×
×

Search in Mata Mata Musik

Berhenti Gunakan Nama Band Sebagai Kata Sandimu!

Posted on: 04/24/19 at 11:45 am

Demi keamanan akunmu di dunia maya, kreatiflah dalam menciptakan kata sandimu.

Nama-nama band dan artis seperti “blink182”, “metallica”, “slipknot”, “eminem” dan “nirvana” masuk di antara 100.000 kata sandi teratas yang paling sering diretas dan masuk ke dalam daftar risiko kata sandi global yang dirilis oleh National Cyber Security Centre (NCSC) dari Britania Raya. 

Kata sandi yang ada di daftar itu sudah diketahui para peretas (hacker) dan orang-orang yang menggunakannya berisiko besar membahayakan keamanan siber mereka dengan mempermudah peretas untuk mendapatkan akses ke data siber mereka. Kata sandi lain yang umum digunakan di antaranya “12345678”, “password” dan “qwerty”.

Baca Juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

Dalam pernyataan yang dirilis oleh NCSC, Dr Ian Levy, Direktur Teknis NCSC, mengatakan, “Penggunaan ulang kata sandi adalah risiko besar yang dapat dihindari—orang-orang tidak semestinya melindungi data yang sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan mereka, tim speak bola lokal mereka ataupun band favorit mereka.”

“Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami menyarakan kalian menggabungkan tiga kata acak namun mudah diingat. Berkreasilah dan gunakan kata-kata yang berkesan bagimu, jadi tidak ada orang yang bisa menebak kata sandimu,” saran Dr Levy. 

Menariknya, Mark Hoppus dari Blink-182 merespons kabar bahwa nama bandnya masuk di antara kata sandi yang paling banyak diretas. Hanya menuliskan keterangan “kalian.”, sang bassist membagikan tangkapan layar dari tweet CNN terkait daftar itu. 

Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi.
Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi. (Foto: Instagram @markhoppus)

Kalau kamu ingin lebih tahu tentang daftar risiko kata sandi global, kunjungi situs NCSC.

Keterangan Foto Utama: Menggunakan nama artis atau band sebagai kata sandimu di dunia maya ternyata menyimpan risiko besar. (Foto via Bandwagon Asia)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    Metallica

    Metallica Hibahkan Rp 22,8 M Ke Program Beasiswa Kuliah Di 23 Kampus

    Metallica (Foto: Ross Halfin). Metallica telah memperluas inisiatif komunitas beasiswa kuliah mereka dengan memasukkan 23 kampus pada tahun 2021. Rencananya

    on May 26, 2021
    Suspect208

    Suspect208 (Band Rock Anaknya Slash, Robert Trujillo) Bubar!

    Suspect208 bubar! Band rock muda yang menampilkan putranya Slash (Guns N' Roses) dan Robert Trujillo (Metallica), dan sempat dihuni oleh putra mendiang vok

    on May 25, 2021