×
×

Search in Mata Mata Musik

At The Gates Rilis ‘Spectre of Extinction’ Fitur Gitaris Andy LaRocque

Posted on: 05/3/21 at 1:00 pm

At The Gates Rilis 'Spectre of Extinction' Fitur Andy La Rocque (King Diamond)
At The Gates (Foto: Ester Segarra).

Sebulan lalu At The Gates mengumumkan album studio ketujuh mereka, The Nightmare of Being. Kini dedengkot Swedish-Gothenburg Melodic Death metal ini merilis ‘Spectre of Extinction’ sebagai single pertama dari album mendatang tersebut. Dirilis oleh Century Media Records sebelum jadwal rilis album, 2 Juli, lagu ini menampilkan gitaris King Diamond yang tersohor, Andy LaRocque.

Baca juga: King Diamond & Z2 Terbitkan Novel Grafis Adaptasi Dari Album “Abigail”

Dan ini bukanlah kali pertama Andy LaRacque tampil sebagai tamu di rekaman album At The Gates. Gitaris virtuoso yang asli kelahiran Gothenburg, Swedia ini pernah mengisi gitar solo di lagu ‘Cold’ dari album Slaughter of the Soul. Direkam pada awal 1995 di Fredman Studio bersama produser Frederik Nordstrom.

Spectre of Extinction, Lagu Baru Rasa Lama

‘Spectre of Extinction’ dimulai dengan intro instrumental sinematik sebelum hentakan cadas dimulai di detik ke-90. Hampir dua menit sebelum vokalis Tomas Lindberg merangsek dengan mid-growl pertama di lagu tersebut. Permainan solo gitar Andy La Rocque yang khas di pertengahan lagu bertempo cepat. Secara keseluruhan, lagu ini memiliki vibe dua album legendaris At The Gates, yakni Terminal Spirit Disease dan Slaughter of the Soul.

“Selalu sangat sulit untuk memilih lagu mana yang akan dirilis ke publik terlebih dahulu, terutama dengan album ini yang memiliki begitu banyak lapisan dan tekstur,” kata Tomas Lindberg dalam siaran persnya. “Kami merasa, bagaimanapun, bahwa ini, lagu pembuka dari album, mewakili keseluruhan nuansa album. Lagu ini memiliki kedalaman musik yang lo harapkan dari lagu At the Gates. Dan masih membawa intensitas dan urgensi yang selalu kami coba sampaikan dengan musik kami”.

Video musik yang menyertai single ini disutradarai oleh kolaborator lama Patric Ullaeus. Tomas Lindberg lanjut berkomentar, “Untuk video tersebut, sungguh luar biasa dapat melanjutkan pekerjaan dengan Patric Ullaeus yang hebat. Karena dia memahami visi kami dengan musik dan bersedia untuk pergi jauh-jauh untuk menggambarkan dimensi batin lagu”.

Lindberg menambahkan, “Menurut gue dia melakukannya dengan sangat baik dengan yang satu ini dan gue sangat bangga dengan hasilnya. Liriknya berhubungan dengan keinginan manusia dan bagaimana hal itu berbenturan dengan kesadaran kita, dan pengetahuan kita tentang kematian kita. Nikmati!”.

At The Gates Legenda Melodic Death Metal

At The Gates - the nightmareof being

The Nightmare of Being Tracklist:
01. Spectre of Extinction
02. The Paradox
03. The Nightmare of Being
04. Garden of Cyrus
05. Touched by the White Hands of Death
06. The Fall into Time
07. Cult of Salvation
08. The Abstract Enthroned
09. Cosmic Pessimism
10. Eternal Winter of Reason

The Nightmare of Being merupakan album lanjutan dari album To Drink From the Night Itself tahun 2018. Yang menandakan album ketiga band tersebut sejak bersatu kembali setelah lama bubar pada 1996. Selama dekade 1990-an, mereka telah melepas empat album yang sangat berpengaruh. Selain menjadi legenda melodic death metal, At The Gates juga dianggap sebagai inspirasi besar bagi band-band metalcore yang muncul di akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an. Gaya riff-nya diadopsi oleh band-band seperti Caliban, As I Lay Dying, Killswitch Engage, Darkest Hour, Unearth, Prayers For Cleansing, Dead Elizabeth, Undying dan masih banyak lagi.

Baca juga: 35 Tahun Metallica “Master Of Puppets”, Album Terbaik Sepanjang Masa

Lo sudah bisa pre-order album At The Gates The Nightmare of Being melalui toko online Century Media, bray. Ok, selamat menikmati raungan galak nan melodius dari ‘Spectre of Extinction’!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DeadSquad

    DeadSquad, Ikon Death Metal Indonesia Yang Mampu Hidup Di Dua Dunia

    DeadSquad formasi 2021. (Foto: Instagram/possessedtomerch). DeadSquad adalah nama yang sudah enggak asing lagi di kancah musik Indonesia. Meski mengusung ge

    on May 5, 2021
    Decapitated

    Decapitated Rilis Kompilasi Demo "The First Damned" Era Mereka ABG

    Decapitated. (Foto: Nuclear Blast). Pada tanggal 4 Juni, jawara technical death metal kebangsaan Polandia Decapitated akan merilis kompilasi demo awal merek

    on May 2, 2021
    Viscral

    Viscral Membantai Secara Cermat Via "Entrance Into Terrifying Imagery"

    Viscral. (Foto: Blackandje Records). Viscral termasuk dalam deretan band death metal yang album barunya paling diantisipasi di scene extreme metal Tanah Air

    on May 1, 2021
    King Diamond

    King Diamond & Z2 Terbitkan Novel Grafis Adaptasi Dari Album "Abigail"

    King Diamond (Foto: Kevin RC Wilson) / Abigail (Foto: via Z2 Comics). Veteran heavy metal "shock rocker" King Diamond dan Z2 Comics bekerja sama untuk novel

    on Apr 22, 2021