×
×

Search in Mata Mata Musik

Bad Bunny Dan Ozuna Pimpin Daftar Finalis Di Billboard Latin Music Awards 2020

Posted on: 02/6/20 at 10:29 am

BAD BUNNY & OZUNA
Bad Bunny dan Ozuna (Foto: latinfestpus.com)

Ketika musik urban terus mendominasi chart musik Latin di Billboard, dua artis paling produktif dari genre ini, Bad Bunny dan Ozuna, memimpin daftar finalis untuk Billboard Latin Music Awards 2020 dengan masing-masing meraih 14 nominasi. Bad Bunny dan Ozuna diikuti oleh sejumlah bintang besar lainnya dari genre ini: Daddy Yankee dan J Balvin memiliki 12 nominasi; Anuel AA memiliki 11; dan Farruko memiliki 10.

Baca juga: Bad Bunny Rilis Lagu Tribut ‘6 Rings’ Untuk Menghormati Almarhum Kobe Bryant

Bad Bunny, Ozuna dan J Balvin juga akan bersaing untuk kategori Artist of the Year, sebuah kategori bergengsi yang juga menghadirkan bintang bachata Romeo Santos, yang sering berkolaborasi dengan artis-artis urban.

Sementara Billboard Latin Music Awards memberikan penghargaan kepada para artis dalam genre musik utama dari Pop Latin, Tropical, Ritme Latin dan Regional Mexico, dominasi genre urban tetap dapat dirasakan dalam beberapa kategori utama.

Dalam kategori Artist of the Year (New), misalnya, semua pesaing – Jhay Cortez, Manuel Turizo, Paulo Londra dan Sech – musiknya lebih mengarah ke genre urban, meskipun gaya dan suara mereka masing-masing sangat berbeda, menandakan evolusi genre urban dari sekedar hanya reggaeton.

Dalam kategori Producer of the Year, para pesaing juga semuanya membawakan genre urban – Dimelo Flow, DJ Snake, Mambo Kingz dan Tainy – meskipun Tainy juga telah terlibat dalam beberapa proyek dengan genre pop. Sama halnya dengan kategori Songwriter of the Year yang didominasi oleh para artis urban pencipta lagu-lagu hit besar: Bad Bunny, Daddy Yankee, J Balvin dan Ozuna.

Dan dengan bersoraknya semangat kolaborasi dalam dunia musik Latin, para finalis untuk kategori Latin Song of the Year adalah finalis yang sama untuk kategori Latin Song of the Year (Vocal Event): Bad Bunny & Tainy dengan lagu ‘Callaíta’, Daddy Yankee bersama Snow dengan lagu ‘Con Calma’, Pedro Capó & Farruko dengan lagu ‘Calma’, dan Sech, Darell, Nicky Jam, Ozuna & Anuel AA dengan lagu ‘Otro Trago’.

Namun, tidak semuanya adalah urban. Finalis paling top tahun ini juga termasuk Sech dan Snow dengan tujuh nominasi; Pedro Capó dan Romeo Santos dengan enam; Nicky Jam dan Tainy dengan lima; Darell, Luis Fonsi dan Marc Anthony dengan empat; dan dengan masing-masing tiga nominasi: Los Angeles Azules, Aventura, Banda Sinaloense MS de Sergio Lizárraga, Becky G, Calibre 50, Christian Nodal, Karol G, Rosalía, Santana, dan Wisin & Yandel.

Kategori pop Latin diwarnai dengan berbagai suara yang variatif, dengan artis-artis seperti Luis Fonsi, Sebastian Yatra, Enrique Iglesias, CNCO, Reik, Maná, Danny Ocean, Mau & Ricky dan Santana bersaing di dalam beberapa kategori utamanya.

Demikian juga dengan kategori Regional Meksiko yang menghadirkan keseluruhan dari artis yang sudah sukses hingga yang baru dan revolusioner, dengan finalis seperti Christian Nodal, El Fantasma, Lenin Ramirez, T3r Elemento, Los Angelez Azules, Raymix, Calibre 50 dan Banda Sinaloense MS de Sergio Lizárraga.

Baca juga: Baca Daftar Lengkap Finalis Billboard Latin Music Awards 2020 Di Sini!

Finalis untuk kategori Latin Tour of the Year mencakup seluruh spektrum dari musik Latin, dengan Bad Bunny, Chayanne, Marc Anthony dan Jennifer Lopez sebagai empat finalisnya.

Billboard Latin Music Awards 2020 akan tayang langsung dari Las Vegas, AS di jaringan Telemundo pada 23 April 2020.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Bad Bunny

    Bad Bunny Nyanyi Bahasa Jepang Di Single Barunya, 'Yonaguni', Simak!

    Bad Bunny (Foto: via Twitter). Bad Bunny baru saja merilis single baru berjudul 'Yonaguni' pada Kamis malam, 5 Mei 2021. Kali ini sang rapper asal Puerto Ri

    on Jun 4, 2021
    UN DÍA (ONE DAY)

    Single ‘UN DÍA (ONE DAY)’, Sinergi Kreatif Dua Lipa, J Balvin, Ba...

    Dua Lipa (Foto: Ben Kaye), J Balvin (Foto: Heather Kaplan), and Bad Bunny (Foto: Instagram). Seperti yang diperlihatkan oleh album keduanya, Future Nostalgi

    on Jul 25, 2020
    Bad Bunny

    Bad Bunny Ukir Sejarah Sebagai Model Sampul Digital Pertama di Majalah...

    Bad Bunny. (Foto: STILLZ for Playboy). Superstar musik Latin, Bad Bunny mungkin sedang hiatus dari media sosial tetapi itu tidak menghentikannya dari lagi-l

    on Jul 9, 2020
    Bad Bunny

    Bad Bunny Rilis Album Baru Dadakan Untuk Para Fans Selama Masa Karanti...

    Bad Bunny. (Foto: YouTube). Superstar reggaeton Bad Bunny telah merilis album kejutan baru berisi 10 lagu, berjudul Las Que No Iban A Salir, atau The Ones T

    on May 12, 2020