×
×

Search in Mata Mata Musik

Bagaimana Billie Eilish Secara ‘Tidak Sengaja’ Menjadi Sangat Terkenal

Posted on: 02/10/20 at 8:30 am

BILLIE EILISH GRAMY AWARDS 2020
Billie Eilish menerima penghargaan Record of the Year untuk lagu ‘Bad Guy’ di atas panggung bersama Alicia Keys dan Dua Lipa di Grammy Awards di Staples Center pada 26 Januari 2020 di Los Angeles, California (Foto: Jeff Kravitz / FilmMagic).

Sejak saat Billie Eilish pertama kali terjun ke dunia musik beberapa tahun yang lalu, para penggemar popstar muda itu tampaknya masih sangat ‘haus’ untuk mengkonsumsi musik baru darinya. Pada usianya yang baru 18 tahun, Billie Eilish telah mencapai prestasi lebih banyak dalam karirnya daripada yang pernah dicapai artis lain seumur hidup mereka.

Musik dan gaya Billie Eilish sangat berbeda, tetapi itulah yang membuatnya begitu hebat. Banyak orang di dunia ini yang merasa mereka berbeda atau “aneh”. Tetapi ketika mereka melihat gadis muda yang terkenal ini menari mengikuti irama musiknya sendiri dengan rambut berwarna hijaunya yang menyolok, mereka menyadari bahwa menjadi “aneh” bukanlah hal yang begitu buruk.

Sementara Billie Eilish selalu menyukai musik dan segala jenis seni pertunjukan, ia sebenarnya tidak pernah benar-benar berniat untuk menjadi penyanyi yang terkenal. Bahkan aslinya, karier musik Billie Eilish tercipta secara tidak sengaja.

Orang Tua Billie Sangat Mendukung Kreativitasnya

Billie Eilish lahir dan besar di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Billie Eilish tumbuh di sebuah rumah di mana seni dan kreativitas sangat dianjurkan. Ibunya, Maggie Baird, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris. Dia bahkan ikut menulis dan membintangi film Life Inside Out. Dia juga merupaka dubber (pengisi suara) salah satu karakter dalam sebuah video game populer berjudul Mass Effect 2.

Ayah Billie Eilish, Patrick O’Connell, juga berkarier di dunia industri hiburan. Dia adalah seorang aktor dan selama karirnya, dia telah mengambil peran dalam film-film populer dan acara TV seperti Iron Man dan The West Wing. Dia dan kakak laki-laki Billie Eilish, Finneas O’Connell, juga muncul dalam filmnya Maggie sang ibu, Life Inside Out.

Sejak awal kehidupannya, kedua orang tua Billie Eilish membuat keputusan untuk melakukan homeschooling untuk dia dan kakaknya. Mereka merasa bahwa dengan membiarkan anak-anak mereka belajar dari rumah, anak-anak mereka akan dapat lebih fokus pada seni dan bidang studi lain yang lebih mereka minati.

Mereka merasa bahwa dengan homeschooling anak-anak mereka, baik Billie Eilish mau pun saudara lelakinya akan dapat mengembangkan keterampilan mereka sendiri secara individual dan lebih fokus pada tujuan karier mereka.

Dan mengingat bahwa Billie Eilish dan saudara lelakinya memiliki karier yang luar biasa sukses pada usia mereka yang masih sangat muda, sepertinya orang tua mereka telah membuat keputusan yang sangat tepat.

Bagaimana Billie ‘Tidak Sengaja’ Menjadi Terkenal

Billie Eilish suka tampil sejak usianya masih sangat muda. Ketika dia masih berusia 8 tahun, dia bernyanyi di paduan suara lokal dan terdaftar di kelas dansa. Kakak laki-lakinya, Finneas, juga sangat kreatif dan saat ini telah menjadi penulis lagu, musisi, dan produser musik pemenang Grammy.

Ketika Billie Eilish baru berusia tiga belas tahun, guru menarinya memintanya untuk menulis lagu untuk sebuah tarian koreografi. Dengan bantuan Finneas, Billie Eilish merekam sebuah lagu hasil ciptaannya yang berjudul ‘Ocean Eyes’ yang ia unggah ke situs streaming musik populer, SoundCloud.

Saat itu Billie Eilish hanya bermaksud agar guru menarinya dapat mendengarkan lagu itu, tetapi malah terkejut habis-habisan ketika dia bangun keesokan paginya dan menyadari bahwa lagunya telah menjadi viral.

Tidak lama setelah itu, karier Billie Eilish mulai meroket. Dia segera menjadi sensasi internet dan sebelum dia menyadarinya, dia telah menandatangani sebuah kontrak rekaman resmi bersama label musik besar yang ternama dan tur keliling dunia. Hingga hari ini, Billie Eilish dan saudara lelakinya Finneas selalu bekerja sama dalam hampir semua karya musik mereka dan Finneas masih membantu menulis sebagian besar lagu Billie Eilish.

BILLIE EILISH & FINNEAS O'CONNELL AT GRAMMY AWARDS 2020
Billie Eilish dan kakaknya, Finneas memborong piala Grammy 2020 (Foto: Yahoo)

Masa Depan Billie

Billie Eilish terus menjadi salah satu penyanyi-penulis lagu paling inspirasional dan mengesankan di zaman sekarang, terutama usianya yang masih sangat muda telah menjadi poin tambahan yang krusial. Billie Eilish masih membuat musik dan hampir setiap singel yang dia rekam langsung menuju puncak chart Billboard.

Billie Eilish telah memiliki karier yang cemerlang sejauh ini dan sepertinya dia memiliki masa depan yang lebih cerah kedepannya. Sepanjang semua prestasi yang pernah Billie Eilish terima, penyanyi muda ini masih bisa tetap rendah hati dan bersyukur.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Billie Eilish berkata: “Orang-orang bertanya kepada saya apa yang ingin saya capai dalam 10 tahun ke depan. Apa yang saya katakan adalah, saya tidak ingin melewati semua pencapaian ini tanpa merasa bersyukur”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Billie Eilish

Fender Rilis Ukulele Seri Signature Billie Eilish, Kenapa Ukulele Ya?

Billie Eilish memegang ukulelenya di samping anjingnya, Shark. (Foto: Matty Vogel). Setiap bintang besar dimulai dari yang kecil, dan itu lebih berlaku untu

on Sep 9, 2020
Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

on Sep 7, 2020
FINNEAS

FINNEAS Luncurkan 'What They’ll Say About Us', Single Baru Beserta M...

FINNEAS. (Foto: Matty Vogel). Siapa sampai sekarang yang nggak kenal musisi, penulis lagu, dan produser musik pemenang 6 Grammy Awards ini? FINNEAS, cuy. K

on Sep 3, 2020
FINNEAS

EP Perdana FINNEAS 'Blood Harmony' Dirilis Ulang Dengan Versi Deluxe

FINNEAS. Pada tanggal 7 Agustus lalu, sang musisi, penulis lagu, dan produser pemenang lima piala Grammy Awards, FINNEAS telah kembali dengan versi digital

on Aug 10, 2020