×
×

Search in Mata Mata Musik

BIGBANG dan Pahit Manis Kiprah Mereka di Kancah Musik

Posted on: 10/28/19 at 11:19 am

Setelah berhasil melewati kutukan ‘5 tahun’ yang melekat pada grup-grup idola K-Pop dan bertahan lebih dari satu dekade, mampukah BIGBANG kembali melaju dengan kondisi yang timpang seperti saat ini?

Kebangkitan BIGBANG

Perjalanan BIGBANG sebagai grup idola resmi bermula pada Agustus 2006. Grup di bawah naungan label YG Entertainment ini awalnya direncanakan memiliki enam anggota: G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, Seungri dan Hyun-seung, sebelum akhirnya melepas Hyun-seung pradebut. 

Album debut mereka, Bigbang Vol. 1, dirilis di tahun yang sama dan mendapat sambutan yang hangat dari publik Korea Selatan. Namun baru di tahun 2007 lah nama BIGBANG benar-benar meledak lewat lagu “Lies,” dari EP pertama grup Always. Lagu tersebut sukses memuncaki berbagai tangga lagu musik Korea Selatan dan memenangkan beberapa penghargaan di ajang bergengsi negara itu.

Baca Juga: Misfits Tampil Ciamik dalam Konser Reuni di Madison Square Garden

Dua tahun sejak debut, mereka pun menjajal peruntungan di industri musik negara tetangga, Jepang, dan merilis empat album studio: Big Bang (2009), Big Bang 2 (2011), Alive (2012), and Made Series (2016)—yang semuanya mendapat sertifikat Gold dari Recording Industry Association of Japan.

Usai mengukuhkan posisi mereka di barisan atas musisi top di Jepang, grup ini kembali ke Korea di 2011 untuk merilis EP keempat mereka, Tonight, yang membuat mereka membawa pulang penghargaan Best Worldwide Act pertama di ajang MTV Europe Music Awards 2011. Kemenangan tersebut menandai awal mula kebangkitan boyband ini di luar Asia.

BIGBANG kembali membuktikan kehebatannya, kini dengan EP kelima mereka, Alive, yang mendarat di 2012. EP itu berhasil menjadi album berbahasa Korea pertama yang masuk dalam daftar Billboard 200. 

Meski sempat mengalami hiatus selama dua tahun, comeback mereka dengan proyek single untuk album MadeM, A, D, dan E di 2015 membuktikan kebesaran mereka melalui serentetan penghargaan dan bertenggernya beberapa lagu di tangga musik dunia.

BIGBANG
BIGBANG saat tampil di Dalian, Tiongkok dalam Made World Tour mereka di 2015.

Baca Juga: 10 Penjualan Album K-Pop Pria Terlaris pada 2019

Namun, seperti yang sudah biasa terjadi di ranah K-pop, laju BIGBANG harus tersendat karena wajib militer…dan berbagai skandal lainnya.

BIGBANG: Wamil dan Skandal

Pada Februari 2017, T.O.P menjadi personil pertama BIGBANG yang masuk dalam program wajib militer (wamil) Korea Selatan dan resmi menjalankan tugasnya sebagai perwira polisi. Meski demikian, keempat personil BIGBANG lainnya tetap lanjut bermusik tanpa T.O.P selama setahun.

Namun beberapa bulan setelah dimulainya wamil T.O.P, muncul kabar tidak sedap seputar penggunaan substansi ilegal jenis ganja oleh sang idola. Pada akhir Juni, dalam sidang pertamanya, T.O.P mengaku bersalah atas tuduhan penggunaan ganja yang terjadi beberapa kali pada Oktober 2016. Hal ini membuatnya harus membayar denda dan dipindahkan menjadi pekerja layanan publik. 

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Spotify Bagus Buat Kamu

Setahun kemudian, tiga personil BIGBANG—G-Dragon, Taeyang dan Daesung—menyusul T.O.P menjalani wajib militer mereka.

Selama masa baktinya, G-Dragon (ketua BIGBANG) sempat dituduh mendapat perlakuan khusus dan menghindar dari pelaksanaan tugasnya karena terus-terusan mengeluh sakit dan dirawat di kamar khusus untuk kolonel.

