×
×

Search in Mata Mata Musik

As I Lay Dying Rilis Lagu Baru Menyusul Hengkangnya Nick Hipa

Posted on: 09/26/21 at 10:00 am

As I Lay Dying Rilis Lagu Baru Menyusul Hengkangnya Nick Hipa
As I Lay Dying 2019 (Foto: Dana Willax).

As I Lay Dying, jawara metalcore asal San Diego, California, Amerika Serikat telah merilis lagu baru berjudul ‘Roots Below’. Seperti biasa, di akhir artikel ini lo bisa mendengarkan lagunya, men.

Baca juga: Tim Lambesis (As I Lay Dying) Masuk RS Setelah 25% Dari Tubuhnya Terbakar!

Vokalis Tim Lambesis berkomentar: “Menyenangkan bisa mengerjakan musik lagi setelah beberapa waktu terhenti”.

“‘Roots Below’ awalnya adalah sisa ‘B-side’ dari saat kami merekam (album tahun 2019) Shaped By Fire. Tetapi Phil (Sgrosso, gitar) dan Josh (Gilbert, bass, vokal clean) benar-benar membawa darah segar ke dalamnya. Ketika mereka baru saja menyelesaikannya dan menambahkan layer baru”.

“Sangat menyegarkan untuk kembali ke proses kreatif dengan tim penulis lagu yang sama yang telah menulis bareng gue sejak mereka bergabung dengan band”.

“Liriknya dipengaruhi oleh seseorang yang baru-baru ini gue temui yang berbagi cerita trauma dengan gue yang akan menghancurkan kebanyakan orang. Namun dari perjuangan itu muncul kekuatan, keterbukaan, dan pertumbuhan yang menginspirasi gue”.

Deluxe Edition Album Shaped By Fire

Phil Sgrosso giliran berkomentar, “‘Roots Below’ adalah lagu yang awalnya gue tulis untuk album Shaped By Fire. Tetapi pada saat itu kami secara kolektif merasa perlu lebih banyak waktu dan perhatian untuk mengembangkan potensi maksimalnya. Kami akhirnya dapat menyelesaikannya bersama-sama dengan beberapa materi lain yang diambil dari siklus tur Shaped By Fire. Menggabungkan semuanya ke dalam versi deluxe album”.

“Selain dari versi studio ‘Roots Below’ dan ‘Destruction Or Strength’, akan ada bermacam-macam lagu live yang diambil dalam tur dari tahun 2019 di Eropa. Beberapa interpretasi ulang balada/elektronik, versi studio dari lagu instrumental yang kami tulis khusus untuk pertunjukan live, versi instrumental dari keseluruhan album. Serta beberapa bagian transisi lainnya dari set kami yang ingin kami bagikan sebagai bagian dari rilisan ini. Ini merupakan langkah pertama yang sangat produktif untuk kembali ke zona kreatif dan mulai fokus pada materi baru untuk tahun depan”.

Daftar Lagu Shaped By Fire deluxe edition:

01. Re-Separation (instrumental)
02. Roots Below
03. Destruction Or Strength
04. My Own Grave (re-interpretation)
05. Redefined (re-interpretation)
06. Pre-Shaped By Fire (live intro)
07. Euphony From Ashes (live outro)
08. Blinded (Live from Munich)
09. My Own Grave (Live From Munich)
10. Burn To Emerge (instrumental)
11. Blinded (instrumental)
12. Shaped By Fire (instrumental)
13. Undertow (instrumental)
14. Torn Between (instrumental)
15. Gatekeeper (instrumental)
16. The Wreckage (instrumental)
17. My Own Grave (instrumental)
18. Take What’s Left (instrumental)
19. Redefined (instrumental)
20. Only After We’ve Fallen (instrumental)
21. The Toll It Takes (instrumental)

Hengkangnya Nick Hipa Dari As I Lay Dying

Akhir bulan lalu, gitaris Nick Hipa mengkonfirmasi dirinya hengkang dari As I Lay Dying. Hipa menjelaskan bahwa doi enggak bisa lagi membenarkan menjadi bagian dari “pengejaran dangkal” dari “cerita dan makna” yang menjadi dasar reuni band ini pada tahun 2018. As I Lay Dying memang sempat mengalami resesi beberapa tahun sejak Tim Lambesis mendekam di penjara.

Meskipun keluarnya Hipa awalnya dikabarkan pada Agustus 2020, baik doi maupun teman bandnya tidak secara terbuka berbicara tentang perpisahan itu sampai doi memposting ke Instagram-nya pada 31 Agustus untuk menulis: “Pada titik ini, sudah lebih dari setahun sejak gue telah menjauhkan diri dari (As I Lay Dying) pada tingkat pribadi dan profesional. Pada saat itu mereka hanya memberikan posting merchandise dan pengumuman acara kepada penggemar. Kegiatan semacam ini menyoroti dan memperkuat perbedaan kami.

