×
×

Search in Mata Mata Musik

Bagaimana Cara Post Malone Mendapatkan Ide Untuk Nama Panggungnya?

Posted on: 06/26/20 at 10:00 am

Post Malone, si muka tato.
Post Malone, si muka tato. (Foto: Pinterest).

Dalam segala jenis bisnis pertunjukan, baik itu film, TV, atau musik, artis yang bercita-cita tinggi harus memiliki nama panggung yang mengesankan sekaligus menunjukkan kepribadian mereka secara lebih luas. Dalam banyak kasus, berbagai artis akan muncul dengan nama-nama gila yang tampaknya tidak masuk akal untuk menarik perhatian atau membuat mereka tidak terlupakan. 

Post Malone, seorang rapper/penyanyi asal Amerika Serikat (AS), bisa dibilang sebagai salah satu nama paling unik dalam scene hip-hop, tetapi juga patut diperhatikan karena memasukkan bagian dari nama asli sang artis ke dalam nama panggungnya. Dari mana dia muncul dengan ide nama itu? Sebenarnya ada dua cerita berbeda yang sangat kontras.

Baca juga: Fitur Post Malone, Tyla Yaweh Rilis Lagu Baru Tentang Tommy Lee (Motley Crue)

Saat Post Malone Mendapatkan Ide Untuk Namanya

Jadi bagaimana cara Post Malone mendapatkan ide untuk namanya?

Nama Post Malone telah menjadi fokus dari dua cerita awal yang berbeda selama beberapa tahun sejak dia mulai terkenal. Satu momen di mana kedua cerita itu saling sepakat adalah momen ketika dia memutuskan untuk menciptakan moniker panggungnya. Menurut Post Malone, dia pertama kali muncul dengan nama itu ketika dia berusia 15 atau 16 tahun, meskipun dia tidak ingat persis umurnya.

Bagian cerita ini juga cocok dengan garis waktu dari seluruh cerita awalnya. Sekitar masa tersebut, Post Malone mengikuti audisi untuk band-band seperti Crown the Empire yang mengusung metalcore dan benar-benar masuk ke dunia musik sebagai hobi dan bentuk seni. Tidak diragukan lagi bahwa, seperti banyak remaja lainnya yang bermimpi selama periode ini dalam hidup mereka, Post Malone membayangkan kesuksesan dan berusaha untuk muncul dengan nama panggung yang bisa dia pertahankan dalam jangka panjang. Lagipula, sulit untuk menyingkirkan nama panggung setelah mereka melekat pada kamu untuk sementara waktu – lebih baik menjadikannya bagus saat pertama kali dibuat!

Jadi dia memutuskan untuk menyimpan sebagian dari nama dan identitas aslinya – Austin Richard Post – dan mencampurnya dengan sesuatu yang mudah diingat.

Rumor Mengenai Nama Pemain Bola Basket

Salah satu asal usul pertama di balik terciptanya nama Post Malone sebenarnya adalah dari suatu rumor dan bukan dari cerita yang diceritakan Post Malone sendiri. Rumornya berputar di sekitar seorang pemain bola basket NBA bernama Karl Malone. Atlet bola basket itu, menurut versi cerita ini, adalah salah satu idola Post Malone ketika dia masih kecil, kemungkinan sebelum dia mulai serius bermusik. Nama lengkap Post Malone adalah Austin Richard Post, jadi mudah untuk melihat dari mana nama panggung lengkapnya berasal.

Dengan mudah dia hanya perlu menggabungkan nama belakangnya, meletakkannya di depan nama “Malone” dari pemain bola basket itu, dan hasilnya tampaknya akan menjadi sebuah sejarah.

Generator Nama Acak

Di sisi lain, Post Malone telah menceritakan kisah yang bertentangan tentang dari mana dia mendapatkan nama panggungnya, yang sekarang dikenal oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dalam variasi ini, dia mendapatkan nama “Post Malone” dari generator nama acak yang dia temukan di Internet. Dia kemungkinan menambahkan nama belakangnya sebelumnya dalam versi ini juga, untuk membuatnya secara unik menjadi miliknya sendiri. Tetapi nama “Malone”, menurut cerita ini, berasal dari suatu algoritma.

Menariknya, cerita generator nama ini mirip dengan yang diceritakan oleh Childish Gambino. Seperti yang dijelaskan RapTV (www.raptv.com), Childish Gambino mendapatkan nama rapnya dari generator nama online Wu-Tang Clan. Mungkin Post Malone mendengar ceritanya dan berpikir itu cara yang baik untuk membuat nama, jadi dia melakukan hal yang sama? Tidak ada yang tahu juga ‘kan?

Kontroversi ringan ini hanya muncul karena, tentu saja, namanya tidak mungkin berasal dari dua sumber; salah satu dari dua sumber itu pasti ada yang benar. Cerita generator nama adalah versi terbaru. Tapi tampaknya, cerita yang kedua lebih asli, karena ini adalah cerita yang dijelaskan Post Malone sendiri di NBC.

