×
×

Search in Mata Mata Musik

Bassis dan Pendiri Legenda Hard Rock UFO, Pete Way Meninggal Dunia

Posted on: 08/16/20 at 5:30 am

Bassis dan Pendiri Legenda Hard Rock UFO, Pete Way Meninggal Dunia

Pete Way, pendiri band pionir hard rock Inggris UFO, meninggal dunia pada usia 69 tahun. Musisi legendaris itu menderita luka parah dalam kecelakaan yang belum ada keterangan spesifiknya beberapa bulan lalu, dan Pete sempat bertahan sebelum akhrnya meninggal pada hari Jum’at, 14 Agustus lalu.

Baca Juga: Mantan Bassis Agnostic Front, Alan Peters, Meninggal Di Usia 55

Berita kematian Pete Way diposting melalui siaran pers di halaman Facebook resminya: “Bassis ikonik Pete Way, pendiri UFO, Waysted dan, yang terakhir, The Pete Way Band telah meninggal. Dia menderita luka yang mengancam nyawa dalam suatu kecelakaan dua bulan lalu, tetapi berjuang keras sampai akhirnya menyerah pada luka-luka itu pada pukul 11.35 pagi hari ini. Istrinya, Jenny, ada di sisinya”.

Dibentuk pada tahun 1968, UFO membantu menjembatani kesenjangan antara hard rock dan heavy metal, UF sangat mempengaruhi secara musikal kepada band-band seperti Iron Maiden, Metallica, dan banyak lagi lainnya. Pete Way bermain di semua album UFO, dari debut tahun 1970 mereka, UFO I, hingga Mechanix tahun 1982, sebelum pembubaran pertama mereka pada tahun 1983. Setahun kemudian UFO bersatu kembali, namun Pete Way nggak ikutan gabung lagi hingga akhir tahun 1980-an. Menyusul perpisahan lainnya pada tahun 1989, Pete Way dan vokalis Phil Mogg mereformasi UFO lagi pada tahun 1991. Pete bertahan hingga 2008 sebelum akhirnya keluar dengan alasan kesehatannya.

UFO mungkin nggak pernah mencapai kesuksesan besar seperti layaknya banyak band yang mereka pengaruhi, namun lagu-lagu mereka seperti ‘Doctor Doctor’ dan ‘Too Hot to Handle’ merupakan hits hard rock klasik yang diakui sepanjang masa.

Seperti yang disebutkan dalam pernyataan tersebut, Pete Way juga memulai band Waysted, yang merilis beberapa album dari tahun 1983 hingga 2008. Dia juga sempat bermain bass di band turnya Ozzy Osbourne selama tur album Diary of a Madman.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pete Way mengalami sejumlah penurunan kesehatan, termasuk serangan jantung pada 2016. Siaran pers yang mengumumkan kematian Pete Way berlanjut sebagai berikut:

“Pete Way adalah sosok yang sangat dicintai dan dihormati di kalangan penggemar rock, kritikus, dan sesama musisi. Terkenal karena karyanya dengan UFO, penampilan live Pete yang enerjik menjadi inti dari tur dunia band yang tak terhitung jumlahnya. Alunan bassnya yang melodik mendukung katalog musik rock klasik abadi yang menjadi dasar reputasi dan warisan UFO. Pekerjaan pasca UFO Pete termasuk berkolaborasi dengan “Fast” Eddie Clarke dari Motorhead, keduanya membentuk Fastway bersama dramer Humble Pie, Jerry Shirley dan bassis band teman lamanya, Ozzy Osbourne. Dia kemudian membentuk bandnya sendiri, Waysted. Pendengaran Pete yang tajam untuk aransemen lagu juga telah membuatnya menjadi produser untuk band hard rock populer seperti Twisted Sister dan band punk Cockney Rejects. Pete belum lama ini menyelesaikan album solonya, Walking on the Edge, dengan produser Mike Clink (produser Appetite for Destruction-nya Guns N’ Roses di antara banyak lainnya). Dia memiliki biografi yang diterbitkan, A Fast Ride Out of Here pada 2017 dan album Amphetamine yang dirilis Cargo Records”.

Pete meninggalkan istri beserta dua anak perempuannya, Zowie dan Charlotte dan adik laki-lakinya, Neill”.

Kematian Pete Way mengikuti meninggalnya gitaris-kibordis Paul Raymond, yang meninggal karena serangan jantung tahun lalu saat masih menjadi anggota aktif UFO.

UFO mengakui kematian Pete Way, membagikan siaran pers dan menambahkan, “Berita yang tidak pernah ingin kami dengar. MENINGGAL DUNIA. Pete”.

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Pete Way selama masa sulit ini. Tonton cuplikan vintage Pete membawakan ‘Doctor, Doctor’ bersama UFO di bawah ini. Rest in peace, Om Pete.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Powerslaves

    Powerslaves Rilis Versi Orisinil Lagu 'Bayang' Yang Berbahasa Inggris

    Kereta rock and roll kebanggaan kota Semarang Powerslaves belum kehabisan bahan bakar. Terus melaju, menembus batas, ruang dan waktu. Kali ini, Heydi Ibrah

    on Apr 11, 2021
    Deathgasm

    Studi Baru: Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

    Adegan ikonik film "Deathgasm" (2015). Artikel ini cukup menarik, terutama bagi lo yang sedang mencari pasangan tambatan hati alias pacar. Atau bahkan jodoh

    on Apr 6, 2021
    Sang Juara Turnamen Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Sang Juara Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Akhirnya kita tiba di penghujung Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik setelah selama sebula

    on Mar 2, 2021
    Turnamen Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik Babak Final

    Babak Final: Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Selamat mendarat di Babak Final Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik! Setelah tiga hari

    on Feb 28, 2021