×
×

Search in Mata Mata Musik

Astronaut Luca Parmitano Jadi DJ Pertama di Luar Angkasa!

Posted on: 08/16/19 at 10:00 am

Penampilannya ditransmisikan melalui satelit ke kapal pesiar yang ditumpangi 3.000 clubbers di Laut Mediterania. 

Astronaut asal Italia, Luca Parmitano, resmi menjadi DJ pertama di luar angkasa. Pencapaian yang tidak biasa ini hadir setelah dia memainkan set DJ langsung dari modul Columbus di Stasiun Luar Angkasa Internasional minggu ini.

Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), astronaut berusia 42 tahun ini menggunakan musik “sebagai penghubung lintas budaya” dan menampilkan kemajuan dalam teknologi di ruang angkasa. 

Sebelum melakukan pertunjukannya, yang disponsori oleh BigCityBeats bersama ESA, Parmitano diberikan kursus kilat di deck oleh DJ asal Jerman, Le Shuuk, yang bernama asli Chris Stritzel. 

Sebelumnya, dia ikut serta dalam penerbangan ZeroG 2.0 yang memecah rekor, di mana dia membawakan set DJ dengan gravitasi nol di hadapan 50 orang selebriti dan tamu spesial.

Namun, ini adalah pertama kalinya seorang astronaut memainkan set DJ saat berada di luar angkasa. Cuplikan pertunjukan menampilkan Parmitano memainkan beberapa lagu sambil mengambang di udara.  Sementara itu, para clubbers terlihat menikmati musiknya secara real time seiring mereka berpesta di bumi. 

Astronaut Luca Parmitano Jadi DJ Pertama di Luar Angkasa-2
Luar biasa di luar angkasa: Cuplikan pertunjukan Parmitano memainkan beberapa lagu sambil mengambang di udara. (Foto: World Club Dome)
Astronaut Luca Parmitano Jadi DJ Pertama di Luar Angkasa-3
Pertama di dunia: Menurut ESA, astronaut berusia 42 tahun ini menggunakan musik “sebagai penghubung lintas budaya” dan menampilkan kemajuan dalam teknologi di ruang angkasa. (Foto: World Club Dome)
Astronaut Luca Parmitano Jadi DJ Pertama di Luar Angkasa-4
Sementara itu, para clubbers terlihat menikmati musiknya secara real time seiring mereka berpesta di bumi. (Foto: World Club Dome)

Parmitano tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk misi ‘Beyond’ pada bulan Juli, sebagai bagian dari Expedition 60. Luca, astronaut NASA Andrew Morgan dan astronaut Rusia Alexander Skvortsov, melakukan perjalanan enam jam menggunakan Soyuz MS-13 menuju ISS. 

Mereka diluncurkan ke luar angkasa dari Baikonur Cosmodrome pada 20 Juli dan berlabuh di stasiun pada hari berikutnya. Selama enam bulan ke depan, dia akan mendukung lebih dari 50 percobaan Eropa serta 200 percobaan internasional. 

Percobaan ini termasuk penyelidikan tentang bagaimana aspek-aspek tubuh manusia dipengaruhi oleh mikrogravitasi. Selain itu, juga bagaimana astronaut dapat mengendalikan robot dari jarak jauh selama eksplorasi bulan. 

Keterangan Foto Utama: Luca Parmitano saat menjalani kursus DJ kilat dengan DJ Le Shuuk dari Jerman. (Foto: The Music Essentials)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    AKHDA

    DJ AKHDA Dedikasikan 'Senoparty' Untuk Seluruh DJ Indonesia Terdampak ...

    AKHDA. Salah satu DJ meranglap Produser andal Indonesia, AKHDA baru saja merilis single terbarunya berjudul 'SENOPARTY' yang didedikasikan untuk kondisi pan

    on Sep 27, 2020
    PartyDiRumah

    PartyDiRumah.com Hadirkan Live Experience Berbeda Untuk Live Streaming

    Industri hiburan malam banyak terkena dampak pandemi, nggak terkecuali. Banyak dari bar/cafe yang mesti guluparg tikar dan karpet namun banyak juga yang be

    on Sep 25, 2020
    Steve Aoki

    Steve Aoki Luncurkan Sub-Label Spesial Musik Latin Bernama Dim Mak En ...

    Steve Aoki. (Foto: via MixMax Asia). DJ/produser musik EDM bernominasi Grammy, Steve Aoki, pendiri dari label musik Dim Mak Records telah mendirikan sub-lab

    on Jul 10, 2020
    DJ Radit

    DJ Radit Rilis 'Path', Single Techno Pertamanya Di Bawah Metropolis Re...

    DJ Radit. DJ/Producer muda asal Malang yang kini berdomisili di Jakarta, Radit, resmi merilis single terbarunya berjudul 'Path' di semua platform musik digi

    on Jun 12, 2020