×
×

Search in Mata Mata Musik

Ayah Britney Spears Akhirnya Luluh Setelah Kehidupan Putrinya Hancur

Posted on: 03/5/21 at 11:30 am

Ayah Britney Spears Akhirnya Luluh Setelah Kehidupan Putrinya Hancur
Jamie Spears / Britney Spears. (Foto: Associated Press).

Britney Spears merupakan salah satu simbol budaya pop di dekade 2000-an awal. Enggak perlu diragukan keabsahannya. Doi adalah representasi dari gadis remaja yang menjelma sebagai bintang pop, kemudian terbenam dalam ingar bingar kemahsyuran. Berbagai ingatan perihal masa-masa puncak Britney dihadirkan dalam Framing Britney Spears, film dokumenter besutan sutradara Samantha Sparks. Atensi khalayak musik pop pun mengarah kembali ke sosok yang dianggap kontroversial tersebut, menguak lagi pertanyaan-pertanyaan yang masih tersisa di masa lalu. Secara substansial, film tersebut menyoroti bagaimana industri musik pop menghancurkan hidup Britney.

Baca juga: Britney Spears Minta Pengadilan AS Larang Ayahnya Kembali Jadi Pengawas Legalnya

Ketika pertarungan hukum dan drama publik tentang keuangan dan kehidupan pribadi Britney Spears kembali mencuat, seorang pengacara untuk ayahnya, Jamie Spears, mengatakan kepada CNN bahwa Jamie “sangat ingin melihat Britney tidak membutuhkan konservatori (pengawasan legal)”.

Komentar tersebut muncul enggak lama setelah Framing Britney Spears ditayangkan bulan lalu. Di dalam film tersebut terdapat peninjauan kembali detail konservatori yang telah membentuk kehidupan penyanyi pop ini. Sejak ditayangkan, pengacara Jamie Spears telah berusaha untuk menceritakan kisah dari sisi kliennya di program televisi nasional, termasuk “Good Morning America” dan NBC News.

Kampanye dengan tagar di media sosial #FreeBritney, yang juga dieksplorasi dalam film dokumenter tersebut. Selama bertahun-tahun berkampanye untuk menggambarkan pengaturan konservatori sebagai cara yang enggak adil untuk mengontrol kehidupan dan keuangan Britney Spears.

Pada Selasa malam, 2 Februari, Vivian Lee Thoreen, pengacara Jamie Spears, membela konservatori penyanyi tersebut melalui siaran NBC News.

“Britney aman dan tidak dimanfaatkan adalah prioritas nomor satunya,” kata Thoreen tentang Jamie Spears sebagai co-konservator Britney Spears.

Britney Spears telah berada dalam naungan konservatori, sejak 2008, setelah serangkaian pencemaran publik akibat ulah paparazzi. Pengaturan konservatori yang rumit ini menunjuk perwakilan untuk mengelola urusan pribadi seseorang dan harta bendanya jika orang itu enggak mampu mengurus diri sendiri atau jika orang itu rentan terhadap manipulasi dari pihak luar.

Thoreen mengatakan kepada CNN bahwa Jamie Spears “sangat ingin melihat Britney tidak membutuhkan konservator”.

“Apakah ada atau tidaknya berakhirnya konservatori benar-benar tergantung pada Britney,” tambah Thoreen. “Jika dia ingin mengakhiri konservatorinya, dia dapat mengajukan petisi untuk mengakhirinya”.

Thoreen, yang pernah mewakili Jamie Spears sebelum pembuatan film dokumenter itu, telah bergabung kembali dengan tim hukumnya.

Namun, dalam film dokumenter itu, dia mengatakan kepada The New York Times: “Dari kasus-kasus yang pernah saya tangani, saya belum melihat seorang pengguna konservatori yang berhasil menghentikan konservatori”.

Jamie Spears telah menjadi salah satu konservator putrinya selama lebih dari satu dekade, mengendalikan aspek penting dalam hidupnya seperti keuangan dan perawatan kesehatan mentalnya. Pada 2019, dengan alasan masalah kesehatan, Jamie mundur dari tugasnya, dan seorang konservator profesional mengisi posisinya untuk sementara.

Pengacara yang ditunjuk pengadilan untuk Britney, Samuel D. Ingham III, menjelaskan untuk pertama kalinya dalam pengajuan pengadilan pada bulan Agustus bahwa penyanyi itu “sangat menentang” memiliki ayahnya sebagai konservator. Britney jarang berkomentar tentang konservatorinya. Ingham, yang menolak berkomentar, mengatakan pada sidang itu bahwa Britney percaya bahwa konservatori “harus diubah secara substansial untuk mencerminkan perubahan besar dalam gaya hidupnya saat ini dan keinginannya yang dinyatakan”.

Kemudian, pada pertemuan dengar pendapat di bulan November, Ingham mengatakan bahwa Britney enggak akan tampil lagi selama ayahnya bertanggung jawab atas kariernya. “Klien saya memberi tahu saya bahwa dia takut kepada ayahnya,” katanya kepada hakim.

Hakim, Brenda Penny, memenuhi permintaan Britney agar Bessemer Trust, perusahaan fidusia, direkrut sebagai konservator tambahan. Tetapi Hakim Penny enggak mencopot Jamie Spears sebagai konservator tanah senilai US$ 60 juta milik Britney. Britney dan ayahnya kembali ke pengadilan pada 11 Februari, tetapi hakim belum memerintahkan perubahan substantif apa pun.

Baca juga: Britney Spears Posting Tentang Putus Hubungan Dengan Justin Timberlake

Seminggu setelah penayangan film dokumenter itu, beberapa media menanggapi dengan permintaan maaf atas liputan mereka di masa lalu tentang kesehatan mental, keterampilan menjadi ibu, dan seksualitas Britney. Mantan pacar Britney, penyanyi Justin Timberlake, juga meminta maaf kepadanya setelah film dokumenter itu mengklarifikasi masalah perpisahan hubungan mereka.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Britney Spears

    Britney Spears Bersinergi Dengan Backstreet Boys Di Lagu Baru, 'Matche...

    Britney Spears dan Backstreet Boys. (Foto: via Hit Network). Buat cowok, ambil gel rambut lo dan buat cewek, pakai jepit rambut kupu-kupu lo, karena gaya er

    on Dec 12, 2020
    Britney Spears

    Britney Spears Minta Pengadilan AS Larang Ayahnya Kembali Jadi Pengawa...

    James Spears dan Britney Spears. Setelah lebih dari satu dekade, Britney Spears kini berusaha untuk membebaskan dirinya secara permanen dari program conserv

    on Aug 20, 2020
    Billie Eilish

    Billie Eilish Hampir Boker di Celana Saat Tahu Britney Spears Jogeti L...

    Billie Eilish / Britney Spears. (Foto: Kevin Mazur/AMA2019/Getty Images). Billie Eilish girang bukan main ketika dia mengetahui Britney Spears joget alias n

    on Jul 22, 2020
    Britney Spears glory.

    Britney Spears Rilis ‘Mood Ring’, Lagu "Baru" Pertamanya Dalam 4 T...

    Britney Spears. (Foto: Yoni Heisler). Britney Spears is back! Sang ratu pop yang seksi ini mengejutkan penggemarnya hari Jum’at lalu dengan merilis lagu b

    on May 31, 2020