Ditinggal sendirian, Seungri justru berhadapan dengan kontroversi mengejutkan yang membuatnya pensiun dini dari dunia hiburan. Pria berusia 28 tahun ini, yang memiliki segudang bisnis sampingan termasuk klub dan restoran, diketahui terlibat dalam pemasokan obat-obatan terlarang dan tunasusila kepada tamu-tamu penting atau calon investornya. 

Skandal tersebut bahkan sempat membuat pasar K-pop anjlok, dengan saham YG merosot sebesar 14 persen.

Masa Depan BIGBANG

Terlepas dari skandalnya, T.O.P mampu menyelesaikan wamilnya pada 8 Juli lalu. G-Dragon pun juga baru saja mengakhiri masa baktinya, tepatnya pada 26 Oktober kemarin. Sementara itu, Daesung dan Taeyang baru akan keluar bulan depan.

Namun dengan kembalinya mereka, apakah masa depan BIGBANG lantas terjamin? Apakah G-Dragon, T.O.P, Taeyang dan Daesung akan melanjutkan langkah mereka sebagai grup dengan empat anggota? Atau, akankah mereka menambah satu anggota untuk menggantikan Seungri?

Baca Juga: Ulang Tahun Jimin BTS ke-24 Tiba, 5 Momen Istimewa Ini Hadir!

Untuk saat ini, sulit menebak arah mana yang akan dituju grup ini. 

Pasalnya, dalam postingan di Instagram pada 13 Oktober yang sekarang sudah dihapus, T.O.P mengungkapkan “tidak punya rencana untuk kembali (ke bisnis hiburan).” Namun, pernyataan tersebut masih belum dikonfirmasi pihak YG.

Selain T.O.P, G-Dragon mengisyaratkan hal serupa, juga melalui postingan di Instagram. Ia menuliskan, “Hiduplah untuk dirimu sendiri. Biarkan dunia berjalan tanpamu. Dunia tidak berakhir tanpamu. Jangan menganggap dirimu terlalu serius.”

Pernyataan keduanya membuat berbagai fans meragukan adanya comeback BIGBANG.

Terkait personil baru, BIGBANG sudah berkecimpung sangat lama dalam industri ini, sehingga sebenarnya mereka tidak terlalu perlu menambahkan satu anggota baru untuk mendorong grup ini bersaing dengan grup-grup idola baru seperti BTS.

Lagipula, aneh rasanya melihat anggota baru dalam kubu BIGBANG karena mereka sudah berkarier bersama selama kurang lebih 13 tahun. Toh, BIGBANG pernah berjalan selama setahun sebagai kuartet dan mereka baik-baik saja.

Bagaimana pun hasil akhirnya, comeback atau tidak, yang pasti para VIP (sebutan bagi fanbase mereka) akan tetap mendukung dan menerima band ini apa adanya. 

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Fandom K-pop

Cara 15 Grup K-Pop Paling Populer Menentukan Nama Fandom Mereka

Fandom atau fanbase adalah kumpulan/basis penggemar/fans. Tiap artis atau grup memiliki fandom dengan namanya masing-masing. Dan beberapa di antara grup K-

on Sep 8, 2020
BLACKPINK dan Selena Gomez

BLACKPINK x Selena Gomez 'Ice Cream' Rilis! Aksen Liriknya Ada Yang Mi...

Akhirnya saat yang sangat ditunggu-tunggu telah tiba! Single kedua pra-rilis BLACKPINK fitur Selena Gomez telah dirilis MV (Music Video)-nya di YouTube dan

on Aug 28, 2020
Selena Gomez

Selena Gomez Resmi Umumkan Kolaborasinya Dengan BLACKPINK

BLACKPINK / Selena Gomez. Tuh 'kan feeling kita semua juga Selena Gomcez...eh...Gomez. Tabir telah terbuka siapa artis yang bakal berkolaborasi dengan BLACK

on Aug 12, 2020
Lagu K-Pop Berbahasa Inggris

15 Lagu K-Pop Berbahasa Inggris Yang Esensial Untuk Didengar!

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Seperti yang sudah diberitakan di mana-mana, boyband K-pop sejuta umat BTS sedang mempersiapkan perilisan single berbaha

on Jul 31, 2020