×
×

Search in Mata Mata Musik

Bikin Haru! BTS Kirim Motivasi Untuk ARMY Lewat Surat Yang Menguatkan

Posted on: 09/18/20 at 6:00 am

Bikin Haru! BTS Kirim Motivasi Untuk ARMY Lewat Surat Yang Menguatkan
BTS. (Foto: John Shearer).

BTS nampaknya nggak akan pernah berhenti menerangkan dunia dengan cahaya jiwa mereka yang selalu memancarkan energi positif nan inspiratif. Selain dikenal sebagai grup K-pop paling sukses yang pernah muncul dari Korea Selatan tepatnya dari kota Seoul, BTS telah menjadi fenomenal global yang terus berusaha mewujudkan perubahan melalui pesan-pesan penuh motivasi untuk memenuhi harapan dunia. Contohnya pada bulan Juni lalu, BTS dan label mereka Big Hit Entertainment menyumbangkan US$ 1 juta (sekitar Rp 14 miliar) untuk gerakan anti-rasis Black Lives Matter, disusul kemudian fanbase loyal mereka, BTS ARMY ikut melakukan donasi dengan jumlah yang sama.

Baca juga: Di Acara ‘The Today Show’, BTS Ungkap Rasa Kangen Beratnya Bertemu BTS ARMY

Single terbaru para Bangtan Boys ini, ‘Dynamite’, secara mengesankan telah memecahkan banyak rekor dunia, salah satu yang paling mengagumkan adalah saat video musik ‘Dynamite’ menjadi video YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam. Lagu bernuansa disko pop itu juga menjadi lagu No. 1 pertama BTS di chart Billboard Hot 100, mengumpulkan 33,9 juta unit streams di Amerika Serikat (AS) hanya dalam satu minggu dan menjadikan mereka sebagai grup Korea Selatan pertama yang pernah memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

Namun, semua kesuksesan yang dialami BTS belakangan ini justru membuat mereka semakin merasa rendah hati dan bersyukur atas segala dukungan dan ucapan selamat yang mereka terima dari fans.

Dalam sebuah surat eksklusif yang ditulis melalui Vogue, ketujuh anggota BTS, RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook mengungkapkan bagaimana melalui berbagi cerita mereka dapat memberikan harapan dan kenyamanan bagi diri mereka sendiri dan fans mereka selama beberapa bulan yang sulit ini akibat pandemi virus Corona.

Mari kita baca isi surat dari BTS di bawah ini:

Kita semua tumbuh dengan cerita. Kadang-kadang, itu adalah dongeng yang dibacakan untuk kita saat kita sedang berbaring di tempat tidur, dibujuk ke dalam selimut kita dengan janji para pahlawan yang sakti atau menang mengatasi kesulitan dengan ketahanan dan kekuatan yang luar biasa. Di lain waktu, itu hanyalah cerita di media: film dan sitcom (komedi situasi), artikel berita, atau rilisan terbaru dari artis favorit kita. Kisah-kisah ini adalah suara yang kita dengar hari ini saat kita tumbuh dewasa, menanamkan nilai-nilai dalam diri kita, dan membentuk cara kita memandang dunia.

Dunia saat ini nggak terlalu sempurna. Masa ini sangat sulit dan cepat berubah-berubah. Kami, juga, telah berjuang dalam kesulitan tahun ini dan harus meninggalkan rencana kami. Kami putus asa dan kesal. Nggak akan ada tur. Kesempatan untuk berbagi semangat dan karya-karya kami dengan fans yang sangat mendukung kami dirampas dari kami untuk waktu yang nggak terbatas. Kami masih memikirkan rilisan album Februari kami, MAP OF THE SOUL: 7, dan betapa kami sangat berharap bisa menampilkan (lagu) ‘ON’ di atas panggung di antara sorakan yang bergemuruh, lampu yang menyala terang, suara dram yang menggelegar, dan teriakan puluhan ribu orang yang ikut bernyanyi. Kami berusaha semaksimal mungkin, dan fans kami pasti akan menyukainya. Kami berbagi perasaan kecewa, kehilangan, dan hampa ini dengan dunia. Kami memahami kesulitan yang kalian hadapi, bahkan jika kami nggak bisa memahami itu secara mendalam. Terlepas dari itu, kami mendukung kalian.

Saat tujuh pemuda menceritakan kisah pertumbuhan kami sendiri melalui media pilihan kami – musik – kami nggak berani membayangkan bahwa sejak awal akan ada begitu banyak orang dari seluruh dunia yang memahami dan membagikan pesan kami. Kami sangat beruntung dengan cinta yang kami miliki dan masih kami terima. Ini adalah cinta yang begitu besar sehingga kadang-kadang masih terasa nggak nyata. Bagaimana kami bisa membayangkan bahwa kami akan berkeliling stadion di seluruh dunia dan mendengar massa yang nggak terhitung jumlahnya dari segala usia dan kebangsaan meneriakkan lagu-lagu kami kembali kepada kami? Itu adalah suatu perasaan indah yang benar-benar nggak bisa dijelaskan lewat kata-kata.

Kami tumbuh menjadi lebih dari yang kami harapkan. Dan karena semakin banyak orang bernyanyi dan menari mengikuti musik kami, kami nggak hanya merasa lebih bersyukur tetapi juga lebih sadar bahwa ada begitu banyak orang di luar sana yang terpengaruh dan terinspirasi oleh kata-kata dan pesan kami. Kami, BTS, hanyalah tujuh pemuda yang tumbuh dan belajar seperti orang biasa lainnya di dunia, tetapi kami ingin memberi tahu kalian sesuatu: harapan ada di mana-mana, teruslah berjuang.

Baca juga: Sejarah Hari Kemerdekaan BTS ARMY!

Meskipun kami nggak bisa bertemu langsung dengan fans kami, kami dapat menjangkau mereka melalui konser online kami, BANG BANG CON: THE LIVE. Kami juga bisa menemukan waktu untuk berefleksi dan berkolaborasi di antara diri kami sendiri, mempersiapkan album baru di mana anggota kami telah memberikan lebih banyak masukan yang lebih kreatif daripada sebelumnya. Kami juga merilis single baru yang disukai dan dinikmati oleh fans kami di mana-mana. ‘Dynamite’ adalah contoh yang menyenangkan dan enerjik dari perjuangan kami dan terobosan yang sangat dibutuhkan yang bisa membantu kami berhenti merasa putus asa. Lagu itu adalah pesan harapan kami, dan kami beruntung bisa membagikannya kepada banyak orang.

Untuk BTS, cerita kami adalah musik kami. Kami merasa Bahagia saat kami tetap bisa bernyanyi dan tampil, dan kegembiraan kami datang dari fans kami yang luar biasa, ARMY, yang memberi kami pengalaman luar biasa dalam berbagi cerita dengan jutaan orang.

Sebagai tujuh individu, dunia kami terbentuk oleh cerita. Sekarang, sebagai grup yang terdiri dari tujuh orang, kami menceritakan kisah kami kepada dunia sebagai pesan yang menghibur dan penuh harapan. Dan kami berharap pesan ini juga sampai kepada kalian.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The...

Empat tahun setelah mereka pertama kali debut, BLACKPINK akhirnya merilis album full-length pertama mereka yang berjudul The Album. Terdiri dari delapan la

on Oct 28, 2020
Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020