×
×

Search in Mata Mata Musik

Bagaimana Penampakan Hantu Hampir Membatalkan Album Ke-10 Foo Fighters

Posted on: 03/25/20 at 6:07 am

Foo Fighters.
Foo Fighters (Foto: Instagram.com/@foofighters).

Band rock legendaris asal Seattle, Foo Fighters dilaporkan telah menghadapi sesuatu yang sangat-sangat baru saat proses pembuatan album ke-10 mereka yang akan datang. Sang mantan dramer Nirvana sekaligus pentolan/pembentuk Foo Fighters, Dave Grohl, baru-baru ini mengatakan kepada Mojo bahwa sebuah rumah di Encino, California, Amerika Serikat (AS) di mana mereka merekam album itu memiliki masa lalu yang menyeramkan.

Baca juga: Foo Fighter Umumkan ‘D.C. Jam’ Acara Perayaan 25 Tahun Album Debut Mereka

“Ketika kami berjalan masuk ke rumah yang di Encino, saya tahu suasananya benar-benar aneh tetapi suasana suaranya benar-benar kacau,” kata Dave Grohl, menurut NME. “Kami mulai bekerja di sana dan itu tidak lama sebelum hal-hal aneh mulai terjadi. Kami kembali ke studio pada hari berikutnya dan semua gitarnya telah diotak-atik”.

“Atau pengaturan yang kita pasang di kibor, semuanya telah kembali menjadi nol,” lanjut Dave Grohl. “Kami membuka sesi Pro Tools dan beberapa lagu tiba-tiba hilang. Ada beberapa trek yang diletakkan di dalam lagu yang tidak kami pasang di sana. Seperti ada suara mikrofon terbuka yang aneh. Tidak ada yang memainkan instrumen atau semacamnya, hanya mikrofon aktif yang merekam ruangan. Dan kami benar-benar tidak menyukai suara-suara di dalamnya. Dan kami tidak mendengar suara atau apapun yang benar-benar dapat diuraikan. Tetapi sesuatu sedang terjadi”.

Foo Fighters berusaha mendokumentasikan fenomena paranormal itu dengan nest cam (semacam kamera security) untuk mengambil video studio ketika mereka tidak ada di sana. “Kami mulai melihat hal-hal yang tidak bisa kami jelaskan di nest cam itu,” kata Dave Grohl. Jadi sang pentolan Foo Fighters itu membawa buktinya ke sang pemilik properti yang menjelaskan masa lalu menyeramkan rumah tersebut – tetapi Dave Grohl tidak boleh mengungkapkan hal apa yang dia temukan. “Saya harus menandatangani sebuah perjanjian khusus dengan sang pemilik rumah karena dia sedang mencoba untuk menjual rumah itu,” kata Dave Grohl. “Jadi, saya tidak bisa memberikan detail mengenai apa yang terjadi di sana di masa lalu tetapi beberapa kejadian aneh dalam waktu singkat ini membuat kami menyelesaikan album ini secepat mungkin”.

Ajaibnya, Foo Fighters berhasil menyelesaikan album mereka dan keluar dari sana. Salah satu lagu di album ini menampilkan bagian riff yang telah disempurnakan Dave Grohl selama 25 tahun terakhir. “Pertama kali saya merekam demo itu di ruang bawah tanah saya di Seattle,” katanya.

Baca juga: Rayakan 25 Tahun, Foo Fighters Gelar Tur Tapak Tilas Menggunakan Van

Foo Fighters, tentu saja, bukan band pertama yang merekam lagu dalam keadaan paranormal yang menakutkan. Black Sabbath secara terkenal menulis album tahun 1973 mereka, Sabbath Bloody Sabbath, dalam sebuah istana berhantu. Red Hot Chili Peppers bertemu dengan beberapa sosok hantu di sebuah gedung yang dijuluki “The Mansion” saat sedang membuat album Blood Sugar Sex Magik. Nine Inch Nails merekam album The Downward Spiral di rumah tempat Sharon Tate tinggal pada saat kasus pembantaian oleh Charles Manson. Dan Radiohead mengerjakan album OK Computer di sebuah rumah yang oleh Thom Yorke gambarkan sebagai “sangat angker”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Tony Iommi

    Tony Iommi Dihormati Ilmuwan, Namanya Dipakai Untuk Fosil Baru

    Foto: Tony Iommi (via SRO PR), Drepanoistodus iommii (via the European Journal of Taxonomy). Tony Iommi, sang gitaris legendaris Black Sabbath telah dihorma

    on Oct 9, 2021
    Black Sabbath

    Black Sabbath Diharapkan Reuni Dan Merilis Album Lagi Oleh Bill Ward

    Foto: Lester Cohen/WireImage. Black Sabbath telah menyatakan bubar dan reuni pada tahun 2011 dan merilis album terakhirnya yang berjudul 13 pada tahun 2013.

    on Oct 7, 2021
    Gwar

    GWAR Menampik Keinginan Dave Grohl Untuk Bergabung Di Band Ini

    Blothar The Berseker Dan Dave Grohl. Beberapa waktu lalu Dave Grohl menyatakan ke Blabbermouth mengenai keinginannya untuk bergabung bersama band heavy met

    on Sep 29, 2021
    Tony Iommi

    Tony Iommi & Gibson Luncurkan Gitar SG Special Replika 1964 "Monkey"

    Tony Iommi (Foto: dok. Gibson). Tony Iommi, sang riff lord legenda Black Sabbath dan Gibson telah meluncurkan gitar listrik SG Special seri baru. Model sign

    on Aug 18, 2021