×
×

Search in Mata Mata Musik

'Back in Black' AC/DC Bersertifikat 25 kali Platinum

Posted on: 12/30/19 at 5:27 pm

AC/DC tanpa Malcolm Young (Foto: Wegow)

Legenda hard rock kelahiran Australia, AC/DC telah muncul dalam banyak pemberitaan akhir-akhir ini, karena semua rumor mengenai bergabung kembalinya vokalis Brian Johnson dan anggota klasik lainnya dengan band tersebut untuk membuat album baru dan kemungkinan juga tur. Meskipun tidak ada yang dikonfirmasi oleh AC/DC mengenai lagu baru atau tanggal tur, grup ini memiliki kabar baik untuk dibagikan, yaitu: album landmark tahun 1980 dari band penyandang ‘Rock & Roll Hall of Fame’ tersebut, Back in Black, telah disertifikasi 25 kali platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA).

Baca juga: Brian Johnson Pastikan Kembali Tur dengan AC/DC

Itu berarti Back in Black kini telah menjual 25 juta unit di Amerika saja, menjadikannya album terlaris keempat di Amerika. Hanya The Eagles Their Greatest Hits (1971-1975) (38-kali platinum), Michael Jackson Thriller (33-kali platinum), dan The Eagles Hotel California (26-kali platinum) telah menjual lebih banyak. Di seluruh dunia, Back in Black diperkirakan telah menjual sekitar 50 juta kopi, berada di posisi kedua setelah Thriller.

Desain cover album Black in Black yang biasa saja namun terjual luar biasa.

Back In Black adalah sebuah hit yang instan. Setelah dirilis pada Juli 1980, album ini dengan cepat mencapai status gold dan kemudian bersertifikasi platinum pada Oktober 1980. Back In Black tersertifikasi diamond setelah menjual lebih dari 10 juta unit pada Oktober 1990 dan naik menjadi 20 kali platinum pada Juni 2004. LP tersebut secara resmi meraih 25 kali platinum dengan sertifikasi RIAA baru pada 6 Desember lalu.

LP dengan angka penjualan fantastis tersebut adalah album studio pertama AC/DC dengan Brian Johnson berperan sebagai vokalis, setelah kematian Bon Scott. Album tersebut berisikan lagu yang masih erat dalam sebagian besar playlist radio rock, termasuk ‘You Shook Me All Night Long’, ‘Shoot to Thrill’, ‘Hells Bells’, ‘Rock and Roll Ain’t Noise Pollution’, dan ‘Back In Black’.

Brian Johnson dan Angus Young di salah satu konsernya, 1980 (Foto: Ross Halfin)

Dalam berita lain, Dee Snider dari Twisted Sister turun ke Twitter akhir pekan lalu dengan beberapa komentar yang membuat rumor reuni AC/DC makin panas. Dia men-tweet bahwa “keempat anggota [klasik] yang masih hidup” dari AC/DC telah bersatu kembali dan telah menciptakan musik baru yang menampilkan lagu-lagu yang direkam oleh almarhum Malcolm Young saat dia masih hidup.

Baca juga: Brian Johnson Sedang Rekaman Bareng AC/DC?

Meski mengatakan bahwa dia juga bertemu dengan Brian Johnson baru-baru ini, Snider kemudian men-tweet bahwa komentarnya mengulangi berita baru-baru ini tentang AC/DC, yang menyatakan, “Uh … ya? Ini sebenarnya berita yang lumayan lama, tetapi tampaknya tidak semua orang pernah mendengarnya”.

Jika Snider dan laporan-laporan akhir ini memang betul terjadi, formasi AC/DC akan berisi: Brian Johnson (72 tahun), Angus Young (64 tahun), Phil Rudd (65 tahun), Cliff Williams (70 tahun), dan Stevie Young (63 tahun), dengan pengumuman album dan tur yang diharapkan beredar dalam waktu dekat. Age is just number!

Inilah salah satu hit besar AC/DC dari album Back in Black:

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

AC/DC

AC/DC Kembali Berikan Sengatan Rock N’ Roll Konstan Dengan 'Shot In ...

AC/DC, courtesy of Columbia Records. Ikon rock legendaris kebangsaan Australia, AC/DC baru saja menyiarkan berita yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para

on Oct 27, 2020
AC/DC

AC/DC Resmi Comeback Dengan Formasi Klasik dan Persiapan Album Baru!

Setelah sekian lama harap-harap cemas, akhirnya harapan semua fans telah terwujud. Hell yeah, AC/DC resmi comeback dengan kejutan. Raksasa hard rock legend

on Oct 1, 2020
Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Lars Urlich

Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Ulric...

Lars Ulrich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Ulrich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

on Sep 19, 2020