×
×

Search in Mata Mata Musik

Berjuang Demi Armenia System Of A Down Akhirnya Rilis Lagu Baru Setelah 15 Tahun

Posted on: 11/6/20 at 11:30 am

Berjuang Demi Armenia System Of A Down Akhirnya Rilis Lagu Baru Setelah 15 Tahun
System Of A Down. (Foto: via SOAD/Facebook).

Akhirnya, inilah berita yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar System Of A Down (SOAD) di seluruh dunia. Hari ini, 6 November, band alternative metal berdarah asli Armenia yang domisilinya di Amerika Serikat ini mengunggah pengumuman besar ke media sosial:

Baca juga: Serj Tankian Akan Rilis Materi Musik System Of A Down Sebagai EP Solonya

“Kami sebagai System Of A Down baru saja merilis lagu baru untuk pertama kalinya dalam 15 tahun. Saatnya melakukan ini sekarang, karena bersama-sama, kami berempat memiliki sesuatu yang sangat penting untuk dikatakan sebagai suara yang bersatu. Kedua lagu ini, ‘Protect The Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’, keduanya berbicara tentang perang yang mengerikan dan serius yang sedang dilakukan di Tanah Air budaya kami di Artsakh dan Armenia.

Rezim korup Aliyev saat ini di Azerbaijan dan Erdogan di Turki nggak hanya ingin mengklaim Artsakh dan Armenia sebagai milik mereka, tetapi juga melakukan aksi genosida dengan impunitas terhadap kemanusiaan dan satwa liar untuk mencapai misi mereka. Mereka mengandalkan dunia yang terlalu terganggu dengan COVID, pemilu, dan kerusuhan sipil untuk mengungkapkan kekejaman mereka. Mereka memiliki uang, sumber daya, dan telah merekrut firma hubungan masyarakat besar-besaran untuk memutarbalikkan kebenaran dan menyembunyikan tujuan biadab mereka yaitu genosida. Di antara kedua kediktatoran ini, ada banyak disinformasi dan pembungkaman suara di negara mereka sendiri. Kebebasan berbicara bukanlah sesuatu yang dinikmati oleh semua orang, tetapi dinikmati di sini, jadi bagian dari tanggung jawab itu adalah menyebarkan kebenaran jika memungkinkan. Kami di sini untuk melindungi tanah kami, melindungi budaya kami, dan melindungi bangsa kami. Ini bukan waktunya untuk menutup mata.

Sebagai SOAD, ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengesampingkan segalanya dan berbicara untuk bangsa kami, sebagai satu, sebagai empat orang Armenia. ‘Protect The Land’ dan ‘Genocidal Humanoidz’ sekarang tersedia untuk dibeli di halaman Bandcamp resmi kami: SystemOfADown.bandcamp.com – di mana pendapatan band disalurkan ke ArmeniaFund. Dana dari Bandcamp + pre-order dari koleksi merchandise baru kami akan digunakan untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan dan kebutuhan dasar bagi mereka yang terkena dampak tindakan mengerikan ini. Mohon pertimbangkan kesempatan untuk mengunduh lagu-lagu ini sebagai tindakan amal terlepas dari bagaimana kalian memilih untuk mendengarkannya hari ini, besok dan untuk tahun-tahun mendatang.

Musik dan lirik berbicara sendiri. Kami membutuhkan kalian untuk berbicara untuk Artsakh. Klik soad.lnk.to/PTLGH untuk mengunduh, pre-order dan berdonasi sekarang”.

Gila… keren dan mulia banget, sumpah! Setelah 15 tahun tanpa ada kepastian mereka akan merilis lagu atau album baru atau nggak, dengan berita yang simpang siur di media membahas kemungkinan tersebut. Akhirnya, mulai hari ini SOAD menjawab semua pertanyaan dan harapan semua orang dengan dua lagu baru di bawah ini. Mereka kembali untuk alasan yang sangat tepat, jiwa mereka terbakar karena Tanah Air kelahiran, leluhur, budaya asli mereka, Armenia dibombardir oleh agresi militer Azerbaijan dan Turki yang merupakan musuh bebuyutan Armenia yang telah meng-genosida warga Armenia satu abad silam, dan selama ini SOAD menyuarakan kemarahan dan protesnya melalui musik dan liriknya serta aksi-aksi sosial politiknya yang nyata di sepanjang kariernya hingga kini dan seterusnya. Perjuangan mereka belum selesai.

Lupakan sejenak Pilpres AS, mari kita perhatian dan berikan simpati kepada masalah yang menimpa bangsa Armenia dengan turut berdonasi melalui pembelian dan streaming dua lagu SOAD berikut ini. Lagu pertama, ‘Protect The Land’ tampil dengan voltase rendah seperti lagu-lagu lawasnya, ‘Aerials’ atau ‘Holy Mountain’. Sedangkan lagu kedua, ‘Genocidal Humanoidz’ tampil dengan voltase maksimum metal seperti lagu-lagu lawasnya, ‘Prison Song’ atau ‘B.Y.O.B.’. Di lagu ini, sepert biasa, SOAD begitu piawai memadukan berbagai elemen genre, dari gaya Timur Tengah khasnya hingga riff black metal. Wah SOAD masih gila! Puji Tuhan!

Baca juga: System Of A Down Rilis Jadwal Baru Konser Bareng Korn Dan Faith No More

Selamat menikmati seperti kami menikmatinya! Panjang umur perjuangan SOAD!

Penerjemah, Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

System Of A Down

System Of A Down 'Chop Suey!' Jadi MV YouTube Metal Pertama Raih 1 Mil...

System Of A Down saat syuting video musik 'Chop Suey!'. MV (Music Video) untuk lagu klasik System Of A Down 'Chop Suey!' telah mencapai lebih dari 1 miliar

on Nov 28, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Stephen Carpenter

Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

on Nov 13, 2020
System Of A Down

Dua Lagu Baru System Of A Down Raup Rp 8,5 Miliar Untuk Bantu Artsakh ...

System Of A Down (ki-ka): Daron, Shavo, John, Serj. System Of A Down (SOAD) bikin geger blantika musik rock dan metal dengan dua lagu baru pertama mereka da

on Nov 13, 2020