×
×

Search in Mata Mata Musik

Asal Usul Nama The Libertines

Posted on: 09/1/18 at 8:08 pm

Kami merayakan ulang tahun ke-40 Carl Barat dengan menggali teori-teori di balik nama band mereka

Oleh Radio X

Sulit mempercayai kalau Carl Barât sudah berkepala empat, dan lebih sulit lagi mempercayai kalau The Libertines telah ada selama lebih dari 20 tahun.

Dibentuk pada tahun 1997 di Kota Camden, London oleh Pete Doherty dan Carl Barât, band ini berada di garis terdepan kebangkitan band rock garasi Inggris dan menjadi bagian penting bagi ranah musik indie di Inggris di awal tahun 2000-an.

Tapi bagaimana para rocker muda ini pertama kali memikirkan nama band mereka, dan apa mungkin mereka hampir menggunakan nama lain?

Asal Usul Nama The Libertines-2

The Libertines saat tampil di The Forum, London di 2010. (Foto: Ian Gavan/Getty Images)

Seperti yang dilaporkan Gigwise, nama The Libertines terinspirasi dari karya erotis kontroversial milik Marquis de Sade yang berjudul The Lust of the Libertines, yang pertama kali diterbitkan sebagai bagian dari novelnya The 120 Days of Sodom yang ditulis pada tahun 1785.

Setelah menjalin pertemanan yang cepat dan memutuskan untuk meninggalkan dunia kampus masing-masing, keduanya tinggal bersama di Camden dan memulai sebuah band yang bernama The Strand bersama tetangga mereka, Steve Bedlow.

Namun semuanya bisa jadi sangat berbeda…

The Albions – yang merupakan sebutan kuno untuk Inggris – juga sempat dipertimbangkan sebagai nama band, tapi tidak pernah mendapat lampu hijau karena band ini diduga menilai nama The Libertines terdengar lebih baik.

Meskipun nama yang bergaya William Blake tidak jadi digunakan, ada sesuatu yang membuat kami merasa mereka masih sangat menyukai nama tersebut karena nama itu masih berhubungan dengan mereka sampai saat ini dan merupakan tema utama dalam tulisan Pete Doherty.

The Albion Rooms adalah nama yang Doherty dan Barat berikan untuk apartemen mereka di Bethnal Green, yang menjadi salah satu tempat untuk pertunjukan gerilya mereka.

Doherty membagikan catatan, puisi, dan renungannya di bawah judul Books of Albion dan memamerkan lukisan-lukisannya di bawah nama Art of the Albion.

Down in Albion adalah judul dari album debut band Pete, Babyshambles, dan di dalamnya termasuk sebuah single yang berjudul… Albion.

Selain itu, hotel terbaru The Libertines di Margate, yang dalam setahun ini mereka gunakan untuk melakukan rekaman, telah diberi nama The Albion Rooms.

Lihat video trailer untuk rumah persinggahan dan studio rekaman tersebut di sini:

<iframe width=’640′ height=’480′ frameborder=’0′ allowfullscreen src=’//player.ooyala.com/static/v4/stable/4.24.11/skin-plugin/iframe.html?ec=t1c3c0ZTE6is6VSSFBszyFiStMeZL8tg&pbid=f4da54ea06f41069eb8e2d4a33fdc66&pcode=lybG4xOtZ5VVs97XtFOmFWfHkY5g’></iframe>

Posted on June 6, 2018, 5:51 pm

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pete Doherty

Sering Ngebut, Pete Doherty Dilarang Nyetir Selama 6 Bulan

Personil The Libertines ini juga dikenai denda sebesar Rp160 juta! Pete Doherty dijatuhi larangan mengemudi selama enam bulan setelah berkali-kali tertang

on Oct 8, 2019
Pete Doherty & The Puta Madres Rilis Video Musik Terbaru-1

Pete Doherty & The Puta Madres Rilis Video Musik Terbaru

Pete Doherty & The Puta Madres akan berangkat tur pada bulan Mei Oleh Andrew Trendell (NME) Pete Doherty dan band barunya Pete Doherty & The Puta

on Feb 26, 2019
Meltdown Festival The Libertines di Royal Festival Hall

Meltdown Festival: The Libertines di Royal Festival Hall

Oleh Jake Cudsi (The Upcoming) Masa lalu The Libertines yang penuh masalah sudah sangat terkenal. Masalah percintaan, masalah kecanduan, dan konflik internal p

on Sep 1, 2018
The Libertines Jadi Kurator Festival Musim Panas Ini

The Libertines Jadi Kurator Festival Musim Panas Ini

The Libertines akan menjadi penampil utama dan kurator di Wheels & Fins Festival di Kent Oleh Luke Morgan Britton (NME) Sebagaimana diumumkan sebelumnya,&

on Sep 1, 2018