×
×

Search in Mata Mata Musik

Beck Kolab Dengan NASA Garap Visualisasi Album ‘Hyperspace’ Versi Deluxe

Posted on: 08/14/20 at 7:30 am

Beck Kolab Dengan NASA Garap Visualisasi Album 'Hyperspace' Versi Deluxe
Beck. (Foto: Philip Cosores).

Bulan November lalu, Beck merilis album studio ke 14-nya, Hyperspace. Sekarang musisi kawakan ini berusaha untuk memvisualisasikan lagu-lagu ini sebagai “hyperspaces” yang sebenarnya dengan bantuan dari Jet Propulsion Laboratory milik NASA. Hasilnya adalah Hyperspace: A.I. Exploration, kolaborasi dari luar angkasa yang menggabungkan musik, data, video, dan, tentu saja, AI (Artificial Intelligence).

Baca juga: ‘Uneventful Days’ Bawa Beck Puncaki Chart Adult Alternative Songs

Menurut siaran pers, “realisasi dari hyperspaces ini dilakukan oleh tim arsitek dan sutradara A.I. OSK, yang bertanya ‘Bagaimana cara artificial intelligence membayangkan alam semesta kita?’ Dalam menemukan jawabannya, OSK menciptakan sistem A.I. unik yang memanfaatkan visi dari komputer, pembelajaran mesin, dan Generative Adversarial Neural Networks (GAN) untuk mempelajari arsip besar NASA. Setelah melatih ratusan ribu gambar, video, dan titik data dari misi dan penelitian eksplorasi luar angkasa NASA, Hyperspace A.I. kemudian mulai menciptakan visinya sendiri tentang alam semesta kita”.

Dengan demikian, setiap lagu Beck telah dipasangkan dengan benda angkasa dan misi NASA yang ikonik. Misalnya, jika lo membuka situs web interaktif mereka, lo akan merasakan diri lo berada di pusat galaksi. Dalam video baru untuk lagu ‘Die Waiting’ milik Beck, data dari Solar Dynamics Observatory diinterpretasikan oleh OSK.

Situs web tersebut kemudian memungkinkan lo untuk menelusuri planet Merkurius dan Venus (lo bisa mengklik untuk membaca data-data yang keren, tetapi lo nggak akan menemukan lagu Beck) sampai lo mendarat di Bumi. Di sini, lo akan menemukan “Hyperlife” yang dipasangkan dengan visualisasi dari Landsat8 dan International Space Station milik NASA, memungkinkan pemirsa merasakan sebuah rumah di luar angkasa yang belum pernah ada sebelumnya. Proyek ini berlanjut dengan cara yang sama, dengan bulan digabungkan dengan lagu ‘Uneventful Days’, Mars dengan ‘Saw Lightning’, dan seterusnya, termasuk pemberhentian jauh di Bima Sakti, berbagai exoplanet, dan berakhir dengan lagu ‘Dark Places’ di dalam Black Hole.

Selain album visual baru ini, Beck telah mengumumkan album Hyperspace edisi vinyl terbatas yang akan dirilis pada 4 Desember. Berjudul Hyperspace (2020), versi deluxe album ini akan berisi dua lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis, ‘Dark Places (Soundscape)’ dan bonus versi akustik solo dari lagu ‘I Am The Cosmos (42420)’ oleh Chris Bell yang direkam di rumahnya pada bulan April 2020, ditambah versi baru tahun 2020 dari lagu ‘Star’, ‘Hyperspace’, ‘See Through’, dan ‘Die Waiting’. Vinyl 12 inci ini dikemas dalam jaket-vinyl holografik, dan juga mencakup buklet 24 halaman dengan gambar AI & data NASA untuk setiap lagunya. Lo bisa pre-order itu sekarang.

Baca juga: Beck Daratkan Single Baru “Dark Places”

Awal musim panas ini, Beck tampil di konser amal Preservation Hall Livestream. Tahun ini dia berpartisipasi dalam Record Store Day edisi 24 Oktober dengan vinyl 7 inci yang berisi pengerjaan ulang dari lagu ‘Uneventful Days’ milik St. Vincent dan versi remix ‘No Distraction’ milik Khruangbin.

Baru-baru ini, NASA telah mengungkapkan beberapa alat baru mereka yang keren. Musim gugur tahun lalu, misalnya, Dev Hynes menggunakan suara asli dari luar angkasa untuk membuat ilustrasi musik visual dari album Ad Astra.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Linkin Park

Linkin Park Rilis Versi Demo 'In The End' Dari 20th Anniversary Hybrid...

Boleh dibilang Linkin Park adalah band nu-metal/alternative rock yang berhasil menguasai blantika musik rock di era awal millenium alias pada tahun 2000. A

on Oct 2, 2020
Mariah Carey

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!

Mariah Carey circa 1995. (Foto: via Frank Micelotta Archive/Getty Images). Hari ini, 29 September, Mariah Carey meluncurkan buku baru sekaligus buku memoar

on Sep 29, 2020
S0RRA foto band

Trio Noise Pop S0RRA Rilis Single 'The Day Thing Sees' Setelah Dipenda...

S0RRA. S0RRA adalah band pengusung alternative rock asal Bandung yang terbentuk pada 2008 oleh Ari (dram, perkusi, kibord, vokal), Dika (vokal, gitar) dan R

on Sep 27, 2020
BUZZ

Amarah Trio Grunge BUZZ Meledak Melalui 'Awas!!!', Lagu Tentang Kemerd...

BUZZ. Setelah beberapa waktu lalu single kedua BUZZ 'Tanah Semburat' mengudara, kali ini trio alternative rock kelahiran kota Malang ini kembali melancarkan

on Sep 17, 2020