×
×

Search in Mata Mata Musik

Betrand Peto Putra Onsu: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta

Posted on: 08/3/21 at 10:41 pm

Remaja yang kini berumur 16 tahun ini lebih dikenal sebagai Betrand Peto atau Betrand Onsu. Ia sendiri merupakan seorang penyanyi dari Indonesia yang merupakan anak asuh dari Ruben Onsu dan Sarwendah. Ia semakin dikenal masyarakat sejak ia menyanyikan lagu yang berjudul “Titip Rindu buat Ayah” milik Ebiet G. Ade yang ia unggah ke akun Youtube-nya dan membuatnya diundang acara Brownis di Trans TV. Mau tau, lebih lengkap tentang Betrand? Berikut ini adalah profil, biodata, biografi, dan fakta seputar Betrand Peto Putra Onsu.

Baca juga: Afgansyah Reza: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Biodata

Nama Lengkap: Betrand Peto Putra Onsu

Nama Lahir: Alfonsus Toribio Tenkudi

Panggilan: Sinyo, Onyo, Betrand, Betrand Onsu

Tanggal Lahir: 14 Maret 2005

Tempat Lahir: Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Agama: Katolik

Ayah Asuh: Ruben Onsu

Ibu Asuh: Sarwendah

Instagram: @betrandpetoputraonsu

Biografi

Duetnya bersama Judika pada lagu “Jikalau Kau Cinta” juga menjadi populer di beberapa negara. Betrand merilis singlenya yang berjudul “Sahabat Kecil” pada pertengahan tahun 2019, lalu kembali merilis single keenamnya yang berjudul “Malaikat Penjagaku” dimana ia mengungkapkan isi hatinya mengenai kasih sayang yang diberikan Ayah dan Bundanya kepadanya. Bukan hanya bernyanyi, Betrand juga diketahui pandai berakting dan menjadi presenter. Itu lah sekilah tentang kehidupan Betrand. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai biografi dirinya!

Kehidupan Pribadi

Betrand Peto Putra Onsu adalah anak remaja laki-laki yang lahir dari Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Ia sangat menyukai kegiatan bernyanyi. Sebelum diasuh oleh Ruben Onsu, ia sering bernyanyi di organ tunggal. Hal ini terbukti oleh video yang dia upload di akun Youtube-nya.

Kemampuan vokalnya terbilang cukup baik meski masih berumur belia. Suaranya yang indah sering direkam oleh pamannya lalu diuploadnya ke Youtube. Berkat itu, salah satu video Betrand dimana dia menyanyikan lagu “Titip Rindu buat Ayah” menjadi viral di media sosial dan Betrand pun akhirnya diundang ke Brownis.

Sejak umurnya yang masih 8 bulan, Betrand hanya tinggal bersama kakek dan neneknya saja, meski sebenarnya ia masih memiliki orang tua kandung. Alasan ia tidak tinggal bersama orang tuanya adalah karena orang tuanya telah berpisah.

Ia juga seorang pekerja keras, dimana saat ia masih bersekolah di SMP Negeri 1 Ruteng Cancar, ia selalu membantu neneknya untuk mendapatkan uang setiap pulang sekolah. Ia biasanya akan mencari makanan babi dan menjual ikan dimana ia mendapatkan uang sebanyak Rp 20.000 per harinya.

Betrand bertemu dengan Ruben Onsu pertama kali pada 10 April 2019 di acara Brownis, dimana ia belum menjadi anak pertama Ruben Onsu dan Sarwendah. Pada kesempatan itu dia menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi akibat videonya yang viral di media sosial. Meski awalnya hanya ingin menjadi produser dari Betrand, 

Ruben akhirnya ingin menjadikan Betrand anaknya dan hal tersebut disambut baik oleh Sarwendah. Setelah melewati proses adat dan hukum, Betrand akhirnya resmi menjadi anak dari Ruben Onsu. pada 5 Oktober 2019, Ruben dan keluarga datang ke NTT untuk mengunjungi keluarga Betrand demi menjalankan adat sebagai permohonan izin untuk membuat Betrand menjadi anaknya.

Setelah itu, Ruben dan Sarwendah memiliki izin secara adat tapi belum secara hukum dimana mereka harus menunggu keputusan pengadilan. Akhirnya setelah proses yang panjang, pada 15 Oktober 2019, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan meresmikan Betrand sebagai anak dari Ruben Onsu dan Sarwendah.

