<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Ulasan BABYMETAL – Metal Galaxy, Penjelajahan Dunia Sonik Baru

Posted on: 10/11/19 at 6:12 pm

Menggabungkan berbagai gaya musik, band asal Jepang ini menyajikan karya paling kreatifnya hingga saat ini, Metal Galaxy.

Baca juga: Bagaimana Babymetal Ubah Citra Metal & Menjadi Bintang YouTube

BABYMETAL bisa dibilang adalah anomali yang menarik di dunia musik. Band pop-metal asal Jepang ini menaklukkan dunia dengan album debut self-titled mereka, yang menampilkan lagu yang catchy dan bombastis seperti “Gimme Chocolate!!” Seiring dengan kelahiran album kedua mereka, Metal Resistance, BABYMETAL terus menampilkan keseimbangan yang solid antara daya tarik pop dan instrumentasi yang agresif.

Meski demikian, rilisan terbaru mereka, Metal Galaxy, membawa keseimbangan itu ke level yang jauh lebih ekstrem; dengan album studio ketiga mereka, BABYMETAL menyajikan karya mereka yang paling heavy dan paling menyenangkan hingga saat ini. Album ini juga menandai bab baru dalam tubuh BABYMETAL, karena salah satu dari tiga vokalis pendiri mereka, Yuimetal, berpisah dengan band tahun lalu.

Terlepas dari perubahan lineup, Su-metal dan Moametal tanpa ragu terus melaju, dengan suara pop mereka yang melambung di atas berbagai instrumentasi sepanjang album. Metal Galaxy menekankan kualitas catchy band dengan menghadirkan perpaduan instrumentasi hiper yang mengeksplorasi berbagai gaya musik di seluruh dunia.

Lagu “DA DA DANCE” memancarkan nuansa electronic hidup yang menandingi vokal, sementara drumnya menambah adrenalin lagu ini. Instrumentasinya secara keseluruhan menghadirkan kesenangan yang mendebarkan. “Elevator Girl” melibatkan lebih banyak permainan gitar, menawarkan ritme grindy bernada rendah di bawah vokal yang ceria. Permainan drum dan bassnya menambah tekstur yang akan ganas ke lagu ini, memungkinkan perpaduan suara yang unik.

Metal Galaxy menampilkan sejumlah tamu, termasuk kedua gitaris Polyphia, Timothy Henson dan Scott LePage; vokalis Sabaton, Joakim Brodén; rapper asal Thailand, F.HERO; penyanyi-penulis lagu asal Jepang, Tak Matsumoto; dan vokalis Arch Enemy, Alissa White-Gluz. Masing-masing kolaborator membawa gaya dan selera mereka sendiri ke album ini, yang semakin membangun kreativitas Metal Galaxy.

Baca juga: Babymetal Bagikan Daftar Lagu & Musisi Yang Akan Ditampilkan Di Metal Galaxy

“Shanti Shanti Shanti” menyajikan melodi yang memukau dengan memanfaatkan gitar elektrik dan sitar; meskipun itu adalah kualitas yang terdengar sepanjang album, vokalnya dengan apik selaras dengan instrumentalnya. “Oh! MAJINAI” (bersama Brodén) menawarkan pesta ala Viking dalam penyajiannya—ketukan drum, akordeon, dan gitar djent yang ringan sangat menghibur dan cukup kuat untuk membangkitkan semangat dan bikin bergoyang. Dibandingkan dengan album secara keseluruhan, “Brand New Day” lebih santai dari segi aggression, menghasilkan aliran elemen electronic dan permainan gitar yang relatif mellow.

Namun, meskipun terkadang instrumentasinya melibatkan banyak elemen heavy, ada beberapa lagu yang bukan super “metal.” Penggemar yang lebih suka dengan sisi heavy BABYMETAL mungkin akan memilih untuk skip beberapa lagu di album ini.

Baca juga: BABYMETAL Hadirkan Personil Baru di Glastonbury?

Setiap lagu dalam Metal Galaxy pasti akan mengejutkan pendengarnya. Dari penulisan lagu yang kreatif hingga penampilan yang memikat, Metal Galaxy jelas patut diacungi dua jempol. Dengan perpaduan gaya musiknya yang luar biasa, yang semuanya dipenuhi dengan beberapa bentuk aggression metal, album ini menunjukkan sisi BABYMETAL yang paling berani.

Lagu yang wajib didengar: “Distortion”, “Shanti Shanti Shanti”, “Oh! MAJINAI”, “Brand New Day”

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Foo Fighters

Foo Fighters Janjikan Album Baru yang ‘Sangat Aneh’

Kata Dave Grohl, album baru Foo Fighters bakal jadi album yang “sangat aneh.” Dalam wawancara dengan Eric Blair, pembawa acara Blairing Out With Eri

on Nov 15, 2019
Loudness

Loudness Sukses Getarkan Hard Rock Cafe Jakarta

Selasa malam (12/11), Hard Rock Cafe Jakarta dibanjiri oleh para diehard fans band metal kawakan dari Jepang, Loudness. Konser bertajuk Thunder in the East san

on Nov 14, 2019
Loudness

Eksklusif: Mata Mata Musik Ngobrol Bareng dengan Loudness

Band heavy metal legendaris asal Jepang, Loudness, baru saja mampir ke Jakarta untuk menggelar konser di Hard Rock Café Jakarta pada hari Selasa kemarin (12/1

on Nov 14, 2019
J. Cole

Album Baru J. Cole Mungkin Rilis Awal 2020, Intip Detailnya Sejauh Ini

J. Cole tidak membodohi siapa pun. Bahkan, buktinya sudah cukup lama ada di depan mata kita. Saat pria bernama asli Jermaine Cole ini merilis KOD di 2018, da

on Nov 13, 2019