×
×

Search in Mata Mata Musik

Berkat BTS, Big Hit Entertainment Untung US$ 500 Juta Selama 2019

Posted on: 04/2/20 at 9:00 am

BTS at Billboard Music Awards 2019.
BTS menghadiri Billboard Music Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena pada 1 Mei 2019 di Las Vegas (Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic).

Big Hit Entertainment, perusahaan asal Korea Selatan yang mengasuh grup K-pop terbesar di dunia, BTS, mengalami tahun tersukses dalam sejarah mereka di 2019, sesuai pengumuman mereka dalam sebuah pernyataan pada Selasa (31 Maret) lalu.

Menurut pernyataan itu, yang merujuk pada laporan auditor tahun 2019 mereka, tahun lalu resmi menjadi tahun terbaik dalam sejarah Big Hit Entertainment hingga saat ini, dengan arus pendapatan sebesar 587,2 miliar won Korea Selatan (KRW), atau sekitar US$ 507,9 juta (Rp 8,3 triliun), dan keuntungan operasi sebesar 98,7 miliar KRW, atau Rp 1,3 triliun.

Baca juga: BTS Tunda Tur ‘Map of the Soul’ Di Amerika Utara Karena Pandemi COVID-19

Big Hit Entertainment, yang dipimpin oleh co-CEO Bang Si-hyuk dan Lenzo Yoon, melihat peningkatan sebesar 95% dalam angka pendapatan dan peningkatan 24% dalam keuntungan operas dibandingkan dengan angka-angka dari tahun 2018, yang sebelumnya telah dilaporkan oleh label musik BTS itu.

Perusahaan itu juga menyebut penjualan fisik sebagai faktor utama di balik keberhasilan komersil mereka pada tahun 2019, dengan 3,72 juta unit album Map of the Soul: Persona oleh BTS serta penjualan dua album The Dream Chapter oleh sang artis baru TXT menambah total enam juta penjualan album fisik. Serangkaian usaha bisnis baru dan akuisisi label musik lain juga membantu Big Hit Entertainment mengalami pertumbuhan pendapatan yang luar biasa hanya dalam periode 12 bulan.

“Big Hit Entertainment berhasil mengoptimalkan struktur perusahaan pada 2019 dengan beralih ke sistem multi-label, sementara secara bersamaan mempertahankan ekspansi pendapatan yang eksplosif dan tingkat pertumbuhan yang tinggi,” kata juru bicara Big Hit Entertainment.

“BTS telah mencapai prestasi yang historik sebagai sekelompok artis asal Korea, dan baik TOMORROW X TOGETHER [TXT] mau pun GFRIEND sama-sama sedang melanjutkan pertumbuhan mereka. Big Hit Entertainment juga telah mengamankan sederetan peserta trainee yang mengesankan; perluasan daftar artis bersama dengan berbagai model bisnis yang sedang berkembang melalui berbagai bisnis spesialisasi membuat Big Hit Entertainment berpotensi tumbuh jauh lebih sukses”.

Baca juga: BTS Luncurkan Web Series Untuk Bantu Penggemarnya Belajar Bahasa Korea

Untuk Big Hit Entertainment dan BTS, lagu hit mereka terus mengalami kesuksesan. Awal bulan ini BTS mencetak posisi No. 1 keempat mereka pada chart album Billboard 200 dengan Map of the Soul: 7. Dengan terjualnya 422.000 unit album, proyek album penuh terbaru BTS ini berhasil mengalami pekan pembukaan terbesar untuk sebuah album selama tahun 2020 ini di Amerika Serikat (AS).

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Hybe

    HYBE Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Di Dunia

    Perusahaan hiburan dan gaya hidup HYBE masuk dalam daftar 100 perusahaan yang paling berpengaruh versi majalah TIME. Dalam jajarannya juga terdapat sejumla

    on May 5, 2021
    K-pop

    6 Lagu Hits K-Pop Yang Masuk Tangga Lagu Setelah Sekian Lama Dirilis

    Fenomena 'Rollin'', lagu lamanya Brave Girls yang viral empat tahun kemudian sejak rilis mendorong kami untuk membuat 'listicle' ini. Berlawanan dari yang

    on May 3, 2021
    Anggota Girlband

    30 Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan April 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan April 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Apr 20, 2021
    BTS

    BTS Luncurkan Paket Menu Spesial McDonald's, Juga Hadir Di Indonesia

    BTS. (Foto: Instagram). McDonald's telah memusatkan perhatian pada kolaborasi artis terbarunya, dan itu sesuatu banget. Ritel makanan cepat saji top markoto

    on Apr 20, 2021