×
×

Search in Mata Mata Musik

Bandcamp Sampingkan Penghasilan Saham Untuk Dukung Musisi Selama Wabah COVID-19

Posted on: 03/21/20 at 6:01 am

(Foto: Istimewa).

Merebaknya wabah virus Corona memberikan pukulan telak bagi para pelaku musik di seluruh dunia. Rangkaian tur yang menopang keberlangsungan hidup harus berhenti untuk waktu yang tak tentu.

Untuk membantu beban para pelaku musik, Bandcamp memberikan sumbangsihnya. Bandcamp telah mengumumkan bahwa selama 24 jam pada tanggal 20 Maret (dari tengah malam hingga tengah malam Pasifik), situs web platform digital tersebut akan melepaskan bagian pendapatannya dari penjualan musik dalam upaya untuk memasukkan banyak uang yang dibutuhkan langsung ke kantong artis.

“Wabah COVID-19 dalam kekuatan penuh, dan seniman telah terpukul terutama karena tur dan pertunjukan dibatalkan untuk masa mendatang,” ujar Ethan Diamond selaku co-founder Bandcamp dalam pernyataan yang tertulis di situs.

Ethan yakin dengan meningkatnya penjualan lagu di platform Bandcamp, setidaknya bisa menolong kebutuhan para musisi.

“Bagi banyak artis, satu hari peningkatan penjualan dapat berarti perbedaan antara mampu membayar sewa atau tidak,” lanjutnya.

Berikut pernyataan lengkap dari Bandcamp:

Baca juga: Campaign Baru Bandcamp, Bantu Musisi Produksi Vinyl

Wabah COVID-19 sangat kuat, dan para artis sangat terpukul karena tur dan pertunjukan dibatalkan untuk masa yang akan datang. Dengan aliran pemasukan besar yang mengering hampir seluruhnya, menemukan cara untuk terus mendukung seniman dalam beberapa bulan mendatang sekarang menjadi prioritas mendesak bagi siapa pun yang peduli tentang musik dan artis yang menciptakannya. Kabar baiknya adalah bahwa kami telah melihat banyak penggemar pergi di atas dan di luar untuk mendukung artis di Bandcamp.

Untuk meningkatkan kesadaran lebih lanjut tentang dampak pandemi terhadap musisi di mana-mana, kami melepaskan bagian pendapatan kami pada penjualan Jumat ini, 20 Maret (dari tengah malam hingga tengah malam Waktu Pasifik), dan menggalang komunitas Bandcamp untuk menaruh uang yang sangat dibutuhkan langsung ke kantong artis.

Bagi banyak artis, satu hari peningkatan penjualan dapat berarti perbedaan antara mampu membayar sewa atau tidak. Namun, kami menganggap ini hanya titik awal. Musisi akan terus merasakan efek dari kehilangan penghasilan tur selama beberapa bulan mendatang, jadi kami juga berbagi beberapa ide di bawah ini tentang bagaimana penggemar dapat mendukung artis yang mereka cintai dan bagaimana artis dapat memberi penggemar cara baru yang kreatif untuk memberikan dukungan.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi cara terbaik untuk membantu artis adalah dengan dukungan keuangan langsung Anda, dan kami harap Anda akan bergabung dengan kami pada hari Jumat dan selama bulan-bulan mendatang saat kami bekerja untuk mendukung artis dalam waktu yang menantang ini.

Ethan Diamond
Co-Founder & CEO
Bandcamp

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Festival Musik

Kostum APD Covid-19 Baru Didesain Spesifik Untuk Konser dan Festival M...

Micrashell oleh Production Club. Ketika para pejabat pemerintah sedang pusing merencanakan bagaimana cara membuka kembali negara mereka di tengah pandemi Co

on May 27, 2020
Black Francis

Black Francis (Pixies) Habiskan Masa Karantinanya Belajar Membuat Temp...

Black Francis, vokalis/gitaris Pixies. (Foto: Christopher Polk/Shutterstock). "Konser telah dibatalkan; ya kamu tahulah, konser sudah pindah dari event apa

on May 22, 2020
Jungkook BTS

Lagu ‘Euphoria’ Jungkook (BTS) Pecahkan Rekor Chart World Digital ...

Jungkook (BTS). (Foto: YouTube). Di saat sebagian besar dari kita tampak santai-santai saja selama masa karantina pandemi virus Corona, Jungkook dari boyban

on May 22, 2020
Konser Social Distancing

Inilah Penampakan Konser Social Distancing Pertama di AS Selama Pandem...

Konser pertama secara social distancing digelar di Arkansas. (Foto: 5 News). Konser era virus Corona pertama di Amerika Serikat (AS) yang mematuhi pedoman s

on May 21, 2020