×
×

Search in Mata Mata Musik

Aturan Baru Grammy Awards: Sekarang Siapa Saja Bisa Jadi ‘Best New Artist’?

Posted on: 06/12/20 at 6:00 am

Dua Lipa, Lizzo, Chance the Reaper.
Dua Lipa, Lizzo, Chance the Reaper. (Foto: Matt Sayles/Invision/AP/Shutterstock, Monty Brinton/CBS/Getty Images, Kevork Djansezian/Getty Images).

Pada tahun 2017 lalu, ketika Chance the Rapper berjalan dengan penuh percaya diri ke atas panggung Grammy Awards untuk menerima penghargaannya sebagai Best New Artist tahun itu, dia mengenakan topi baseball bertuliskan nomor “3” sebagai referensi kepada berapa banyak album full-length yang telah dia rilis.

Baca juga: Akankah Beyoncé Tandingi Perolehan Grammy Alison Krauss Tahun Ini?

Tahun lalu, Lizzo dinominasikan untuk penghargaan yang sama, sebagian besar karena lagu mega hit-nya ‘Truth Hurts’, yang dirilis pada 2017. Tampaknya setiap tahun, nominasi untuk Best New Artist dibumbui dengan artis yang jelas bukan pendatang baru, itu kerap memicu perdebatan di kalangan penggemar musik. Pada hari Rabu lalu, organisasi penyelenggara acara penghargaan bergengsi itu, The Recording Academy, memperjelas bahwa metode ini tidak akan berubah.

Dalam sebuah pengumuman yang menjelaskan perubahan baru pada kamus besar The Recording Academy – kata “urban” akan diganti dengan kata “progressive”, nominasi “Best Rap/Sung Performance” sekarang berubah jadi “Best Rap Melodic Performance” – mereka juga telah menyesuaikan keputusannya tentang apa yang, tepatnya, bisa dianggap sebagai seorang artis baru . Pada edisi Grammy Awards ke-63, kategori “Best New Artist” tidak lagi akan diadakan untuk “jumlah maksimum perilisan (musik) yang ditentukan. Sebagai gantinya, “komite seleksinya akan menentukan apakah seorang artis telah mencapai terobosan atau keunggulan (tertentu) sebelum tahun di mana mereka layak disertakan dalam nominasi”. Kata “New” dalam “Best New Artist” tampaknya akan menjadi bagian terpenting dari frasa itu.

Selama dekade terakhir, The Recording Academy telah mengutak-atik apa artinya itu untuk menjadi “Best New Artist”. Setelah Lady Gaga tidak memenuhi syarat untuk penghargaan itu pada tahun 2010 setelah dinominasikan untuk Best Dance Recording pada tahun 2009, aturannya diperbarui pada tahun berikutnya. “Berdasarkan aturan saat ini, jika album milik artis lain atau single dari artis baru menerima nominasi, sang artis baru mungkin tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk bersaing dalam kategori Best New Artist,” tutur The Recording Academy menjelaskan pada 2010. “Dengan perubahan ini, setiap artis akan memiliki setidaknya satu kesempatan untuk masuk dalam kategori yang penting dan sangat terpapar ini”.

Enam tahun kemudian, aturan itu diubah lagi, “untuk menghilangkan penghalang (perilisan) album mengingat trend saat ini tentang bagaimana musik baru dan artis yang sedang berkembang dirilis dan dipromosikan”. Sekarang persyaratan kelayakannya menjelaskan bahwa seorang artis baru “harus telah merilis minimal lima single/lagu atau satu album, tetapi tidak lebih dari 30 single/lagu atau tiga album”. Inilah yang memungkinkan artis seperti Chance The Rapper dan Dua Lipa untuk membawa pulang piala “Best New Artist”, meskipun mereka telah merilis banyak materi musik yang secara luas telah dikonsumsi sebelum kemenangan mereka.

Baca juga: 6 Artis Wanita Peraih Nominasi Grammy Terbanyak Sepanjang Masa

Belum jelas apakah perubahan ini akan membuka pintu untuk sejumlah artis yang jelas bukan pendatang baru yang sedang mencari lonjakan karier yang dihasilkan dari sebuah nominasi Grammy. Ketika tiang gawangnya terus bergerak, itu jadi susah untuk mengatakan apa arti kemenangan atau “gol” yang sebenarnya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Yoshiki X-Japan

    Yoshiki (X-Japan) Beri Hibah Tahunan Rp 1,4 M Inisiatif Kesehatan Ment...

    Yoshiki donasikan MusiCares sebesar US$100,000. (Foto: Yoshiki). Yoshiki, pentolan legenda heavy metal X-Japan, telah memberikan pengumuman penting. Bahwa d

    on Apr 1, 2021
    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards

    Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

    Foto: Don Emmert/AFP via Getty Images. Grammy Awards tahun ke-63 telah rampung digelar di Los Angeles pada hari Minggu, 14 Maret pukul 8 malam atau Senin, 1

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021