×
×

Search in Mata Mata Musik

Konser BTS di Arab Tuai Banyak Kekecewaan

Posted on: 10/14/19 at 8:30 am

Konser BTS di Arab Saudi tetap digelar di Riyadh meskipun ada banyak seruan dari kelompok pembela HAM dan penggemarnya sendiri.

Konser bersejarah yang dilakoni superstar K-pop BTS pada akhir pekan lalu memicu berbagai tuduhan “whitewashing” rezim otoriter. BTS menjadi grup non-Arab pertama yang manggung di stadion negara itu, lewat konser yang digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh pada Jumat malam (11/10) sebagai bagian dari tur Love Yourself: Speak Yourself mereka.

Baca Juga: Ulang Tahun Jimin BTS ke-24 Tiba, 5 Momen Istimewa Ini Hadir!

Septet ini merupakan salah satu band terbesar di dunia dan aktif memuncaki tangga lagu global, serta mengadakan konser besar-besaran di Asia, Amerika Serikat dan Inggris. Di Riyadh, mereka tampil di hadapan sekitar 30.000 penonton di lokasi yang berkapasitas hampir 70.000 orang.

Saat mendarat di bandara Riyadh pada hari Kamis (10/10), rombongan BTS disambut oleh sekitar 100 orang ARMY yang rela menghabiskan berjam-jam menantikan idola mereka. Penonton yang hadir dalam konser juga banyak yang berasal dari negara-negara Timur Tengah lainnya seperti Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Kritik terhadap keputusan BTS untuk tampil di Arab Saudi berdatangan hampir sesaat setelah konser diumumkan pada bulan Juli lalu. Tidak sedikit dari fans BTS yang menyebutkan kasus pembunuhan Jamal Khashoggi di Turki tahun lalu dan catatan hak asasi manusia Arab Saudi sebagai alasan untuk membatalkan konser.

Konser ini juga tampak bertentangan dengan keterlibatan BTS dalam kampanye End Violence bersama UNICEF dan pidato “Speak Yourself” mereka di hadapan Majelis Umum PBB, mengingat sejarah penyensoran, pembatasan hak-hak perempuan dan hukuman yang dinilai tidak manusiawi bagi kaum LGBTQ yang ada di Arab Saudi. 

Sementara banyak penggemar yang mendukung keputusan BTS untuk tampil, menjelang pagelaran konser, penggemar lainnya menuliskan cuitan di Twitter dengan tagar #BTSdontgo. Pada hari Sabtu (12/10), Human Rights Foundation ikut memberikan kritik mereka, dengan mengatakan grup ini melakukan whitewashing terhadap pelanggaran HAM rezim Saudi.

Baca Juga: Balik dari Liburan, BTS Jadi Brand Ambassador Tokopedia

Dalam wawancara dengan Hollywood Reporter awal bulan ini, Bangtan Boys membela keputusan mereka untuk manggung di Arab Saudi, menjelaskan bahwa meskipun ini tidak mudah dilakukan, mereka telah “resmi diundang” dan siap “pergi ke mana pun orang ingin melihat kami.”

Label yang menangani Bangtan Boys, BigHit Entertainment, mengonfirmasi adanya beberapa penyesuaian yang harus dilakukan dalam konser yang disiarkan langsung secara global tersebut.

“Dengan pertimbangan sentimen lokal, beberapa gerakan tari yang menampilkan abs personil diubah.”

Awal tahun ini, Mariah Carey tampil di Arab Saudi, tetapi rapper Amerika Nicki Minaj membatalkan penampilannya di sana dengan dalih penting baginya untuk menunjukkan dukungan bagi hak-hak wanita, komunitas LGBTQ dan kebebasan berekspresi.

Demikianlah informasi mengenai konser BTS di Arab Saudi yang menuai banyak kekecewaan. Nantikan berita BTS, dan K-Pop lainnya hanya di Mata Mata Musik.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Hybe

    HYBE Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Di Dunia

    Perusahaan hiburan dan gaya hidup HYBE masuk dalam daftar 100 perusahaan yang paling berpengaruh versi majalah TIME. Dalam jajarannya juga terdapat sejumla

    on May 5, 2021
    HYBE

    HYBE Akuisisi Perusahaan Manajernya Ariana Grande, Justin Bieber

    HYBE, perusahaan yang bergerak di bidang hiburan Korea Selatan ini sebelumnya dikenal sebagai Big Hit Entertainment. Belum lama ini raksasa showbiz tersebu

    on Apr 4, 2021
    Big Hit Hybe

    Big Hit Ganti Nama Jadi HYBE & Presentasi Struktur Perusahaannya!

    Berita yang cukup mengejutkan! Label musik raksasa eksportir K-pop, Big Hit Entertainment mengganti nama perusahaan mereka! Dan mereka telah mengonfirmasi

    on Mar 20, 2021
    BTS

    BTS & UNICEF Kampanye LOVE MYSELF, Sebar Cinta & Stop Kekerasan

    BTS dalam video kampanye 'LOVE MYSELF'. (Foto: via YouTube). Lagi-lagi BTS. Tetapi kami enggak bosan-bosannya memberitakan sepak terjang fenomena global ini

    on Mar 5, 2021