×
×

Search in Mata Mata Musik

Berhenti Gunakan Nama Band Sebagai Kata Sandimu!

Posted on: 04/24/19 at 11:45 am

Demi keamanan akunmu di dunia maya, kreatiflah dalam menciptakan kata sandimu.

Nama-nama band dan artis seperti “blink182”, “metallica”, “slipknot”, “eminem” dan “nirvana” masuk di antara 100.000 kata sandi teratas yang paling sering diretas dan masuk ke dalam daftar risiko kata sandi global yang dirilis oleh National Cyber Security Centre (NCSC) dari Britania Raya. 

Kata sandi yang ada di daftar itu sudah diketahui para peretas (hacker) dan orang-orang yang menggunakannya berisiko besar membahayakan keamanan siber mereka dengan mempermudah peretas untuk mendapatkan akses ke data siber mereka. Kata sandi lain yang umum digunakan di antaranya “12345678”, “password” dan “qwerty”.

Baca Juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

Dalam pernyataan yang dirilis oleh NCSC, Dr Ian Levy, Direktur Teknis NCSC, mengatakan, “Penggunaan ulang kata sandi adalah risiko besar yang dapat dihindari—orang-orang tidak semestinya melindungi data yang sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan mereka, tim speak bola lokal mereka ataupun band favorit mereka.”

“Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami menyarakan kalian menggabungkan tiga kata acak namun mudah diingat. Berkreasilah dan gunakan kata-kata yang berkesan bagimu, jadi tidak ada orang yang bisa menebak kata sandimu,” saran Dr Levy. 

Menariknya, Mark Hoppus dari Blink-182 merespons kabar bahwa nama bandnya masuk di antara kata sandi yang paling banyak diretas. Hanya menuliskan keterangan “kalian.”, sang bassist membagikan tangkapan layar dari tweet CNN terkait daftar itu. 

Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi.
Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi. (Foto: Instagram @markhoppus)

Kalau kamu ingin lebih tahu tentang daftar risiko kata sandi global, kunjungi situs NCSC.

Keterangan Foto Utama: Menggunakan nama artis atau band sebagai kata sandimu di dunia maya ternyata menyimpan risiko besar. (Foto via Bandwagon Asia)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Metallica

Metallica Akan Guncang 5 Festival Musik Rock AS Tahun Depan

Band Metallica akan tampil selama dua malam di festival Epicenter, Welcome to Rockville, Sonic Temple, Louder Than Life dan Aftershock Baca juga: Metallica

on Oct 11, 2019
Metallica Umumkan Konser Amal Kedua untuk All Within My Hands

Metallica Umumkan Konser Amal Kedua untuk All Within My Hands

Tahun depan, ikon metal ini akan kembali menggelar konser amal di San Francisco untuk yayasan mereka, All Within My Hands Foundation Baca juga: James Hetfie

on Oct 6, 2019
James Hetfield

James Hetfield Mulai Rehab, Metallica Terpaksa Tunda Tur Australia

“Saudara kita James Hetfield telah berjuang melawan kecanduan selama bertahun-tahun”. Baca Juga: Metallica Terbitkan The ABCs of Metallica Untuk Anak-Ana

on Oct 1, 2019
Dave Grohl

Dave Grohl Kenang Debut Nirvana di Reading Festival

Dave Grohl mengaku sempat mengalami “serangan panik” saat Nirvana pertama kali tampil di Reading Festival, dan mengklaim dia “sangat takut” tampil di h

on Sep 11, 2019