×
×

Search in Mata Mata Musik

Kelana Musik AMBORO – Solois Betawi Milenial

Posted on: 02/29/20 at 1:12 pm

Amboro sukses dengan album debutnya, 'Sumber Rezeki'.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan solois dalam kancah musik independen di Indonesia. Umumnya, solois tersebut bernyanyi dibarengi gitar akustik. Bagi sebagian generasi muda, solois tersebut kerap diidentikan dengan istilah solois folk. Sebagian orang mencibir stereotipe folk yang biasanya mengusung tema kopi dan senja, sebagiannya lagi tak mempermasalahkan hal tesebut sebagai kebebasan berekspresi.

Baca juga: AMBORO – Cerita Perjalanan Musik (MMM Artist Of The Month)

Mengikuti jejak para pendahulu legendaris seperti Iwan Fals atau Ebiet G. Ade, Amboro – panggilan akrab pria bernama lengkap Dimas Amboro ini sudah dua tahun terakhir malang melintang dalam panggung-panggung musik. Baik dalam skala kecil maupun festival besar seperti Soundrenaline dan We The Fest di tahun 2019. Namanya lantas melambung seiring dengan jam terbangnya.

Mengusung tema sehari-hari dan menghibur, Amboro membuktikan bahwa dia merupakan bintang yang siap melejit.

Jika dijejerkan dengan banyak solois baru yang muncul, lagu-lagu Amboro mudah mendapat tempat bagi para pendengarnya. Hal ini tak berlebihan, dikarenakan Amboro mengusung tema yang dekat dengan keseharian yang dipadukan dengan lekuk lidah yang khas nan menghibur.

Salah satu contohnya, jika mendengar lagu Amboro berjudul ‘Nonton Konser’, pendengar akan dibawa ke nuansa seperti lagu yang diciptakan Benyamin Sueb berjudul ‘Nonton Bioskop’. Saat ditanyai hal tersebut, Amboro mengakui bahwa budaya Betawi secara tidak langsung mempengaruhinya dalam setiap karya yang dia ciptakan.

Kendati demikian, secara penggarapan instrumen, lagu-lagu Amboro seperti ‘Amsani’ dan ‘Nonton Konser’ tak terdengar pengaruh musik Betawi di setiap lagu yang diciptakan. Amboro memainkan musik modern yang dimainkan sendiri lewat gitar akustiknya. “Ya gimana, mau ngeband tapi ribet. Lo dengar aja lagu ‘Nonton Konser’, itu kan ada dus tas dus tas, karena enggak ada pemain dram aja,” ujar Amboro saat ditanya keputusannya menjadi solois.

Setelah menjalani ‘ibadah musikal’ sebagai solois memasuki usia tiga tahun, Amboro akhirnya bisa bernafas lega. Karya-karya yang Amboro ciptakan akhirnya menyatu menjadi sebuah album berjudul Sumber Rezeki yang berisikan sembilan lagu yang telah dirilis dalam bentuk fisik berupa CD dan versi digital segera menyusul.

Baca juga: ‘Sumber Rezeki’, album debut Folk Betawi Amboro Rilis Hari Ini!

Selain itu, album yang dipersembahkan oleh Padepokan Sarang laba ini juga diproduseri oleh Dado Darmawan, Reza Hilmawan dan Amboro sendiri. Sumber Rezeki dirayakan secara khidmat pada Senin (23/12/2019) di Earhouse, Pamulang, Tangerang Selatan. Selanjutnya Amboro menjalankan promo tour selama bulan Januari 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

22 Januari 2020
Kios Ojo Keos, Cinere
Amboro
Orkes Nunung CS
The Riot Cub

23 Januari 2020
Sandwich Attack, Tangerang
Amboro
Orkes Nunung CS
Berbeza

24 Januari 2020
Kedubes Bekasi, Bekasi
Amboro
Orkes Nunung CS
Mad Madman

28 Januari 2020
Rumah Mesra, Sukabumi
Amboro

30 Januari 2020
Rumah The Panas Dalam, Bandung
Amboro
Project Hambalang

31 Januari 2020
Liberates Creative Colony, Yogyakarta
Amboro
Jono Terbakar

2 Februari 2020
House Of Muara, Solo
Amboro
Cantigi
Ichsandy Nugraha

7 Februari 2020
Demajors Blok M, Jakarta
Amboro
Orkes Nunung CS
Berbeza
The Flowers

Pada hari kedua Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020, Sabtu (29/2) malam lalu pun Amboro turut tampil yang memberikan nuansa lain di tengah dominasi musik jazz.

Sumber Rezeki merupakan langkah awal Amboro untuk menjadi musisi yang siap memberi warna lain dalam kancah musik Indonesia.

Dan Amboro menjadi MMM Artist Of The Month edisi Februari 2020. Mata Mata Musik sempat duduk bareng Amboro untuk mendengar celotehan panjang sang musisi jenaka ini menceritakan perjalanan musiknya dari awal sampai sekarang. Semoga menikmati, bray!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi
Videografer: Yusak Anugerah

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Tashoora

TASHOORA - Q & A (MMM Artist Of The Month)

https://youtu.be/YmAPsDbCg_g Tashoora adalah band yang banyak berbicara tentang ke-Tuhan-an, agama, isu-isu sosial hingga kebijakan pemerintah. Pada 11 Ma

on Apr 27, 2020
Tashoora

TASHOORA - Pengembus Angin Perubahan (MMM Artist Of The Month)

Ada yang terjadi di sudut mata kita. Sesuatu yang menimbulkan tanya tapi kita enggan mengutarakannya. Entah karena tabu atau yang terjadi di depan mata lebih m

on Apr 27, 2020
STARS AND RABBIT

STARS AND RABBIT - Perjalanan Pop Eksotik Rainbow Aisle (MMM Artist Of...

https://youtu.be/tlpQGE1JFmY Di tengah jadwal perilisan album Rainbow Aisle, Stars and Rabbit melakukan tur ke beberapa kota di Asia yang dimulai 19 Febru

on Mar 12, 2020
Stars and Rabbit

STARS AND RABBIT - Perjalanan Pop Eksotik Melalui Rainbow Aisle

Duo alternative pop berbahaya, Stars and Rabbit: Elda Suryani dan Didit Saad. Sejak akhir tahun 2019 lalu ditinggal gitaris terdahulunya, Adi Widodo yang me

on Mar 12, 2020