×
×

Search in Mata Mata Musik

Artis Musik Terlaris Tahun 1969-1996: Dari The Beatles Hingga Madonna

Posted on: 11/12/19 at 8:38 am

Ketenaran, kekayaan dan fans yang setia—ini sering kali adalah mimpi yang jadi kenyataan bagi para artis musik paling populer di dunia.

Berkat keahlian kreatif dan karya yang mudah dicerna, artis-artis ini tidak hanya mampu mempertahankan kinerja baik penjualan rekaman mereka, tetapi mereka juga sukses mendominasi tangga lagu dari tahun ke tahun.

Video berikut ini memvisualisasikan artis-artis musik terlaris di dunia dari tahun 1969-1996 dan menyoroti seberapa lama masa kejayaan mereka.

Artis Musik Terlaris, Menurut Dekade

Dari semua artis dalam periode 1969-1996 ini, nama Michael Jackson menjadi yang paling menonjol. Michael Jackson memiliki jumlah tahun kumulatif tertinggi di posisi teratas dengan kurang lebih 12 tahun.

Yuk, intip setiap dekade untuk mengungkap momen-momen penting dan kemajuan teknologi utama yang mendorong seni musik ke bidang baru yang menarik.

Artis Musik Terlaris

1970-an

Era musik ini ditandai dengan kemunculan genre rock, dengan artis-artis seperti The Eagles dan Led Zeppelin, yang dianggap sebagai pionir hard rock dan heavy metal.

The Beatles menjadi terkenal, bukan hanya karena musik mereka, tetapi juga karena kemampuan mereka menembus batas dalam rekaman musik mereka. Mereka menggunakan teknik pengeditan suara analog—memanfaatkan “bank” efek suara untuk merekam trek musik jadi untuk menambah kedalaman dan tekstur. Hal ini meninggalkan bekas yang besar di dunia musik, dan dalam banyak hal memengaruhi bagaimana musik modern direkam.

Baca juga: BIGBANG dan Pahit Manis Kiprah Mereka di Kancah Musik

Pengenalan tape 8-track dan kaset memungkinkan orang untuk memutar album di mobil mereka, membuka kemungkinan baru untuk menikmati hiburan saat bepergian.

1980-an

Memasuki era musik elektronik—synthesizer, theremin, sampler elektronik dan drum kit elektronik muncul di kancah musik, terutama di Inggris dan Amerika Serikat. Grup yang berbasis di Jerman, Kraftwerk, adalah salah satu yang pertama mulai menggunakan synthesizer dalam set mereka.

Misalnya, salah satu alasan keberhasilan Michael Jackson adalah karena teknologi pada waktu itu memungkinkan distribusi yang lebih luas dengan biaya yang jauh lebih rendah. Selain itu, Thriller adalah salah satu album pertama yang direkam pada compact disc (CD), yang diperkenalkan pada tahun 1982.

Era MTV (yang diluncurkan pada 1981) juga secara signifikan memengaruhi penjualan album, karena musik sekarang menawarkan pengalaman visual dan audio—dan disiarkan langsung ke rumah-rumah orang.

1990-an

Faktor utama yang menghiasi ranah musik tahun ’90-an adalah maraknya artis-artis musik populer yang diminta untuk merekam lagu tema untuk film-film blockbuster.

Artis paling terkenal dengan film blockbuster mereka saat itu termasuk:

  • Elton John ─ The Lion King
  • Celine Dion ─ Titanic
  • Whitney Houston ─ Bodyguard
  • Bryan Adams ─ Robin Hood: Prince Of Thieves
  • Madonna ─ Evita

Sementara era ’90-an menandai dekade yang sangat beragam dalam artis-artis terlaris, itu juga merupakan puncak penjualan di industri musik, dengan jumlah penjualan mencapai $21,5 miliar di 1999—angka yang belum pernah kembali tercapai sejak itu.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

MJ Spector Kelly Gisel Ariel

Antara Karya & Aib Dari Seorang Artis Yang Tidak Selalu Bisa Dipisahka...

Ki-ka: Phil Spector, Gisel, Michael Jackson, R. Kelly, Ariel. Kondisi psikologi manusia memang merupakan hal yang sulit untuk dipahami. Bagaikan dua sisi se

on Jan 20, 2021
Beatallica

Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

on Jan 20, 2021
Burung Beo Nyanyi

Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

on Jan 19, 2021
Phil Spector

Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor "Wall of Sound" Tut...

Phil Spector. (Foto: via CoS). Phil Spector, produser rekaman Amerika Serikat pionir dan inventor "wall of sound" dalam genre pop, yang hidupnya berakhir di

on Jan 17, 2021