Kasus atau Masalah Betrand – Polemik Keluarga

Betrand Peto yang merupakan anak asuh dari Ruben Onsu dan Sarwendah dituduh melupakan keluarganya yang ada di Nusa Tenggara Timur, meski begitu Betrand tidak mengakuinya. Berikut adalah kronologi dari permasalahan tersebut. Dilihat dari channel Youtube Ruben Onsu The Family, ibu kandung Betrand mengatakan kekecewaannya lewat pesan. Pesan itu membuat Ruben kesal karena keluarga Betrand yang ada di NTT terlalu sering membahas soal uang. Berikut adalah faktanya.

1. Ibu kandung Betrand suka meminta pulsa

Ruben Onsu mengatakan hal tersebut ke publik lewat channel Youtubenya. Ia memberi lihat pesan yang ia dapat dari keluarga Betrand dimana pengirim pesan itu kecewa karena Betrand tidak mau memberikan pulsa kepadanya. Ruben juga turut kesal dengan ibu kandung Betrand dimana tujuannya menelpon Betrand selalu ada makna tertentu di baliknya.

Ruben mengatakan jika keluarganya benar rindu dengan Betrand, hubungilah dengan sapaan dan jangan ada tujuan lain di baliknya. Ruben mengaku sedih setiap ada telepon yang datang ternyata berujung dengan hal yang lain. Ia tidak membolehkan Betrand untuk membeli bahkan satu butir garam dan perlengkapan dirinya, karena ini adalah bekal untuknya nanti.

2. Betrand mengaku membenci orang tua kandung

Betrand mengaku merasa sedih dan trauma yang mendalam kepada orang tua kandungnya. Ruben mengatakan kalau anaknya itu pernah membeci orang tua kandungnya. Ia merasa kalau trauma Betrand itu cukup berbahaya karena ia bisa membenci atau menjadi seorang yang pemarah. Namun Ruben dan Sarwendha berusaha untuk membuat Betrand tidak membenci orang tua kandungnya. Ia harus menjadi anak yang sayang papa dan mamanya.

3. Minta bantuan psikolog

Betrand sempat membenci Ruben saat dinasihati. Bahkan ia pernah mengembalikan Betrand Peto ke orang tua kandungnya. Ia pernah mengatakan kalau jika Betrand tidak menurut katanya, Betrand harus pulang karena ia tidak ingin memiliki anak yang durhaka. Namun Betrand merasa kalau Ruben tidak mengerti perasaannya. Ruben tidak menyerah begitu saja, ia akhirnya berkonsultasi dengan psikolog supaya bisa lebih bisa mengerti perasaan yang Betrand rasakan.

4. Betrand kecewa dibilang lupa keluarga yang ada di NTT

Betrand cukup terganggu dengan perkataan yang dilontarkan keluarnya dari NTT yang mengatakan kalau ia lupa keluarga. Padahal ia tidak pernah lupa mengirimkan uang untuk mereka. Ia juga mengaku kalau ia masih sering berhubungan dengan mereka.

Tidak mungkin menurutnya untuk terus mengirimkan uang hasil kerja kerasnya jika ia sudah melupakan mereka. Betrand akhirnya membandingkan Ruben dan Sarwendah dengan keluarganya dimana mereka tidak pernah meminta uang kepada Betrand padahal semua yang ia miliki hampir sebagian besar dibantu oleh keduanya.

Ia cukup sedih dengan keluarganya yang terlalu sering meminta uang padahal ia butuh kasih sayang dari mereka. Ia mengatakan hal tersebut sambil menahan tangisnya.

Bupati Kamelus Berikan Beasiswa

Bupati Manggarai memberikan beasiswa kepada Betrand Peto yang memiliki nama asli Alfonsus Toribio Tenkudi karena kemampuannya dari bidang tarik suara. Ia sempat tampil di acara televisi dengan menyanyikan lagu Ayah dari Ebiet G. Ade.

Suara Betrand yang indah membuatnya diundang ke upacara Hari Pendidikan Nasional oleh Bupati Manggarai pada tanggal 2 Mei 2019. Disana Betrand menyanyikan dua lagu dan mendapatkan sambutan yang baik dari mereka yang hadir di sana.

Prestasi yang didapatkan Betrand ini diberitahukan oleh Kepala Sekolah SMP 1 Ruteng Cancar. Ia mengaku sangat bangga dengan Betrand karena prestasinya ini membawa nama keluarga, sekolah, dan Manggarai menjadi lebih baik. Betrand mendapatkan beasiswa dari Bupati Manggarai dari SMP hingga SMA karena prestasinya di bidang seni.

