×
×

Search in Mata Mata Musik

Bassis Rock Legendaris Tim Bogert (Vanilla Fudge, Cactus) Meninggal Dunia

Posted on: 01/14/21 at 11:00 am

Bassis Rock Legendaris Tim Bogert (Vanilla Fudge, Cactus) Meninggal Dunia
Tim Bogert.

Tim Bogert, bassis dan vokalis dari band pionir psychedelic rock Vanilla Fudge, meninggal dunia di usia 76 tahun setelah berjuang melawan kanker. Kematiannya dikonfirmasi oleh dramer Carmine Appice, sesama anggota pendiri Vanilla Fudge serta band hard rock Cactus dan supergroup Beck, Bogert & Appice yang menampilkan gitaris legendaris Jeff Beck.

Baca juga: Psychedelic Rocker Kinder Bloomen Menyatukan Perbedaan Dalam EP “PROGRESSION I”

Dalam memberikan penghormatan kepada Tim Bogert pada Rabu malam, Carmin Appice menulis di Facebook, “Teman sejati gue Tim Bogert meninggal hari ini. Bagi gue, dia seperti saudara. Dia adalah teman gue selama lebih dari 50 tahun. Tim adalah pemain bass yang nggak ada duanya. Dia menginspirasi banyak pemain bass di seluruh dunia. Dia ahli dalam mencabik-cabik saat dia memainkan groove, dan Tim memperkenalkan tingkat keahlian baru dalam permainan bass rock”.

Dramer itu menambahkan, “Nggak ada yang bermain seperti Tim. Dia menciptakan solo bass yang membuat penonton heboh setiap kali dia memainkannya. Dan dia memainkan solo yang berbeda setiap malam. Dia adalah pemain bass terakhir dari tahun 1960-an yang legendaris”.

My true friend Tim Bogert died today. He was like a brother to me. He was my friend for over 50 years. Tim was a one…

Posted by Carmine Appice on Wednesday, January 13, 2021

Tim Bogert membentuk Vanilla Fudge bersama Carmin Appice, vokalis Mark Stein, dan gitaris Vince Martell pada tahun 1966. Dalam jangka waktu lebih dari dua tahun mereka merilis lima album penuh yang mengesankan, dengan debut self-titled tahun 1967 mereka mencapai No. 6 di tangga album Billboard 200. Setelah meluncurkan album kelima mereka pada musim gugur 1969, mereka bubar pada musim semi 1970.

Vanilla Fudge kemudian terbentuk kembali, merilis empat album lagi, dan merupakan band yang aktif hingga hari ini dengan formasi Stein, Martell, dan Appice. Tim Bogert telah pensiun dari band sejak tahun 2009, dan digantikan oleh bassis Pete Bremy.

Salah satu band rock pertama yang menganut sound yang lebih berat, Vanilla Fudge dianggap berpengaruh besar pada heavy metal. Mereka juga mendahului sesama band hard rock seperti Led Zeppelin dan Deep Purple.

Di antara lagu-lagu mereka yang paling terkenal adalah lagu cover versi psychedelic dari lagu klasik Motown ‘You Keep Me Hangin ‘On’, yang aslinya direkam oleh The Supremes. Lagu versi Vanilla Fudge ini naik ke No. 6 di tangga lagu Billboard 100.

Selain Vanilla Fudge, Tim Bogert adalah anggota band hard rock Cactus, yang merilis empat album dalam beberapa tahun di awal tahun 1970-an. Doi juga merilis satu album resmi sebagai bagian dari supergrup Beck, Bogert & Appice, sebuah album self-titled tahun 1973.

Pengaruh Tim Bogert pada heavy metal dan hard rock terbukti dalam postingan penghormatan yang mengalir di media sosial sejak berita kematiannya.

Paul Stanley (KISS) men-tweet, “RIP TIM BOGERT. Saya pertama kali melihat Vanilla Fudge pada suatu konser yang ada The Yardbirds bersama Jimmy Page. Spektakuler. Gue nggak pernah mendengar 4 orang bermain & bernyanyi sebagai kesatuan. Tim sangat memukau di semua lini. Juga ketika gue melihat Beck, Bogert & Appice. Suatu pembangkit semangat”.

Billy Sheehan (Mr. Big, David Lee Roth, Winery Dogs) menulis, “Tim Bogert – Guru Besar. Gue sayang lo, Tim. Terima kasih atas kehebatan, kemurahan hati, dan kebaikan lo. Gue berharap kita bertemu lagi, my fren. Istirahat dengan damai”.

Dan mantan dramer Dream Theater, Mike Portnoy berkomentar, “Sangat berduka mendengar meninggalnya legenda bass Tim Bogert. Salah satu pelopor sejati instrumen di akhir tahun 1960-an / awal 1970-an dengan karyanya bersama Vanilla Fudge, Cactus, dan Beck Bogert Appice”.

Baca juga: Eksplorasi Bebas The Artchemists Digeber Di Single ‘Pararell’ Yang Psychedelic

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Tim Bogert selama masa sulit ini. Di bawah ini lo bisa tonton video Vanilla Fudge membawakan ‘You Keep Me Hangin’ On’, serta Tim Bogert menyanyi di versi live lagu ‘Superstition’-nya Stevie Wonder bersama Beck, Bogert & Appice.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    Twisted Sister

    Twisted Sister Terima Rp 16,9 M Dari Politisi Australia Pelanggar Hak ...

    Dee Snider (tengah) bersama Twisted Sister circa 1984. (Foto: Mark Weiss/Getty Images). Seorang Politisi Australia, Clive Palmer dikabarkan harus merogoh ko

    on May 3, 2021
    Pureseven

    Pureseven, Band Baru 4 Rocker Lawas Debut Via Single 'Suara Hati'

    Tanpa diduga-duga karena memang enggak ada tanda-tanda kabar sebelumnya tentang terbentuknya Pureseven. Band baru yang terdiri dari para muka lawas ini men

    on Apr 27, 2021