×
×

Search in Mata Mata Musik

Bantu Korban Badai Dorian, R.E.M. Hadirkan “Fascinating”

Posted on: 09/17/19 at 7:00 am

Rarity ini direkam di Bahama pada 2004 silam.

Baca Juga: Mantan pentolan R.E.M. Isyaratkan Proyek Solo Baru

Sedikitnya 2.500 orang meninggal dunia usai Badai Dorian—badai Kategori 5—menerjang Bahama pekan lalu. Berbagai program bantuan telah diluncurkan, dan sekarang R.E.M., yang pernah menghabiskan waktu di kepulauan itu, memberikan bantuan dengan cara mereka sendiri.

Band alt-rock ini meluncurkan lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya berjudul “Fascinating,” yang hasilnya akan disumbangkan ke respon darurat dan upaya pemulihan Mercy Corps. Michael Stipe dkk. merekam lagu ini pada tahun 2004 di Compass Point Studios di ibu kota Nassau, di mana mereka tinggal selama lebih dari dua bulan sebagai bagian dari “retret kreatif.”

“Fascinating” pertama kali muncul di rekaman master orisinal album Reveal (2001), tetapi akhirnya dihapus dari daftar lagu final sesaat sebelum perilisan, meskipun merupakan lagu favorit Stipe. “Lagu ini sangat indah,” kata Stipe kepada penulis David Buckley, yang menulis biografi R.E.M. di 2002, Fiction. “Lagunya menampilkan aransemen seruling dan oboe, tapi itu membuat albumnya menjadi terlalu panjang… dan harus ada yang dihapus.”

Rarity ini kemudian hampir masuk di album Around the Sun (2004), tapi lagi-lagi kembali disimpan… sampai perilisannya sekarang. Mengingat betapa spesialnya Bahama bagi Stipe dan grupnya, akhirnya bisa melepas “Fascinating” untuk menggalang dana bantuan sangat masuk akal.

“Saya beruntung bisa menghabiskan beberapa minggu bekerja dan bermain di Bahama, mendapat teman dan membuat banyak musik di sana,” kenang Stipe dalam sebuah pernyataan. “Hati saya hancur melihat kerusakan yang ditimbulkan Badai Dorian. Tolong bantu kami dan Mercy Corps melakukan apa yang kita bisa untuk meringankan penderitaan yang disebabkan bencana ini.”

Streaming “Fascinating” di bawah ini. Single ini bisa dibeli di Bandcamp dan seluruh hasil penjualannya akan disalurkan langsung untuk upaya Mercy Corps di Bahama yang hancur namun tetap tangguh berdiri.

Baca Juga: Rekaman Master Eminem ‘Selamat’ dari Kebakaran Studio Universal

“Tidak ada orang Bahama yang masih hidup yang pernah menyaksikan hal seperti ini seumur hidup mereka,” kata Perdana Menteri Hubert Minnis di televisi pada hari Rabu (11/9), menurut the New York Times, “Tetapi seperti mengerikan dan kejamnya Badai Dorian, keberanian dan ketahanan orang-orang Bahama masih lebih besar.”

Keterangan Foto Utama: R.E.M. galang dana bantuan untuk korban Badai Dorian lewat “Fascinating.” (Foto via Consequence of Sound)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dave Grohl

Dave Grohl (Foo Fighters) Akui Punya Masalah Serius Dengan Kepribadian...

Dave Grohl. Dave Grohl, rockstar mantan dramer Nirvana, pendiri dan vokalis/gitaris Foo Fighters, produser/multi-instrumentalis Probot, pernah ngisi dram Q

on May 23, 2020
Black Francis

Black Francis (Pixies) Habiskan Masa Karantinanya Belajar Membuat Temp...

Black Francis, vokalis/gitaris Pixies. (Foto: Christopher Polk/Shutterstock). "Konser telah dibatalkan; ya kamu tahulah, konser sudah pindah dari event apa

on May 22, 2020
Hayley Williams

Hayley Williams Jadi Wanita Pertama Pemecah Rekor Chart Rock Billboard

Cover album Hayley Williams Petals for Armor. (Foto: Atlantic Records). Album debut solo Hayley Williams, Petals For Armor sukses duduki posisi No. 1 di cha

on May 22, 2020
Hella Mega Tour.

Green Day, Weezer dan Fall Out Boy Tunda Hella Mega Tour Karena Asu......

Rivers Cuomo (Weezer), Billie Joe Armstrong (Green Day), Pete Wenz (Fall Out Boy). (Foto: Hugo Marie/EPA-EFE/Shutterstock; Joe Papeo/Variety/Shutterstock).

on May 21, 2020