×
×

Search in Mata Mata Musik

Big Hit Rilis Pernyataan Tentang Sample Pidato Aliran Sesat Di Lagu Suga (BTS)

Posted on: 06/1/20 at 7:30 am

Suga (BTS).
Suga (BTS). (Foto: Soompi).

Pada 31 Mei, label musik yang menaungi boyband K-pop BTS dan Tomorrow X Together, Big Hit Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi tentang penggunaan sample kontroversial dalam lagu ‘What Do You Think?’ dari mixtape terbaru Suga dari BTS (proyek solonya di bawah moniker Agust D), D-2.

Sample yang dipermasalahkan itu berasal dari pidato Jim Jones tahun 1977, Jim Jones adalah seorang pemimpin aliran sesat di Amerika Serikat (AS) yang bertanggung jawab atas kasus bunuh diri massal di sebuah wilayah terpencil yang dikenal dengan “Jonestown”.

Baca Juga: Suga (BTS) Jelaskan Arti Di Balik Video Musik Agust D Barunya, ‘Daechwita’

Pernyataan Big Hit Entertainment berbunyi sebagai berikut:

“Halo, ini adalah Big Hit Entertainment. Ini adalah pernyataan resmi kami tentang masalah mixtape Suga dari BTS.

Sample vokal pidato dalam pembukaan lagu ‘What Do You Think?’ pada mixtape dipilih tanpa maksud khusus oleh produser musik yang bekerja di lagu itu, yang tidak mengetahui identitas sang pembicara dan menggunakan sample demi suasana keseluruhan lagunya.

Setelah sample pidatonya dipilih, perusahaan menjalani proses internal kami dan melakukan prosedur untuk mengulas kesesuaian kontennya. Namun, dalam proses pemilihan dan pengulasan, kami melakukan kesalahan karena tidak mengenali ketidakpantasan dalam konten dan termasuk sample dalam lagu itu.

Big Hit Entertainment memiliki proses untuk mengulas konten beragam kami yang ditargetkan terhadap audiens global untuk masalah sosial, budaya, dan historis yang potensial. Namun, kami menghadapi kenyataan bahwa ada batasan untuk memahami dan merespons dengan tepat untuk setiap situasinya. Dalam hal ini, kami tidak dapat mengenali masalah sebelumnya dan menunjukkan kurangnya pemahaman tentang masalah historis dan sosial yang relevan. Kami mohon maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman atau terluka karena ini.

Big Hit Entertainment telah menghapus bagian dari lagu tersebut dan merilis ulang versi barunya.

Sang artis juga merasa malu dan sangat bertanggung jawab atas masalah yang muncul di area yang (sebelumnya) tidak dia pertimbangkan ini.

Big Hit Entertainment akan menggunakan kejadian ini sebagai pelajaran untuk menjalankan proses produksi musiknya secara lebih menyeluruh”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    Enhypen boygroup

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Produser K-Pop Jenius

    Produser K-Pop Jenius Yang Menghasilkan Segudang Lagu Hits

    Produser K-pop. Yup, orang di balik layar inilah 'mastermind' kesuksesan seorang penyanyi atau sebuah grup K-pop. Produksi musik adalah proses yang sangat

    on Sep 8, 2021