×
×

Search in Mata Mata Musik

Bagaimana Babymetal Ubah Citra Metal & Menjadi Bintang YouTube

Posted on: 09/10/19 at 10:15 am

Band ‘kawaii’ asal Jepang ini pernah menjadi band pendukung dalam tur Lady Gaga dan meraup 100 juta views di YouTube lewat satu lagu saja.

Baca Juga: Babymetal Bagikan Daftar Lagu & Musisi Yang Akan Ditampilkan Di Metal Galaxy

Suram, heavy, dan imut banget. Ketiga kata itu mungkin terdengar aneh kalau disandingkan bersama, tapi dalam hal Babymetal, rasanya tepat-tepat saja.

Konsepnya sebenarnya sangat kasatmata; awalnya band ini terdiri dari tiga wanita muda dengan pakaian bergaya anak sekolahan yang kawaii alias menggemaskan. Tetapi mereka tidak memainkan instrumen – mereka bernyanyi, menari dan membuat gerakan di depan seperangkat musisi yang lebih tua yang sering terselubung dalam kegelapan di belakang mereka.

Suara mereka murni dan bikin ketagihan, disertai dengan vokal lembut dari personil asli: Suzuka “Su-metal” Nakamoto (21) dan Moa “Moametal” Kikuchi (20). Mereka bernyanyi tentang hal-hal seperti ingin makan coklat—lagu mereka di 2014, “Gimme Chocolate!,” membuat Babymetal mulai dikenal publik dan memperoleh lebih dari 100 juta views di YouTube.

Mereka pernah tur dengan Lady Gaga di 2014, dan album kedua mereka, Metal Resistance, memulai debut di No. 39 chart Billboard AS di 2016.

Babymetal adalah salah satu artis ternama yang diumumkan sejauh ini di Clockenflap Music & Arts Festival tahun ini, yang akan digelar di Hong Kong pada 22-24 November. Keseluruhan estetika mereka secara mengejutkan sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa orang mungkin mengira band ini menyatukan suara lembut gadis-gadis remaja yang bernyanyi dengan gitar dan drum yang garang, tapi hal itu sudah pernah dilakukan satu agensi bakat Amuse di 2010.

Babymetal tidak menutupi kenyataan bahwa mereka terbentuk bukan karena kecintaan Su-metal atau Maometal terhadap genre ini, melainkan karena keinginan mereka untuk menembus dunia pop Jepang (J-Pop) yang sangat banyak aturan.

Bagaimana Babymetal Ubah Citra Metal & Menjadi Bintang YouTube-2
Lagu Babymetal, “Gimme Chocolate,” memiliki lebih dari 100 juta views di YouTube.

Di Jepang, ada beberapa agensi bakat yang mengaudisi kaum muda (laki-laki maupun perempuan) untuk menjadi bagian dari satu grup konsep (contoh yang paling terkenal dari jenis grup ini adalah BTS dari Korea Selatan).

Tetapi meskipun Babymetal di satu sisi bisa dibilang sebagai grup ‘buatan’, hal itu tidak menghentikan mereka mendapatkan segudang penggemar setia, termasuk raksasa metal sekelas Anthrax dan Metallica. Rob Zombie sendiri bahkan sudah terang-terangan mendukung Babymetal setelah fans mencemoohnya karena memposting foto dengan Babymetal.

Baca Juga: Babymetal Rilis Lagu Pop-Thrash “Elevator Girl”

“Menurut saya, konser-konser kami sangat intens,” kata Nakamoto. “Selama pertunjukan kami, penggemar berjingkrakan dan membuat dinding ‘kematian’ dan [semua] ini sangat intens dengan cara yang positif.” Dia menambahkan, “Satu hal yang menyatukan semua orang adalah liriknya. Bahkan ketika orang-orang yang bernyanyi tidak tahu bahasa Jepang, mereka tetap ikut bernyanyi.”

Chorus lagu “Gimme Chocolate!” memang terdengar lebih pop, dengan lirik tentang mengkhawatirkan berat badan seseorang, tetapi juga mengandung suara serak yang membuatmu ingin terjun ke tengah mosh pit dan beradu siku. Mosh pit-nya bisa membuat yang hadir kewalahan, tetapi itu bukan hal baru bagi penggemar Babymetal di AS.

Popularitas Babymetal tentu tidak luput dari kritik. Selama bertahun-tahun, pecinta metal di berbagai forum mengatakan estetika band ini hanyalah tipuan dan murni demi meraup keuntungan. Namun di 2017, pentolan Korn Jonathan Davis membela band ini dan menyebut mereka “sangat menghibur.” Gitaris Korn Brian Welch bahkan pernah bergabung dengan Babymetal di atas panggung di salah satu konser sebagai instrumentalis pendukung.

Bagaimana Babymetal Ubah Citra Metal & Menjadi Bintang YouTube-3
Babymetal akan tampil di festival Clockenflap di Hong Kong pada bulan November mendatang.

“Cara orang menerima musik kami bisa jadi berbeda, dan beberapa orang mungkin merasa musik kami bukan metal,” kata Kikuchi melalui email. “Tapi saya merasa ulasan-ulasan itu memungkinkan kami untuk menantang diri sendiri dan memberi kami kesempatan untuk lebih berkembang.”

Keterangan Foto Utama: Babymetal adalah band metal ‘kawaii’ dari Jepang. (Foto via SCMP)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

System of a Down, Korn-FNM

System Of A Down Rilis Jadwal Baru Konser Bareng Korn Dan Faith No Mor...

System of a Down, Korn, Faith No More. (Foto: Alex Kluft, Loudwire/Amy Harris, Loudwire/Theo Wargo, NBC/Getty Images). Jika ada sisi baik dari berbagai jadw

on May 24, 2020
Corey Taylor.

Corey Taylor (Slipknot) Rampungkan Album Debut Solonya di Masa Karanti...

Corey Taylor saat tampil bersama Stone Sour. (Foto: Scott Dudelson/Getty Images). Kita mungkin tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang dipikirkan oleh s

on May 24, 2020
Lady Gaga dan Ariana Grande

Lady Gaga dan Ariana Grande Jadi Ratu Pesta Cyberpunk di Video ‘Rain...

Ariana Grande dan Lady Gaga di video musik 'Rain on Me'. (Foto: YouTube). Lady Gaga dan Ariana Grande memimpin semacam pesta dansa futuristik dalam video ba

on May 23, 2020
Ariana Grande dan Lady Gaga

Rilis! Yuk Dengarkan Lagu Kolab Lady Gaga dan Ariana Grande, 'Rain On ...

Lady Gaga X Ariana Grande. Dua ratu pop akhirnya bersatu melalui lagu kolaborasi mereka yang sangat ditunggu-tunggu, ‘Rain on Me’ yang dirilis pada hari

on May 22, 2020