Prestasinya ini juga membuat Betrand menjadi Duta Seni SMP 1 Ruteng Cancar. Hal ini dilakukan guna sebagai motivasi dan dorongan bagi teman-teman yang ada di sana supaya bisa meningkatkan prestasi mereka.

Kebanggaan Ruben atas Betrand Peto

Ruben Onsu dan Sarwendah kembali memberikan Betrand Peto hadiah mahal. Hadiah ini diberikan setelah Betrand memenangkan lomba fashion show di sekolah. Betrand diketahui telah memenangkan juara satu peragaan busana adat di sekolahnya.

Kejadian ini diunggah pada kanal Youtube The Onsu pada 1 November 2019. Betrand tampil di acara tersebut sambil mengenakan pakaian adat Sumatera Utara berwarna biru. Ia berjalan dengan percaya diri di panggung, dan tidak lupa sambil mengucapkan beberapa kata Sumatera Utara.

Betrand Peto yang merupakan anak dari Ruben Onsu tampil dalam acara Kontes Dangdut Indonesia 2020 di Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ia tampil pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020. Di sana ia menyanyikan lagu Jadilah Bintang sambil mengenakan celana biru dongker dan kemeja kotak-kotak.

Ia juga menari mengikuti gerakan penari latar saat ia bernyanyi. Ayahnya, Ruben Onsu, juga turur hadir di acara tersebut mengingat ia yang akan menjadi pemandu acara KDI 2020. Ruben langsung berlari ke arah panggung setelah melihat Betrand bernyanyi.

Ia memeluk dan mencium Betrand Peto sambil meneteskan air mata bangga di atas panggung. Ia mengatakan kalau ia senang, bangga, terharu, dan merasa Betrand sangatlah keren. Di sana Ruben juga mengenakan pakaian yang senada dengan Betrand.

Sambil mengecup kening Betrand lagi, Ruben mengatakan kalau dipercaya menjadi pengisi jingle KDI 2020 adalah hal yang sangat berharga dan langka. Ia sangat berterima kasih kepada MNC TV karena ia tidak pernah merasa anaknya bisa diberikan kesempatan sebesar ini.

Penghargaan

Anugerah Dangdut Indonesia 2019 kategori Penyanyi Cilik Paling Viral

Mom And Kids Awards 2020 kategori Idola Kesayangan

Anugerah Dangdut Indonesia 2020 kategori Penyanyi Viral Paling di Hati

Shopee Super Awards kategori Super Influencer

Nominasi Kiss Awards 2020 kategori Pendatang Baru Terkiss

Prestasi

Pengisi Jingle Kontes Dangdut Indonesia 2020 (2020)

Juara 1 : “Pemilihan Uni & Uda Percik” Gebyar Budaya Nusantara (2019)

Diskografi

Album Studio:

1. Malaikat Penjagaku (2020)

Singel/Lagu:

1. Pemenang Hidup Cipt. Aditya Gumay (2019)

2. Sahabat Kecil Cipt. Charly Van Houten (2019)

3. Kamu Berhak Bahagia ft. Sarwendah Tan Cipt. Ressa Herlambang (2019)

4. Deritaku Cipt. Ferdy Peto 2020

5. Malaikat Penjagaku Cipt. Betrand Peto Putra Onsu 2020

6. Jaga Perasaan Cipt. Aditya Gumay 2020

7. Bapak ft. Saka dan Seika Cipt. Didi Kempot 2020

8. Happy Family ft. Sarwendah Tan & Thalia Putri Onsu Cipt. Aditya Gumay 2020

9. Anak Nusantara ft. Sarwendah Tan Cipt. Wendy 2020

10. Apa Salah dan Dosaku Cipt. Bartje Van Houten 2020

11. Bulan Bintang Cipt. Indra Frizy 2020

12. Sewu Siji ft. Saka dan Seika Cipt. Didi Kempot 2020

13 Sekali Lagi Cipt. Saykoji 2021

14. Kita Semua Sama Cipt. Indra Frizy 2021

15. Salah Mencintai Cipt. Betrand Peto Putra Onsu 2021

16. Deritaku 나의 아픔 (versi Korea)” Cipt. Ferdy Peto, Translate by. 근형 Geunhyung & Vita Karnadi

Sitkom:

