×
×

Search in Mata Mata Musik

Bassis David Bowie, Matthew Seligman Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Posted on: 04/20/20 at 10:00 am

Matthew Seligman.
Matthew Seligman. (Foto: YouTube).

Matthew Seligman, anggota band The Soft Boys dan Thompson Twins yang terkenal karena bermain bass untuk artis seperti David Bowie dan Thomas Dolby di tahun 1980-an, telah meninggal dunia setelah terjangkit Covid-19 atau virus Corona pada usia 64 tahun.

Vokalis The Soft Boys, Robyn Hitchcock, mengkonfirmasi berita tersebut pada 17 April lalu. “Aku menulis ini sementara Matthew Seligman menyelinap keluar dari kehidupan ini dan ke mana pun jiwa pergi selanjutnya,” tulis Robyn Hitchcock dalam sebuah postingan Facebook.

“Semua orang pasti mati, tetapi tidak ada di antara kita yang mengharapkan Matthew Seligman untuk meninggalkan kita semendadak ini, selamanya. Sangat aneh dan sangat sedih untuk membicarakannya dalam waktu lampau… Seorang pemain bass yang ceria dan funky, dia merubah album Underwater Moonlight menjadi sesuatu yang seru untuk direkam dan didengarkan”.

Baca Juga: Film Biopik David Bowie ‘Stardust’ Debutkan Teaser Clip Resminya

Lahir di Siprus pada tahun 1955, Matthew Seligman dibesarkan di Inggris di mana dia tumbuh menjadi seorang bassis ikonik di era musik new wave tahun 1980-an. Dia adalah anggota pendiri band Bruce Woolley and the Camera Club bersama temannya Thomas Dolby. Dia masuk ke dunia musik dengan heboh selama masa jabatannya dengan grup pop psikedelik The Soft Boys. Band itu terbentuk pada tahun 1976 dan telah merilis dua album – yang tersukses, Underwater Moonlight, menampilkan Matthew Seligman – dan bubar tidak lama kemudian pada tahun 1980.

Selanjutnya, Matthew Seligman bergabung dengan band Thompson Twins untuk bermain dalam dua album mereka, Set dan In the Name of Love. Ketika band ini ingin menjadi trio, Matthew Seligman pergi untuk bekerja dengan Thomas Dolby di semua album solonya, termasuk The Golden Age of Wireless dan The Flat Earth.

Kemudian harinya, Matthew Seligman menjadi seorang musisi sesi, tampil untuk beberapa artis terkenal termasuk Chrissie Hynde, Morrissey, Sinéad O’Connor, Tori Amos, dan Alex Chilton. Sejauh ini waktu yang paling terkenalnya sebagai bassis sesi adalah saat bermain dengan David Bowie. Pada tahun 1985, ia bermain di band pendukung David Bowie di Live Aid. Tahun berikutnya, ia tampil di soundtrack Labyrinth miliknya serta lagu ‘Absolute Beginners’.

Banyak artis yang telah mengekspresikan rasa hormat mereka kepada Matthew Seligman setelah mengetahui berita tersebut. Yang paling menyentuh datang dari kolaborator terdekatnya, Thomas Dolby, yang memposting video di Facebook tentang saaat mereka bermain bersama di Tokyo.

“Berayun di belakang panggung, senyum lebar di wajahnya, seru-seruan dengan dirinya sendiri tetapi selalu sepenuhnya terhubung dengan seluruh band,” tulis Thomas Dolby. “Suatu kehilangan yang luar biasa bagi kita semua”.

Dengarkan kembali beberapa lagu klasik Matthew Seligman di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    James Hetfield

    Pentolan Metallica Skeptis Soal Vaksin, Dari Kecil Tidak Pernah Divaks...

    James Hetfield (Foto: Tim Mosenfelder/Getty Images). Ketika industri konser mulai terbuka lagi, pentolan Metallica, James Hetfield mengakui doi "sedikit ske

    on May 8, 2021
    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021