×
×

Search in Mata Mata Musik

Bad Bunny Bikin Sejarah Musik Latin Di Billboard Dengan Album ‘YHLQMDLG’

Posted on: 03/13/20 at 5:00 am

Bad Bunny.
Bad Bunny (Foto: Gladys Vega/Getty Images).

Artis urban musik Latin, Bad Bunny, mendaratkan debut yang bersejarah pada chart album Billboard 200 yang terbaru, ketika album terbarunya YHLQMDLG berada di peringkat No. 2 dengan angka penjualan album sebesar 179.000 unit yang diperoleh di Amerika Serikat (AS) pada penghitungan per minggu yang berakhir 5 Maret, menurut data dari Nielsen Music/MRC.

Baca juga: Bad Bunny Telah Merilis Album Terbarunya yang Berjudul ‘YHLQMDLG’

Superstar asal Puerto Rico itu mencetak peringkat chart tertinggi dari semua album berbahasa Spanyol yang pernah dirilis, dengan meraih angka streaming terbesar dalam seminggu yang pernah dicapai oleh sebuah album Latin.

Dari jumlah awal total penjualan album YHLQMDLG, 142.000 unit dari total 179.000 diraih dari layanan streaming (yang artinya 201,4 juta streams tercapai dari lagu-lagu dalam album di minggu pertama) dan 35.000 unit diraih dari penjualan album (dibantu oleh kurang lebih 25 jenis merchandise/bundel album yang dijual melalui situs web Bad Bunny). YHLQMDLG dirilis melalui label Rimas pada 28 Februari lalu dan merupakan album Top 10 kedua yang pernah Bad Bunny capai. Dia sebelumnya mencapai No. 9 dengan Oasis (13 Juli 2019), sebuah proyek kolaborasi dengan J Balvin.

Pada chart Top Latin Albums, YHLQMDLG debut di No. 1, menghasilkan album pemuncak chart ketiga Bad Bunny, mengikuti Oasis dan proyek solonya X 100PRE.

Baca juga: Bad Bunny Kembali Goda Penggemar dengan Petunjuk Album Baru

Dengan kedatangan YHLQMDLG di peringkat No. 2 pada chart album Billboard 200, Bad Bunny mencapai album berbahasa Spanyol dengan posisi chart tertinggi yang pernah ada di Billboard (Semua lagu di album YHLQMDLG hampir seluruhnya dalam bahasa Spanyol, kecuali untuk segelintir kata-kata bahasa Inggris; Judulnya adalah kependekan dari kata “Yo hago lo que me de la gana,” yang pada dasarnya diterjemahkan menjadi “Saya melakukan apa pun yang saya inginkan”).

Sebelum Bad Bunny merilis YHLQMDLG, peringkat tertinggi yang pernah tercatat di chart album Billboard 200 oleh sebuah album berbahasa Spanyol adalah pada posisi No. 4, dicapai oleh Mana dengan Amar es Combatir (9 September 2006) dan oleh Shakira dengan Fijación Oral: Vol. 1 (25 Juni 2005).

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jungkook BTS

Lagu ‘Euphoria’ Jungkook (BTS) Pecahkan Rekor Chart World Digital ...

Jungkook (BTS). (Foto: YouTube). Di saat sebagian besar dari kita tampak santai-santai saja selama masa karantina pandemi virus Corona, Jungkook dari boyban

on May 22, 2020
Hayley Williams

Hayley Williams Jadi Wanita Pertama Pemecah Rekor Chart Rock Billboard

Cover album Hayley Williams Petals for Armor. (Foto: Atlantic Records). Album debut solo Hayley Williams, Petals For Armor sukses duduki posisi No. 1 di cha

on May 22, 2020
Charli XCX

Charli XCX Ungkap Asal-Usul Album Baru Yang Digarap Selama Masa Karant...

Charli XCX. (Foto: Redferns). Ketika Charli XCX merilis album barunya How I’m Feeling Now pada 15 Mei lalu, judul album tersebut merupakan ungkapan apa ad

on May 22, 2020
Bad Bunny

Bad Bunny Rilis Album Baru Dadakan Untuk Para Fans Selama Masa Karanti...

Bad Bunny. (Foto: YouTube). Superstar reggaeton Bad Bunny telah merilis album kejutan baru berisi 10 lagu, berjudul Las Que No Iban A Salir, atau The Ones T

on May 12, 2020