×
×

Search in Mata Mata Musik

Baekhyun (EXO) Cetak Rekor Baru dan Raih Gelar “Artis Solo Satu Juta Kopi”

Posted on: 07/2/20 at 6:30 am

Baekhyun (EXO) pecahkan rekor artis solo 1 juta kopi.
Baekhyun (EXO). (Foto: SM Entertainment).

Baekhyun dari boyband K-pop EXO telah mencapai tingkatan karier yang lebih tinggi karena album solo terbarunya telah terjual lebih dari satu juta unit. Pada 30 Juni, mini-album kedua Baekhyun, Delight, mencatat jumlah penjualan sebesar 1.018.746 kopi, album fisiknya.

Baca juga: Baekhyun (EXO) Bahas Kesuksesan EP Barunya, ‘Delight’ dan Cintanya Kepada Fans

Dirilis pada 25 Mei lalu, album ini menandakan angka yang mengejutkan hanya setelah satu bulan. Prestasi ini terbilang luar biasa karena terakhir kali seorang artis solo menjual lebih dari satu juta kopi adalah 19 tahun yang lalu.

Pemegang gelar “Million Seller” terakhir oleh seorang artis solo adalah album ketujuh Kim Gun Mo, Another Days yang dirilis pada tahun 2001. Prestasi ini jelas membuktikan dampak Baekhyun sebagai seorang penyanyi yang kuat dan sangat berbakat.

Baekhyun telah memposting sebuah pesan video di akun Twitter resmi EXO untuk berterima kasih kepada penggemarnya atas pencapaian fantastisnya ini. Dia menulis, “Halo, EXO-L (fanbase EXO). Berkat kalian, EXO-L kami, aku telah membuat rekor yang besar. Sebelumnya aku sudah memberi tahu kalian melalui V Live bahwa kalian juga harus merasa bangga. Rekor ini tercapai bukan oleh diriku sendiri, tetapi oleh EXO-L kami, jadi silakan menikmati perasaan bangga itu. Aku akan terus membuat kalian lebih bahagia, jadi harap tunggu sedikit lebih lama. Sampai suatu hari kita dapat bertemu secara offline, mari kita lebih sering bertemu secara online sementara kita menunggu hari itu. EXO-L, terima kasih banyak. Kata-kata ‘terima kasih’ tidak cukup untuk menyatakan betapa bersyukurnya aku. Aku mencintai kalian, EXO-L, dan terima kasih karena selalu membuatku bahagia. Terima kasih telah hadir di sana untuk memungkinkan aku untuk membuat kalian merasa bahagia. Aku tidak yakin apa yang sedang aku katakan, tapi terima kasih. Aku cinta kalian!”.

Baekhyun bukanlah orang yang baru dalam hal membuat dan memecahkan rekor. Pada 2013, sebagai sebuah grup, EXO mendapatkan gelar “Million Seller” dengan album reguler pertama mereka XOXO. Rekor ini dicapai setelah 12 tahun di industri musik Korea, sehingga membuka kembali era “1 juta album terjual”.

Selain itu, EXO juga telah menjadi “Million Seller” selama lima kali untuk lima album yang berbeda secara berturut-turut.

Baekhyun hanyalah artis kedua yang mendapatkan penjualan sebesar satu juta baik sebagai artis solo maupun sebagai grup. Sebelumnya, artis yang membuat prestasi ini adalah penyanyi legendaris Seo Taiji dari Seo Taiji and Boys. Musisi ikonik ini mendapatkan gelar tersebut setelah karya solonya pada tahun 1998 dan 2000.

Baca juga: Baekhyun (EXO) Tampil Cute Banget di Video ‘Candy’, Single Dari EP ‘Delight’

Selain itu, album Delight milik Baekhyun menetapkan rekor penjualan tertinggi untuk sebuah album solo di tangga musik Gaon Chart, dan peringkat nomor satu di berbagai tangga album lainnya. Selanjutnya, Baekhyun meraih peringkat No.1 di tangga musik iTunes Top Album Chart di 69 wilayah di seluruh dunia, United World Chart, QQ Music China, dan Kugou Music.

Baekhyun juga membuktikan popularitas globalnya dengan meraih posisi No. 1 di Kuwo Music Digital Album Sales Chart. Selanjutnya, dia menjadi penyanyi Korea pertama yang meraih sertifikasi Triple Platinum di QQ Music tahun ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021