×
×

Search in Mata Mata Musik

Bandcamp Sampingkan Penghasilan Saham Untuk Dukung Musisi Selama Wabah COVID-19

Posted on: 03/21/20 at 6:01 am

(Foto: Istimewa).

Merebaknya wabah virus Corona memberikan pukulan telak bagi para pelaku musik di seluruh dunia. Rangkaian tur yang menopang keberlangsungan hidup harus berhenti untuk waktu yang tak tentu.

Untuk membantu beban para pelaku musik, Bandcamp memberikan sumbangsihnya. Bandcamp telah mengumumkan bahwa selama 24 jam pada tanggal 20 Maret (dari tengah malam hingga tengah malam Pasifik), situs web platform digital tersebut akan melepaskan bagian pendapatannya dari penjualan musik dalam upaya untuk memasukkan banyak uang yang dibutuhkan langsung ke kantong artis.

“Wabah COVID-19 dalam kekuatan penuh, dan seniman telah terpukul terutama karena tur dan pertunjukan dibatalkan untuk masa mendatang,” ujar Ethan Diamond selaku co-founder Bandcamp dalam pernyataan yang tertulis di situs.

Ethan yakin dengan meningkatnya penjualan lagu di platform Bandcamp, setidaknya bisa menolong kebutuhan para musisi.

“Bagi banyak artis, satu hari peningkatan penjualan dapat berarti perbedaan antara mampu membayar sewa atau tidak,” lanjutnya.

Berikut pernyataan lengkap dari Bandcamp:

Baca juga: Campaign Baru Bandcamp, Bantu Musisi Produksi Vinyl

Wabah COVID-19 sangat kuat, dan para artis sangat terpukul karena tur dan pertunjukan dibatalkan untuk masa yang akan datang. Dengan aliran pemasukan besar yang mengering hampir seluruhnya, menemukan cara untuk terus mendukung seniman dalam beberapa bulan mendatang sekarang menjadi prioritas mendesak bagi siapa pun yang peduli tentang musik dan artis yang menciptakannya. Kabar baiknya adalah bahwa kami telah melihat banyak penggemar pergi di atas dan di luar untuk mendukung artis di Bandcamp.

Untuk meningkatkan kesadaran lebih lanjut tentang dampak pandemi terhadap musisi di mana-mana, kami melepaskan bagian pendapatan kami pada penjualan Jumat ini, 20 Maret (dari tengah malam hingga tengah malam Waktu Pasifik), dan menggalang komunitas Bandcamp untuk menaruh uang yang sangat dibutuhkan langsung ke kantong artis.

Bagi banyak artis, satu hari peningkatan penjualan dapat berarti perbedaan antara mampu membayar sewa atau tidak. Namun, kami menganggap ini hanya titik awal. Musisi akan terus merasakan efek dari kehilangan penghasilan tur selama beberapa bulan mendatang, jadi kami juga berbagi beberapa ide di bawah ini tentang bagaimana penggemar dapat mendukung artis yang mereka cintai dan bagaimana artis dapat memberi penggemar cara baru yang kreatif untuk memberikan dukungan.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi cara terbaik untuk membantu artis adalah dengan dukungan keuangan langsung Anda, dan kami harap Anda akan bergabung dengan kami pada hari Jumat dan selama bulan-bulan mendatang saat kami bekerja untuk mendukung artis dalam waktu yang menantang ini.

Ethan Diamond
Co-Founder & CEO
Bandcamp

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Menolak Undangan Met Gala Karena Wajibkan Sertifikat Vaksi...

    Nicki Minaj (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Nicki Minaj, si ratu bokong "geal-geol", kembali menyentak kancah musik arus utama. Menyusul acara prestis

    on Sep 15, 2021
    RATM

    RATM Masuk Daftar 167 Lagu Yang Dicekal Radio AS Pasca Tragedi 9/11

    Rage Against The Machine (RATM) (Foto: Niels van Iperen/Getty Images). RATM singkatan dari Rage Against The Machine, band hardcore yang sukses melebur rap,

    on Sep 13, 2021
    Gene Simmons

    Gene Simmons Ungkap Siapa Pihak Yang Mematikan Industri Musik

    Gene Simmons KISS (Foto: Instagram @genesimmons). Gene Simmons, pencabik bass band hard rock legendaris, KISS, baru-baru ini kembali membuat suatu pernyataa

    on Sep 4, 2021
    NFT

    NFT Yang Makin Populer Di Industri Musik, Inilah Panduan Pengantarnya

    Band rock Kings of Leon menjadi band pertama yang merilis album terbarunya, When You See Yourself sebagai NFT. Hal ini memperluas kemungkinan teknologi kri

    on Sep 3, 2021