×
×

Search in Mata Mata Musik

Berhenti Gunakan Nama Band Sebagai Kata Sandimu!

Posted on: 04/24/19 at 11:45 am

Demi keamanan akunmu di dunia maya, kreatiflah dalam menciptakan kata sandimu.

Nama-nama band dan artis seperti “blink182”, “metallica”, “slipknot”, “eminem” dan “nirvana” masuk di antara 100.000 kata sandi teratas yang paling sering diretas dan masuk ke dalam daftar risiko kata sandi global yang dirilis oleh National Cyber Security Centre (NCSC) dari Britania Raya. 

Kata sandi yang ada di daftar itu sudah diketahui para peretas (hacker) dan orang-orang yang menggunakannya berisiko besar membahayakan keamanan siber mereka dengan mempermudah peretas untuk mendapatkan akses ke data siber mereka. Kata sandi lain yang umum digunakan di antaranya “12345678”, “password” dan “qwerty”.

Baca Juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

Dalam pernyataan yang dirilis oleh NCSC, Dr Ian Levy, Direktur Teknis NCSC, mengatakan, “Penggunaan ulang kata sandi adalah risiko besar yang dapat dihindari—orang-orang tidak semestinya melindungi data yang sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan mereka, tim speak bola lokal mereka ataupun band favorit mereka.”

“Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami menyarakan kalian menggabungkan tiga kata acak namun mudah diingat. Berkreasilah dan gunakan kata-kata yang berkesan bagimu, jadi tidak ada orang yang bisa menebak kata sandimu,” saran Dr Levy. 

Menariknya, Mark Hoppus dari Blink-182 merespons kabar bahwa nama bandnya masuk di antara kata sandi yang paling banyak diretas. Hanya menuliskan keterangan “kalian.”, sang bassist membagikan tangkapan layar dari tweet CNN terkait daftar itu. 

Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi.
Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi. (Foto: Instagram @markhoppus)

Kalau kamu ingin lebih tahu tentang daftar risiko kata sandi global, kunjungi situs NCSC.

Keterangan Foto Utama: Menggunakan nama artis atau band sebagai kata sandimu di dunia maya ternyata menyimpan risiko besar. (Foto via Bandwagon Asia)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica

    35 Tahun Metallica "Master Of Puppets", Album Terbaik Sepanjang Masa

    Metallica circa 1986. (Foto: Ross Halfin via Metallica.com). Bagi sebagian besar kritikus dan penggemar, Master of Puppets adalah album terbaik Metallica. S

    on Mar 4, 2021
    Corey Taylor

    Corey Taylor Benci Sebagian Besar Artis Rock Baru, Mereka "Rip Off"!

    Corey Taylor. (Foto: Pinterest). Corey Taylor adalah salah satu dari figur publik yang suka bicara ceplas-ceplos. Tidak sedikit pernyataan dari celotehannya

    on Feb 23, 2021
    Torben & Lars Ulrich

    Bokapnya Lars Ulrich, Torben Ulrich Rilis Album Baru Di Usia 92 Tahun

    Torben Ulrich dan Lars Ulrich. (Foto: via Instagram). Bokapnya Lars Ulrich (perlu dijelaskan nggak doi siapa? tukang gebuk Metallica -Ed.), Torben Ulrich, d

    on Feb 8, 2021
    Suspect208

    Band Anak Rockstar, Suspect208 Perkenalkan Vokalis Baru Via Single 'Ni...

    Suspect208 (ki-ka): Tye Trujillo, London Hudson, Cody Houston, Niko Tsangaris. Suspect208, band hard rock yang menampilkan London Hudson (putra Slash-nya Gu

    on Feb 2, 2021