×
×

Search in Mata Mata Musik

Artwork Asli Dari Cover Album Debut Led Zeppelin Akan Dilelang

Posted on: 05/10/20 at 7:00 am

Led Zeppelin (Jimmy Page, John Bonham, John Paul Jones, Robert Plant) circa 1969. (Foto: WireImage/Getty Images).

Artwork asli dari cover album debut self-titled Led Zeppelin dari tahun 1969 akan dilelang melalui Christie’s selama sesi penjualan yang dijadwalkan pada tanggal 2 hingga 18 Juni 2020 mendatang.

Artwork itu didesain oleh George Hardie dan berdasarkan pada sebuah foto terkenal dari tahun 1937 oleh fotografer Sam Shere tentang bencana Hindenburg. Harganya diperkirakan antara US$ 20,000 (Rp 295 juta) hingga US$ 30,000 (Rp 443 juta) dan spesialis senior bagian Buku dan Manuskrip dari Christie’s, Peter Klarnet, mengatakan kepada Rolling Stone bahwa, “Dalam hal kelangkaannya, ini adalah obyek yang unik – aku pikir tidak ada yang bisa menjadi lebih langka dari itu”.

Baca Juga: Led Zeppelin Menangkan Hak Cipta Bagian Riff Lagu ‘Stairway To Heaven’

George Hardie mendesain karya itu ketika dia masih mahasiswa pasca-sarjana di Royal College of Art di London, Inggris setelah temannya, fotografer Stephen Goldblatt, merekomendasikannya ke band rock legendaris Led Zeppelin. Setelah menolak beberapa ide artwork pertama George Hardie, sang gitaris Jimmy Page menyarankan dia untuk melakukan sesuatu dengan gambar Hindenburg milik Sam Shere. Untuk pengambilan fotonya, George Hardie menggunakan kertas kalkir (semacam kertas tipis transparan) untuk membuat ulang gambar dengan metode menggambar menggunakan titik-titik kecil untuk memberikan kesan yang sama seperti sebuah foto koran resolusi rendah.

Artwork asli cover album debut Led Zeppelin, 1969.

Led Zeppelin dilaporkan saat itu membayar George Hardie hanya £ 60 (Rp 1 juta) untuk karyanya, meskipun ketika dia menemukan jejak asli dari foto historik itu beberapa tahun kemudian, dia memiliki catatan yang bertuliskan, “Dana pensiun George”.

“Bobot historis yang signifikan dari artwork cover album ini tidak dapat diremehkan,” ujar Peter Klarnet. “Ini menandai titik balik utama dalam sejarah musik pop, yang digembar-gemborkan oleh aksi debut Led Zeppelin. Itu lebih nyaring, lebih berani daripada apa yang pernah terjadi sebelumnya dan akan menentukan budaya hard rock selama beberapa generasi ke depannya. Terjemahan sederhana dari tragedi ledakan Hindenburg di Lakehurst ini berdiri sebagai monumen untuk momen bersejarah yang penting itu. Dan gambar itu telah bertahan sedemikian rupa dengan pengaruh yang sebagian besar cover album lainnya belum pernah lakukan – gambar itu kurang lebih sudah memiliki nyawanya sendiri”.

George Hardie kemudian mendesain artwork cover album untuk band-band ikonik lainnya seperti Pink Floyd, Black Sabbath dan Wings, mayoritas sebagai bagian dari kelompok desain Hipgnosis yang berbasis di London. Peter Klarnet mengatakan bahwa karya George Hardie untuk Led Zeppelin “tentu saja membantunya membangun karier yang panjang dan sukses di bidangnya. Namun dalam benaknya, itu hanyalah sebuah penelusuran foto sederhana. Namun, dalam cara dia bisa melacak foto Hindenburg, dia berhasil mengerjakannya kembali dengan cara yang membangkitkan masa lalu sambil secara bersamaan memproyeksikan apa yang akan terjadi ke depannya. Karena kesederhanaannya, itu menjadi gambar yang sangat kuat yang dalam banyak hal telah melampaui apa yang ditangkap oleh Sam Shere dalam foto aslinya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021
    Jimmy Page

    Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti...

    Jimmy Page. (Foto: via YouTube Fender). Jimmy Page menggunakan statusnya sebagai seorang ikon rock dan Ksatria Ordo Kerajaan Inggris alias Orde of the Briti

    on Dec 15, 2020
    Lars Urlich

    Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Ulric...

    Lars Ulrich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Ulrich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

    on Sep 19, 2020
    The Rolling Stones

    The Rolling Stones Rilis MV Lagu ‘Scarlet’ Dibintangi Oleh Paul Me...

    Video baru The Rolling Stones lagu 'Scarlet' yang dibintangi oleh Paul Mescal. Bulan lalu, The Rolling Stones merilis lagu kolaborasi langka bersama Jimmy P

    on Aug 8, 2020