×
×

Search in Mata Mata Musik

Beyoncé & Jay-Z Duduk Diam Saat Demi Lovato Bawakan Lagu Nasional Di Super Bowl

Posted on: 02/4/20 at 11:03 am

JAY-Z, BEYONCE & BLUE IVY AT SUPER BOWL 54
Jay-Z, Beyonce dan putri mereka, Blue Ivy, menonton Super Bowl 54 antara San Francisco 49ers dan Kansas Cirt Chiefs di Stadion Hard Rock, Miami pada hari Minggu, 2 Februari 2020. (Foto: Kyle Terada/USA TODAY Sports)

Beyoncé dan Jay-Z tampaknya telah membuat pernyataan politis selama pertandingan Super Bowl 2020 pada hari Minggu malam lalu. Selama penampilan Demi Lovato yang membawakan lagu kebangsaan Amerika Serikat (AS), Beyoncé dan Jay-Z terlihat tetap duduk menurut cuplikan video yang diperoleh dari TMZ.

Baca juga: Upaya Beyonce Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Sebagai Seorang Ibu

Video itu menjadi viral di internet, dengan banyak netizen yang beranggapan bahwa Beyoncé dan Jay-Z tidak tahan untuk menunjukkan solidaritas mereka bersama dengan aksi beberapa pemain NFL yang protes dengan cara berlutut di pinggir lapangan. Aksi protes berlutut di pinggir lapangan ini dimulai oleh mantan gelandang San Francisco 49ers, Colin Kaepernick, yang pertama kali berlutut pada saat berlangsungnya lagu kebangsaan AS pada tahun 2016.

Aksi Colin Kapernick telah memicu gerakan di antara banyak pemain NFL lainnya, yang mulai berlutut di pinggir lapangan untuk memprotes penindasan ras dan kebrutalan polisi yang sedang marak terjadi di Amerika. Protes ini memicu perdebatan skala nasional dan bahkan Presiden Trump ikut memberi opininya. Pemilik NFL akhirnya menyetujui kebijakan baru yang memungkinkan para pemain untuk tinggal di ruang ganti selama berjalannya lagu kebangsaan AS ‘The Star-Spangled Banner’, tetapi mengharuskan mereka untuk berdiri – dan tidak berlutut – jika mereka mau berada di lapangan.

Video rekaman HP tersebut menunjukkan Jay-Z bersama istrinya Beyoncé  dan putri mereka, Blue Ivy, tetap duduk saat Demi Lovato menyanyikan lagu kebangsaan di lapangan yang tidak terlalu jauh di bawah pandangan mereka. Beberapa orang lain di daerah itu juga duduk. Tidak jelas apakah ada yang sengaja memprotes dengan tetap duduk selama lagu itu atau ada maksud lain.

Jay-Z bekerjasama dengan NFL dan ikut memproduksi acara halftime tahun ini. Tahun lalu, NFL bersama dengan perusahaan perwakilan hiburan dan olahraga milik Jay-Z mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama untuk berbagai acara dan aktivisme sosial. NFL mengatakan bahwa akan menggunakan perusahaan Roc Nation milik Jay-Z untuk berkonsultasi tentang presentasi hiburan mereka, termasuk pertunjukan halftime Super Bowl, dan juga bekerjasama dengan perusahaan milik suami Beyoncé  itu untuk “memperkuat komunitas melalui musik dan kampanye inisiatif Inspire Change milik NFL”.

Baca juga: Akankah Beyoncé Tandingi Perolehan Grammy Alison Krauss Tahun Ini?

Sebelum kesepakatan itu terjadi, Jay-Z telah menolak berbagai undangan untuk tampil di Super Bowl, sama seperti yang dilakukan oleh Rihanna. Dia telah menjadi pendukung kuat Colin Kaepernick, dan Jay-Z telah dikritik karena kesepakatan NFL dengan perusahaannya, yang dilihat banyak orang sebagai sebuah keputusan yang kontradiktif dengan keyakinannya dan dukungannya terhadap aksi protes Colin Kaepernick.

Satu hari sebelum Super Bowl, Jay-Z menegaskan posisi di mana ia berdiri dengan NFL dan Colin Kaepernick. “Tidak ada yang mengatakan bahwa dia (Kaepernick) telah diperlakukan dengan baik. Dia telah diperlakukan dengan buruk”, ujar Jay-Z kepada The New York Times, Sabtu lalu. “Saya akan mengerti jika itu tiga bulan yang lalu. Tapi ini terjadi tiga tahun yang lalu dan seseorang perlu mengatakan, ‘Apa yang kita lakukan sekarang – karena orang-orang masih banyak yang sekarat?'”.

Baca juga: Beyoncé Kantongi 4 Nominasi di Grammy Awards 2020

Jay-Z juga mengatakan bahwa “selama masih banyak orang yang dilukai dan dipinggirkan dan kehilangan anggota keluarga mereka, maka ya, saya bisa mengambil beberapa reputasi pers yang negatif”. Jay-Z telah lama menjadi vokal tentang keadilan hukum dan reformasi penjara. Pada awal tahun ini, Jay-Z bekerja dengan sesama rapper Yo Gotti untuk menyewa perwakilan untuk para narapidana di Mississippi, setelah beberapa orang dilaporkan meninggal di penjara negara bagian tersebut pada awal tahun ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pharrell Williams dan Jay-Z

Lagu Kolab Baru Pharrell Williams dan Jay-Z Angkat Citra Pengusaha Kul...

Pharrell Williams dan Jay-Z. (Foto: via CNN). Dua raksasa hip-hop, Pharrell Williams dan Jay-Z telah merilis lagu kolaborasi terbaru mereka, yang pertama da

on Aug 22, 2020
Jay-Z

Jay-Z Dirikan Roc Nation University, Sekolah Profesional Hiburan dan O...

Jay-Z. (Foto: Getty Images). Jay-Z akan meluncurkan Roc Nation University di New York, Amerika Serikat (AS), menandakan langkah pertamanya ke dalam ranah bi

on Aug 8, 2020
Beyonce

Berkultur “Black”, Beyoncé Rilis MV ‘Already’ Fitur Major Laz...

Beyonce dalam MV 'Already'. (Foto: YouTube). Album visual Beyoncé, Black Is King, baru saja dirilis pada Jum’at (31 Juli) lalu, bersama dengan MV (Music

on Aug 1, 2020
Kanye West

Untuk Kampanye Presiden AS-nya, Kanye West Ingin Rekrut Jay-Z Sebagai ...

Kanye West dan Jay-Z. (Foto: via Roc Nation). Kanye West sepertinya ingin membuat kampanye kepresidenannya semakin viral nih. Menyusul acara kampanye yang e

on Jul 22, 2020