“Dengan hormat, gue pergi karena cerita dan makna yang kami bangun dari reuni kami telah membusuk seiring waktu. Apa yang terutama bertahan adalah pengejaran dangkal yang enggak bisa gue alasankan untuk mendukung atau menjadi bagian darinya. Ini bukan dakwaan pada siapa pun yang memilih untuk tetap atau terlibat. Ada kebaikan luar biasa yang dapat dicapai melalui fokus tunggal pada kekuatan musik. Namun untuk ingatan gue dan pengalaman baru-baru ini, itu datang dengan mengorbankan perilaku toleransi yang kadang-kadang menganiaya, tidak menghormati, dan menyakiti orang lain. Gue enggak memiliki itu dalam diri gue untuk berjalan di jalan itu lagi”.

“Bakat dan ambisi band yang tidak tergoyahkan tidak dapat disangkal. Mereka akan terus merilis musik yang sukses dan melakukan bisnis yang hebat. Pada tingkat manusia, gue berharap segalanya berjalan baik untuk mereka”.

Respons Tim Lambesis Terhadap Kepergian Nick Hipa

Pada hari Jum’at, 10 September, Tim Lambesis melalui Instagram-nya membagikan beberapa foto dirinya dan personel As I Lay Dying lainnya termasuk Nick Hipa. Di caption-nya doi menulis:

“Dapat memiliki pendapat atau prioritas yang berbeda tetapi untuk tetap sangat peduli pada kesejahteraan orang lain adalah sesuatu yang sering hilang dalam iklim kita saat ini. Gue hanya ingin mengatakan bahwa gue benar-benar mendoakan yang terbaik untuk Nick Hipa di babak kehidupan berikutnya, dan gue bersyukur dia mendoakan gue/AILD hal yang sama”.

“Gue ingin fokus pada musik selama beberapa tahun terakhir karena itu membawa gue kembali ke mengapa gue memulai AILD di tempat pertama 20 tahun yang lalu. Dan gue berharap dapat menulis musik baru dan melihat banyak dari kalian dalam tur lagi segera!”.

Kasus Tim Lambesis dan Reuni As I Lay Dying

Sementara Tim Lambesis secara terkenal mendapat sanksi hukum pada tahun 2014 karena berperan dalam plot rencana pembunuhan terhadap istrinya yang telah pisah ranjang.

Pada Mei 2014, Lambesis dijatuhi hukuman enam tahun penjara setelah mengaku bersalah membayar $1.000 kepada seorang petugas polisi San Diego yang menyamar sebagai pembunuh untuk membunuh istrinya. Kira-kira dua setengah tahun kemudian, pada 17 Desember 2016, doi dikeluarkan dari fasilitas penahanan California dan dipindahkan ke Divisi Operasi Pembebasan Bersyarat Dewasa.

Pada Juni 2018, As I Lay Dying memainkan pertunjukan pertamanya bersama Lambesis dalam lima tahun dan merilis sebuah single baru. Lambesis juga mengakui kejahatannya dalam postingan permintaan maaf yang panjang di halaman Facebook band setelah doi dibebaskan.

Pada bulan September 2019, As I Lay Dying merilis album full lenght ketujuhnya, Shaped By Fire melalui Nuclear Blast Records.

Kembalinya As I Lay Dying menimbulkan beberapa pertanyaan, terutama karena Hipa dengan tegas mencela Lambesis sebagai “narsisis sosiopat yang sangat membutuhkan rehabilitasi” dalam sebuah postingan media sosial pada tahun 2014. Aduh!

Baca juga: Employed To Serve Siap Rilis “Conquering”, Album Paling Metal Mereka

Selamat headbanging lagu banger berbahaya yang satu ini, bray.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Bullet For My Valentine

    Bullet For My Valentine Lepas MV 'Rainbow Veins' Dari Album "Self-Titl...

    Foto: dok. Spinefarm Records. Bullet For My Valentine baru saja merilis 'Rainbow Veins', single keempat dari album studio ketujuh mereka yang akan datang. S

    on Oct 5, 2021
    Trivium

    Trivium 'In The Court Of The Dragon': Salah Satu Lagu Metal Terepik 20...

    'In The Court Of The Dragon' menjadi pembuka jalan menuju album full length terbaru TRIVIUM yang diberi judul sama di tahun 2021. Kuartet metal garda terde

    on Sep 29, 2021
    Converge

    Converge X Chelsea Wolfe Merilis Album Kolaborasi "Blood Moon"

    Converge x Chelsea Wolfe (Foto: Emily Birds). Inilah kolaborasi yang memang layak untuk dinanti sejak lama. Akhirnya secara resmi Converge dan Chelsea Wolfe

    on Sep 29, 2021