merupakan radio pertama dan satu-satunya sehingga menjadi tempat untuk promosi. Dan di era itu, hanya ada rekaman fisik, sehingga semua orang jika ingin mendengarkan musik atau audio apa pun harus memutar vinyl atau kaset.

Sayangnya, dari jumlah tersebut, hanya tiga ribuan vinyl yang bisa diselamatkan. Sebab, sebagian piringan rusak sehingga enggak bisa dipindahkan ke format MP3.

Ata menjelaskan, untuk kaset, isinya bukan lagu. Melainkan duplikat hasil siaran. Bentuknya bisa beragam, mulai acara ludruk, parikan, hingga pidato Presiden. Bahkan, ada juga pidato tokoh yang sifatnya rahasia. Karena sebagai aset sejarah, pemindahan ke MP3 tetap dilakukan meskipun enggak disebarluaskan ke masyakarat. ’’Untuk kaset, ada enam ribuan,’’ ungkapnya.

Baca juga: DSS Music Siap Lukis Warna Baru di Kancah Musik Indonesia

Restorasi piringan hitam dan kaset ke format MP3 tersebut sudah dilakukan mulai tahun 2013. Sampai sekarang, upaya itu hanya dilakukan di RRI Surabaya. Menurut Ata, banyak kendala yang harus dihadapi. Salah satunya, minimnya jumlah SDM yang ada. Enggak banyak juga yang berkompeten dalam tahap itu. ’’Selain kiriman dari RRI, vinyl datang dari pendengar,’’ pungkasnya.

Selamatkan arsip sejarah musik Indonesia. Mari kita lestarikan untuk membeli album rekaman fisik.

Sumber: Jawa Pos
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Rhoma Irama

    Rhoma Irama 'Amsyong', Arga Swara Ancam Pidanakan Sandi Record

    Rhoma Irama. (Foto: Instagram/rhoma_official). Perseteruan antara Rhoma Irama versus Sandi Record nampaknya telah mendekati ujung babaknya. PT Arga Swara Ke

    on Apr 17, 2021
    Rhoma Irama

    Rhoma Irama Gugat Rp 1 M Atas 30 Lagunya Yang Ilegal Di YouTube

    Rhoma Irama saat tampil bersama Soneta di Indosiar. (Foto: via Instagram/rhoma_official). Tahun 2020 lalu, Rhoma Irama kaget setelah mendapat laporan bahwa

    on Mar 11, 2021
    Czech Record Store

    Pabrik Vinyl Terbesar Di Dunia Justru Cetak Rekor Penjualan Selama Pan...

    Petr Rakosnik, pemilik toko rekaman musik sedang menyortir vinyl di tokonya yang tutup di tengah pandemi Covid-19 di Praha, Republik Ceko, 17 Februari 2021. (F

    on Feb 18, 2021