×
×

Search in Mata Mata Musik

Bagaimana BTS Berhasil Menekankan Jiwa ‘7’ Mereka Saat Tampil Debut Di Grammy

Posted on: 01/31/20 at 12:40 pm

BTS AT GRAMMY 2019 BACKSTAGE
BTS di belakang panggung saat Grammy Awarrds Tahunan ke-61 di Staples Center, 10 Februari 2019 di Los Angeles (Foto: John Shearer/Getty Images for The Recording Academy)

Semangat dalam album terbaru BTS yang akan rilis pada 21 Februari mendatang, Map of the Soul: 7, terasa hidup ketika mereka membuat sejarah baru minggu lalu di acara Grammy Awards 2020 bersama Lil Nas X.

Ada banyak sejarah musik khusus yang terbuat selama performa bertaburan bintang milik Lil Nas X di acara Grammy Awards 2020 lalu, dengan salah satu tamu istimewa dari artis pencipta lagu ‘Old Town Road’ itu, sang superstar K-pop BTS, memanfaatkan waktu mereka dalam sorotan untuk membuat pernyataan yang lebih besar tentang kerjasama tim yang berhubungan baik dengan tema album mendatang mereka, Map of the Soul: 7.

Baca juga: Tonton Penampilan Live Debut BTS Di TV Amerika Dengan Lagu Barunya, ‘Black Swan’

Pada awalnya, pentolan BTS, RM, adalah satu-satunya artis fitur yang tampil pada versi remix terakhir dari lagu ‘Old Town Road’ yang membantu mendorong lagu unik campuran country/hip-hop itu ke pekan pemecah rekornya yang ke-17 sebagai lagu No.1 di chart Billboard Hot 100. Ketika seluruh kolektif BTS telah diumumkan sebagai performer dalam penampilan bertajuk “All-Stars” dari singel sukses itu bersama artis-artis berbakat seperti Diplo, Billy Ray Cyrus, Mason Ramsey, dan Nas. Banyak penggemar yang khawatir bagaimana ketujuh anggota BTS itu bisa bersinar perihal lagu itu versi remix-nya hanya menampilkan satu anggota BTS dalam deretan performers yang sudah sangat penuh dan padat.

BTS sebenarnya bisa saja membiarkan RM mengambil alih dengan enam anggota lainnya hanya mengklaim bahwa itu adalah suatu kehormatan untuk bisa berada di atas panggung Grammy itu sendiri (suatu kehormatan yang tidak dimiliki oleh artis pop asal Korea Selatan manapun sebelumnya), tetapi sebaliknya, BTS tampaknya malah mengambil alih penampilan tersebut dengan inovasi kreatif mereka sendiri untuk meyakinkan semua tujuh anggota mendapat kesempatan untuk memamerkan sisi artistik mereka masing-masing dengan versi lagu yang sama sekali baru.

Sebagai tambahan, saat pemimpin BTS, RM, mengantarkan beberapa verse-nya dari versi remix ‘Seoul Town Road’, versi baru ini disertakan bantuan dari rapper BTS, J-Hope dan Suga yang menyemangati RM serta menambahkan ad libs mereka sendiri pada bagian RM nge-rap. Mereka diikuti oleh anggota BTS lainnya, Jin dan V, yang kemudian bernyanyi dan melakukan koreografi bersama Lil Nas X sebelum vokalis BTS, Jimin dan Jungkook, mengambil alih bagian chorus untuk membawakan melodi versi mereka sendiri yang penuh dengan harmoni.

Baca juga: BTS Samai Rekor Peringkat No.1 Justin Bieber Pada Chart Social 50 Billboard

Secara keseluruhan, BTS mendapat sekitar 45 detik selama bagian mereka sebelum kemudian kembali ke panggung bersama semua performers lainnya (Diplo, Billy Ray Cyrus, dan Mason Ramsey) selama sekitar 30 detik. Meski begitu, dalam durasi sependek itu, BTS berhasil memastikan semua anggotanya punya waktu untuk menyoroti gaya mereka sendiri. BTS pada dasarnya menyiapkan lagu yang sama sekali baru untuk penampilan Grammy ini, yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh para artis yang memiliki penampilan solo mereka sendiri.

Label rekaman BTS asal Korea, BigHit Entertainment, mengatakan kepada Billboard bahwa tidak ada rencana untuk merilis versi ‘Old Town Road’ yang berisikan semua tujuh anggota, tetapi berbagi sentimen berikut dari BTS. “Kami mengatakan bahwa ‘Kami akan kembali’ tetapi kami tidak tahu jika itu akan benar-benar terjadi”, kata BTS dalam sebuah pernyataan. “Panggung Grammy tahun lalu sangat menakjubkan, itu membuat kami ingin tampil juga. Kami sangat senang itu dapat terjadi tahun ini… Grammy adalah awal yang bagus untuk tahun yang baru. Itu juga terasa luar biasa tahun lalu. Kami merasa terhormat dapat kembali dengan penampilan kolaborasi yang luar biasa ini”.

Baca juga: BTS Buat Sejarah Baru Setelah Sukses Menjadi Grup Asal Korea Pertama Yang Pernah Tampil Di Grammy

Sikap ini berpasangan baik dengan judul album BTS, Map of the Soul: 7, yang saat ini masih jarang ada info lengkap mengenai detailnya tetapi tampak sudah siap untuk menekankan bahwa tujuh artis dan kepribadian mereka yang berbeda yang membentuk boyband pemecah rekor secara konsisten ini. Mengolah kembali dan menyusun ulang lagu sehingga semua anggota dapat memiliki bagian dalam debut mereka (walaupun terlalu pendek) pada panggung Grammy menunjukkan dedikasi untuk ingin maju dan selalu dilihat sebagai tujuh anggota. Tidak ada satu orang yang menutupi anggota lainnya atau siapa pun yang menghilang ke latar belakang, tetapi malah menyediakan ranah bagi semua anggota untuk bersinar. Itulah kekuatan ‘7’ dari BTS.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Ungkap Detail Video Musik Baru Untuk Comeback Bulan Oktober Mendat...

BTS mangan ora mangan sing penting kumpul. (Foto: via BANGTANTV/YouTube). BTS sedang bekerja keras mempersiapkan aksi comeback mereka di bulan Oktober 2020

on Sep 24, 2020
Reputasi Anggota Boyband K-Pop

Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan September ...

Peringkat reputasi brand anggota boyband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand ali

on Sep 22, 2020
Oli London

Jimin BTS & Kim Kardashian "KW" Bersatu Dalam MV 'Trouble B*tch'-nya O...

Oli dan Chaly dalam video musik 'Trouble B*tch'. Bintang K-pop Inggris, Oli London, yang cepat terkenal karena menghabiskan US$ 150.000 (sekitar Rp 2,2 mili

on Sep 18, 2020
BTS

Bikin Haru! BTS Kirim Motivasi Untuk ARMY Lewat Surat Yang Menguatkan

BTS. (Foto: John Shearer). BTS nampaknya nggak akan pernah berhenti menerangkan dunia dengan cahaya jiwa mereka yang selalu memancarkan energi positif nan i

on Sep 18, 2020