×
×

Search in Mata Mata Musik

Berhenti Gunakan Nama Band Sebagai Kata Sandimu!

Posted on: 04/24/19 at 11:45 am

Demi keamanan akunmu di dunia maya, kreatiflah dalam menciptakan kata sandimu.

Nama-nama band dan artis seperti “blink182”, “metallica”, “slipknot”, “eminem” dan “nirvana” masuk di antara 100.000 kata sandi teratas yang paling sering diretas dan masuk ke dalam daftar risiko kata sandi global yang dirilis oleh National Cyber Security Centre (NCSC) dari Britania Raya. 

Kata sandi yang ada di daftar itu sudah diketahui para peretas (hacker) dan orang-orang yang menggunakannya berisiko besar membahayakan keamanan siber mereka dengan mempermudah peretas untuk mendapatkan akses ke data siber mereka. Kata sandi lain yang umum digunakan di antaranya “12345678”, “password” dan “qwerty”.

Baca Juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

Dalam pernyataan yang dirilis oleh NCSC, Dr Ian Levy, Direktur Teknis NCSC, mengatakan, “Penggunaan ulang kata sandi adalah risiko besar yang dapat dihindari—orang-orang tidak semestinya melindungi data yang sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan mereka, tim speak bola lokal mereka ataupun band favorit mereka.”

“Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami menyarakan kalian menggabungkan tiga kata acak namun mudah diingat. Berkreasilah dan gunakan kata-kata yang berkesan bagimu, jadi tidak ada orang yang bisa menebak kata sandimu,” saran Dr Levy. 

Menariknya, Mark Hoppus dari Blink-182 merespons kabar bahwa nama bandnya masuk di antara kata sandi yang paling banyak diretas. Hanya menuliskan keterangan “kalian.”, sang bassist membagikan tangkapan layar dari tweet CNN terkait daftar itu. 

Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi.
Mark Hoppus mengingatkan para penggemarnya untuk tidak menggunakan nama bandnya, Blink-182, sebagai kata sandi. (Foto: Instagram @markhoppus)

Kalau kamu ingin lebih tahu tentang daftar risiko kata sandi global, kunjungi situs NCSC.

Keterangan Foto Utama: Menggunakan nama artis atau band sebagai kata sandimu di dunia maya ternyata menyimpan risiko besar. (Foto via Bandwagon Asia)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Eminem

Eminem Tantang Penggemar Nge-Rap Secepat Mungkin di #GodzillaChallenge

Eminem. (Foto: Instagram.com/@eminem). Eminem memberikan beberapa rima gila dalam album terakhirnya Music To Be Murdered By. Dia ingin penggemarnya meniruka

on Feb 26, 2020
Metallica

Metallica Batal Tampil di Dua Festival Akbar Demi Kesembuhan James Het...

James Hetfield alias "Papa Het" (Foto: Getty Images). Metallica harus membatalkan penampilan mereka di Sonic Temple Art and Music Festival di Colombus, Ohio

on Feb 25, 2020
Elton John, Nirvana, Sheryl Crow

Universal Music Konfirmasi Hancurnya Puluhan Master Rekaman Artis Saat...

Berita kebakaran gudang Universal Music yang disiarkan channel TV, ABC 7. Rekaman dari Elton John, Nirvana, Soundgarden, Slayer, Sonic Youth, R.E.M. dan Jim

on Feb 15, 2020
JIM ROOT and PAUL GRAY

Jim Root (Slipknot): “Saya Sudah Sering Bermimpi Paul Gray Belakanga...

Jim Root (Foto: Mariano Regidor) dan Paul Gray (Foto: Gary Miller). Gitaris Slipknot Jim Root telah mengungkapkan bahwa almarhum Paul Gray sudah sering munc

on Feb 13, 2020