Kemungkinan besar nama awalnya adalah salah satu rumor paling pertama ketika Post Malone pertama kali mulai meroket dalam segi popularitas. Penggemar suka berspekulasi tentang nama dan keanehan idola mereka, jadi seseorang mungkin datang dengan cerita pertama dan menyebarkannya di Internet sampai, seperti banyak rumor klasik lainnya, ceritanya menjadi lebih dekat dengan kebenaran daripada fiksi.

Untungnya, Post Malone menjelaskan versinya sendiri secara live di TV, jadi kami yakin versinya adalah yang sebenarnya.

Cerita Awal Mula Nama Panggung Artis Lainnya

Cerita penciptaan nama Post Malone bukanlah yang paling unik, meskipun rasanya sedikit aneh untuk sesuatu yang akan melekat pada dirinya selama sisa kehidupan profesionalnya. Namun, dapatkah kita menyalahkan seorang anak berusia 15 atau 16 tahun karena tidak terlalu bertanggung jawab? Lagipula, nama-nama artis hip-hop biasanya santai atau tidak jelas kok.

Mari kita lihat beberapa nama panggung rapper sukses lainnya. Dr. Dre dilaporkan terinspirasi oleh Julius “Dr. J” Erving, pemain bola basket yang dikagumi oleh Andre Young (nama asli Dr. Dre). Menariknya, cerita ini sangat mirip dengan rumor asli seputar moniker Post Malone. Mungkin seseorang di internet menyukai kedua cerita itu dan memutuskan untuk menggabungkannya?

Jay-Z dikenal sebagai “Jazzy” ketika dia masih muda. Carter (nama asli suami Beyonce itu) juga mengadopsi nama Jay-Z sebagai rasa hormat kepada Jaz-O, seorang MC asal Brooklyn, New York yang akhirnya memberi Jay-Z kesempatan yang dia butuhkan untuk sukses. Bahkan yang lebih baiknya lagi, kedua jalur kereta bawah tanah “J” dan “Z” berjalan melalui kota asal tempat Carter tumbuh: Brooklyn.

Atau kita bisa mengambil cerita di balik nama Frank Ocean, yang mengambil inspirasi untuk namanya dari Frank Sinatra. Dari mana datangnya kata “Ocean”? Frank Sinatra dulu akting di film tahun 1960-an berjudul Ocean’s Eleven, jadi yang dilakukan Frank Ocean hanyalah menggabungkan dua aspek itu dan, bam! Dia memiliki nama yang berkesan dan abadi. Dia bahkan secara hukum telah mengubah nama aslinya (Christopher Edwin Breaux) menjadi Frank Ocean pada tahun 2010!

Baca juga: Post Malone Ungkap Band-Band Heavy Metal Favorit Seumur Hidupnya

Mari kita ambil contoh lain: Eminem. Meskipun banyak mitos populer seputar kemiripan namanya dengan permen populer M&M, Marshall Mather, yang merupakan nama aslinya, tidak memilih nama itu karena gaya bicaranya yang “manis”. Sebaliknya, dia mengambil nama itu dari inisial namanya: M dan M! Ini adalah pilihan cerdas secara keseluruhan, karena mencegah perusahaan permen M&M untuk menuntutnya segera setelah dia begitu cepat menjadi terkenal.

Seperti yang kalian telah lihat, Post Malone jauh dari sendirian dalam bagaimana dia menciptakan nama panggungnya. Faktanya, mudah untuk mengatakan bahwa namanya sangat normal jika kita mempertimbangkan berbagai gimmick industri musik yang menjadi lingkungan kariernya!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

toRa rapper

Rapper 'Lara Ati' Tora Kembali Rayakan Kegalauan Via 'Special', Single...

toRa. Setelah hiatus selama pandemi, rapper "baper" spesialis lagu patah hati toRa merilis single terbaru berjudul 'Special' yang kembali mer

on Nov 24, 2020
Ayuenstar

Mantan Idol 2018, Ayuenstar Jadi Diri Sendiri Via 'Swagger', Single Hi...

Ayuenstar. Banyak penyanyi hebat Indonesia lahir dari berbagai ajang pencarian bakat di televisi. Mereka hadir dengan talenta dan ciri khas mereka masing-ma

on Nov 18, 2020
King Von

Rapper Muda King Von Terbunuh Setelah Tertembak Dalam Pertikaian Antar...

King Von. (Foto: Darrius Jones for XXL). Berita menggemparkan tentang rapper yang lahir dan besar di Chicago, Amerika Serikat (AS), King Von alias Dayvon Be

on Nov 9, 2020
DRT & BLAKE

Fitur Blake, Rapper DRT Rilis Single Kedua, 'Aku Pernah' Tentang Prose...

Dari scene hip hop Tanah Air juga masih terlihat aktif di tengah pandemi ini. Rapper DRT kembali dengan single kedua dari album keduanya (Transmisi) yang b

on Nov 9, 2020