Rumah Ruben (2020-2021) sebagai Onyo

Web Seri:

Rumah Kasih sebagai Peto di produksi Sanggar Ananda Kawula Muda pada saluran MOP Channel YouTube

Acara TV:

Konser dan Musikal

Konser Musik Cikini Klasika (2019)

My Trip My Adventure (2019-2020)

Kontes Dangdut Indonesia 2020 (2020)

Playtime (2020)

Romansa Cinta (ANTV, 2020)

Kilau Konser Betrand jilid 2 (MNCTV, 2020)

Kilau Konser Betrand Peto Putra Onsu (MNCTV, 2020)

Happy Day (2021-sekarang)

Kilau Konser Betrand jilid 3 (MNCTV, 2021)

Acara Realitas:

Cerita si Ruben (2020)

Kakak Beradik Podcast (2020-sekarang)

Diary The Onsu (2020-sekarang)

Menebar Berkah ala Bensu (2020-2021)

Model Vidio Klip:

Ibunda – Sarwendah (2019)

Bisnis:

Ayah & Onyo (piyama)

Iklan dan Duta Merek:

Bata

Beby Cream

Ruangguru

Fakta Betrand Peto

Ruben Onsu baru saja memiliki anggota keluarga baru, yaitu anaknya Betrand Peto. Ia menganggap Betrand sebagai anak pertamanya. Hadirnya Betrand membawa keseruan baru di keluarga Ruben. Ia menganggap Betrand sebagai penghibur hatinya, Sarwendah, juga kedua anaknya. Betrand juga diketahui sering bermain dengan Thalia yang membuatnya semakin senang. Ruben juga sedang mengembangkan bakat bernyanyi Betrand. Berikut adalah fakta Betrand, anak pertama Ruben Onsu.

Baca Juga: Anggun C. Sasmi: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Dari Manggarai, NTT

Betrand adalah remaja yang berasal dari NTT, ia sempat bertempat tinggal di Desa Cancar, Manggarai, NTT. di Jakarta, ia akan mengembangkan kemampuan bernyanyinya.

Suka bernyanyi

Ia sangat suka bernyanyi. Sebelum bertemu Ruben, ia sering bernyanyi di organ tunggal. Hal ini bisa dilihat di akun Youtubenya. Vokalnya sendiri terbilang cukup matang untuk anak umur 13 kala itu.

Hanya tinggal bersama kakek dan nenek di NTT

Meski masih memiliki orang tua kandung, Betrand Peto hanya tinggal dengan kakek neneknya. Ruben sendiri sempat bertanya mengenai hal tersebut di acara Brownis. Betrand menjawabnya kalau orang tuanya sudah berpisah.

Sepulang sekolah langsung bekerja

Ia merupakan seseorang yang pekerja keras. Setiap ia pulang sekolah dari SMP 1 Ruteng Cancar, ia selalu membantu neneknya mendapatkan uang dengan mencari makanan babi dan menjual ikan dimana ia akan mendapatkan Rp 20.000 dari hasil jualannya itu.

Video viral

Karena suka bernyanyi, paman Betrand sering merekamnya dan mengunggahnya di Youtube. Salah satu video yang diunggah, berhasil viral di media sosial. Video tersebut berisi Betrand Peto yang menyanyikan lagu Titip Rindu Buat Ayah. video ini membawanya ke acara Brownis yang dipandu oleh Ruben dan disana ia bisa menunjukkan kemampuannya bernyanyi.

Meluncurkan Single di Jakarta

Pertemuannya dengan Ruben membawa Betrand dilirik untuk menyanyikan lagu MOP milik ruben. Musisi Charly van Houten digandeng untuk membuat lagu Sahabat Kecil milik Betrand. Karir Betrand sendiri langsung berkembang dan ia sempat berduet dengan Judika dengan lagu Jikalau Kau Cinta yang sempat menjadi trending nomor 2 di Youtube.

Anak laki-laki pertama Ruben Onsu

Bukan hanya sebagai produser Betrand Peto, Ruben menganggapnya menjadi anaknya, sama halnya dengan Sarwendah. Keduanya mengaku sudah sangat akrab dengan Betrand. Bahkan anaknya Thalia sekalipun juga sudah berteman baik dengannya. Ruben akhirnya memutuskan untuk membuat Betrand menjadi anaknya. Ia mengaku tidak hanya akan membantu Betrand dalam bernyanyi tapi juga bidang akademik.

Mata Mata Musik's Newsletter