×
×

Search in Mata Mata Musik

Lady Gaga Termasuk Musisi Berpenghasilan Tertinggi Dalam Satu Dekade

Posted on: 02/8/20 at 11:22 am

Lady Gaga
Sang Mother Monster, Lady Gaga (Foto: Yahoo)

Lady Gaga termasuk dalam daftar selebriti terbesar dan terkaya di dunia, itu pasti karena kesuksesan penjualan album dan tur konsernya dan penampilan gemilangnya di film layar lebar A Star Is Born yang memenangkan penghargaan Oscar dari 2 nominasi Academy Awards 2019.

Terlahir dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta, 33 tahun lalu, Lady Gaga adalah musisi ajaib yang belajar bermain piano sejak usia 4 tahun dan pertama kali tampil di klub malam Kota New York pada usia 14 tahun. Dia memiliki karir yang sangat sukses dalam musik dan akting selama lebih dari satu dekade. Ketenaran dan kekayaannya mencapai puncak baru yang menakjubkan sejak tahun lalu.

Seorang mega popstar Amerika, penyanyi, penulis lagu dan aktris idola bagi jutaan “Little Monster” (sebutan die-hard fans Lady Gaga) di seluruh dunia. Juga dikenal karena pakaiannya yang aneh dan eksentrik sebagaimana musiknya, Lady Gaga adalah ikon gerakan seni pop wanita. Tapi kamu pernah bertanya ke diri sendiri, nggak sih, seberapa besar nilai kekayaan atau penghasilan si “Mother Monster” ini?

Musik

Cover album debut Lady Gaga, 'The Fame'.
Cover album debut Lady Gaga, ‘The Fame’.

Baca Juga: Tom Morello ‘Rage Against The Machine’ Protes Hasil Kaukus Partai Demokrat Di Iowa

Lady Gaga diluncurkan ke dunia musik sejak 2008, dan sejauh ini telah mengantongi lima album studio, empat di antaranya berperingkat No. 1 di Billboard Hot 100 dan penjualan album soundtrack No. 1 untuk A Star Is Born. Selain menghasilkan banyak uang dalam penjualan, Lady Gaga juga seorang penulis lagu, atau co-penulis lagu, di sebagian besar musiknya, yang memberinya royalti reguler dari pemutaran dan penggunaan musiknya.

Singel keduanya dari album The Fame, yaitu, ‘Poker Face’, menghasilkan royalti penulisan lagu senilai US$ 728.000 (Rp. 10 milyar).

Seperti yang diketahui oleh semua orang, artis penampil yang bagus, menghasilkan uang dari konser selama tur, sama halnya dengan Lady Gaga. Antara 2008 hingga 2017, ia meraup sekitar US$ 968 juta (Rp 13,2 triliun) dari penjualan tiket selama tur. Pada akhir 2017, Lady Gaga mengumumkan konser residensinya di Las Vegas selama November – Desember yang dilaporkan bernilai US$ 100 juta (Rp 1,3 triliun) dari total 74 konser, di mana ia mendapatkan US$ 1 juta (Rp 13 milyar) dari tiap konsernya dan lainnya.

Akting

Lady Gaga bersama Bradley Cooper dalam film box office, 'A Star is Born'.
Lady Gaga bersama Bradley Cooper dalam film box office, ‘A Star is Born’.

Pada 2015, Lady Gaga membintangi Hotel, musim kelima dari serial horor TV populer American Horror Story. Perannya di situ cukup sukses dan itu membuatnya mendapatkan kemenangan Aktris Terbaik Golden Globes Awards 2016. Angka pasti untuk berapa banyak Lady Gaga dibayar per episode American Horror Story: Hotel tidak diketahui, tetapi estimasi angkanya dari US$ 75.000 (Rp 1 milyar) hingga US$ 150.000 (Rp 2 milyar).

Lady Gaga dari menjadi aktris utama di film A Star Is Born bersama aktor Bradley Cooper, di mana Lady Gaga menggunakan bakat menyanyinya serta aktingnya, yang terbayar, dengan piala Oscar untuk Best Original Song. Film ini meraup US$ 434 juta (Rp 5,9 triliun) dengan bermodal anggaran US$ 36 juta (Rp 494 milyar). Lady Gaga sendiri menerima gaji sekitar US$ 10 juta (Rp 137 milyar) sebagai hadiah jerih payahnya dalam produksi film tersebut.

Endorsement

Sebagai bintang musik dan layar global, Lady Gaga adalah artis yang sangat mudah dipasarkan. Pada 2014, ia menjadi wajah kampanye musim semi dan musim panas Versace dan setelah membuka workshop sementara di Barneys New York, Lady Gaga ditampilkan dalam kampanye musim semi 2016 di seluruh toko pakaian mewah tersebut.

Lady Gaga memiliki dua wewangian sendiri. Fame, yang dirilis pada 2012, sukses secara komersial, menjual enam juta botol pada minggu pertama peluncurannya. Parfum keduanya, Eau de Gaga masuk di rak pada 2014. Baru-baru ini, ia merilis merk makeup yang bernama Haus Laboratories. Total yang dia terima dari endorsement tersebut sekitar US$ 5 – US$ 10 juta (Rp 137 milyar).

Menurut Forbes, Lady Gaga menghasilkan total US$ 50 juta (Rp 686 milyar) pada 2018, masih turun pada 2011 yang merupakan puncaknya, US$ 90 juta (Rp 1,2 triliun). Pada 2019, penghasilan tahunannya diperkirakan sekitar US$ 40 juta (Rp 549 milyar). Dengan uang dari penjualan albumnya, tur yang sukses, royalti lagu dan endorsement, kekayaan bersih Lady Gaga diperkirakan mencapai US$ 300 juta (Rp 4,1 triliun). Lumayan buat beli beras untuk dibagikan gratis ke seluruh manusia kelaparan di planet ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lady Gaga

Saat Debutkan MV '911', Lady Gaga Ungkap Lagu Tentang Kesehatan Mental...

Lady Gaga dalam MV '911'. (Foto: via YouTube). Lady Gaga baru saja menayangkan secara perdana MV (Music Video) baru yang epik untuk single '911' dari album

on Sep 19, 2020
MTV VMAs 2020

Yuk Lihat Daftar Pemenang MTV VMA 2020, Apakah Ada Artis Jagoan Lo?

MTV Video Music Awards tahun ini (VMA 2020) tentu saja nggak seperti tahun-tahun sebelumnya karena pandemi kopad-kopid ora jelas. Malam seremoni VMA itu pe

on Aug 31, 2020
James Hetfield

James Hetfield (Metallica) Ungkapkan Apresiasinya Kepada Lady Gaga

James Hetfield dan Lady Gaga berbagi mikrofon setelah insiden Grammy 2017. Dua dedengkot Metallica, James Hetfield dan Lars Ulrich mengenang kolaborasi mere

on Aug 16, 2020
Lady Gaga

Lady Gaga Resmi Akan Tampil di MTV Video Music Awards (VMA) 2020

Lady Gaga. (Foto: Courtesy of BB Gun Press). Lady Gaga telah dikonfirmasi sebagai artis terbaru yang akan tampil di ajang MTV Video Music Awards (VMA) 2020.

on Aug 15, 2020