×
×

Search in Mata Mata Musik

Batal Tampil, Artis Woodstock 50 Tetap Terima Jutaan Dolar

Posted on: 08/5/19 at 8:35 am

Para artis yang dijadwalkan tampil di festival ini sebelumnya sudah menerima bayaran penuh di muka.

Meskipun festival Woodstock 50 yang terus dirundung masalah akhirnya dibatalkan, artis-artis yang dijadwalkan tampil tetap mendapat bayaran besar tanpa harus memainkan satu not pun.

Seorang perwakilan festival mengonfirmasi pada Variety bahwa setiap artis yang terdaftar dalam lineup telah dibayar penuh—dan itu sekitar 76 artis, tidak termasuk The Black Keys (yang mundur tak lama setelah diumumkan) dan “artis-artis lain” yang terdaftar untuk setiap harinya. Artis-artis besar yang masuk dalam lineup di antaranya Jay-Z, Dead & Company, The Killers, Miley Cyrus, Imagine Dragons, Chance the Rapper, Halsey, The Raconteurs, Santana, John Fogerty dan lainnya.

Para artis ini telah dibayar di muka, namun uangnya ditahan dalam rekening penampung sementara sampai festival selesai digelar atau dibatalkan, menurut pernyataan sumber. Uang itu pun sudah dicairkan, kata salah satu sumber pada Variety, dan semuanya diserahkan kepada para artis atau perwakilan mereka.

Mereka dibayar oleh pendana terdahulu festival, Amplifi Live, divisi investasi Dentsu Aegis, yang menarik diri dari festival—dan mengklaim pembatalan festival—pada bulan Mei lalu, dan yang sering dicerca Michael Lang (salah satu produser Woodstock 50 dan pendiri Woodstock asli) karena menyebabkan masalah yang berkepanjangan.

Sesuai data sumber, Dentsu menghabiskan sekitar $32 juta untuk festival sebelum menarik diri, dan mengambil $18 juta dari rekening Woodstock tak lama kemudian. Diduga, sebagian besar dari jumlah itu disalurkan kepada para artis.

Dalam pernyataan yang mengumumkan pembatalan resmi festival, penyelenggara menyarankan agar para artis mendonasikan 10 persen dari biaya yang sudah dibayarkan kepada badan amal HeadCount, sebuah nirlaba yang mendorong warga untuk ikut pemilihan umum. Badan ini telah berhasil mengajak hampir 600.000 pemilih di acara konser dan melalui situs webnya, dan telah mengumpulkan lebih dari 30.000 relawan di AS.

Namun, ada satu orang dalam yang tidak setuju dengan ide donasi 10 persen tersebut, dan mengimplikasikan bahwa Lang hanya berusaha membuat para artis merasa bersalah. “Apa yang sudah disumbangkan Lang secara pribadi?” tanya orang dalam itu.

Keterangan Foto Utama: Walaupun dibatalkan, lineup Woodstock 50 tetap menerima jutaan dollar. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Halsey

    Halsey Rilis Album Baru Pop + Alt-Rock Libatkan Dave Grohl Selain NIN

    Foto: Lucas Garrido. Halsey baru saja merilis album keempatnya, If I Can't Have Love, I Want Power melalui Capitol Records. Tepatnya pada hari Jum'at, 27 Ag

    on Aug 28, 2021
    Halsey

    Halsey Luncurkan Artwork Album Baru "If I Can't Have Love, I Want Powe...

    Halsey tayangkan video untuk artwork If I Can’t Have Love, I Want Power (Foto: via YouTube). Halsey telah membagikan artwork dan tanggal rilis untuk album

    on Jul 7, 2021
    Nine Inch Nails

    Nine Inch Nails Didapuk Sebagai Produser Album Mendatang Halsey

    Halsey / Nine Inch Nails (Foto: via Shutterstock). Nine Inch Nails (NIN) diakui sebagai legenda industrial rock dunia dengan mahakarya berbasis elektronik.

    on Jun 30, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021