×
×

Search in Mata Mata Musik

Billboard Indonesia Dan RCTI Mempersembahkan: Billboard Indonesia Music Awards 2020!

Posted on: 01/21/20 at 12:38 pm

BILLBOARD INDONESIA MUSIC AWARDS 2020

Untuk pertama kalinya di Asia dan Indonesia sebuah penghargaan musik kelas dunia, RCTI bersama Billboard Indonesia mempersembahkan Billboard Indonesia Music Awards 2020 sebagai ajang penghargaan dan bentuk apresiasi kepada musisi Indonesia yang selama ini telah memberikan dedikasi waktu dengan berkarya, menciptakan lirik dan lagu yang menjadi inspirasi banyak orang yang akhirnya masuk di Billboard Indonesia TOP 100.

“RCTI bersama Billboard Indonesia sangat bangga bisa mempersembahkan sebuah penghargaan musik kelas dunia untuk pertama kalinya di Asia dan Indonesia kepada musisi-musisi tanah air melalui Billboard Indonesia Music Awards. Billboard yang dikenal sebagai salah satu penggerak tangga lagu populer di bisnis musik dunia, menjadi barometer bagi para musisi atas kesuksesan karya lagunya. Semoga dengan hadirnya program Billboard Indonesia Music Awards ini dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para insan musik di tanah air” ujar Kanti Mirdiati, CEO RCTI.

Malam puncak perhelatan perdana Billboard Indonesia Music Awards 2020 akan disiarkan langsung oleh RCTI pada tanggal 26 Februari 2020 dengan penampilan dari para nominasi.

Latar belakang hadirnya penghargaan musik kelas dunia ini dimulai sejak pertama kali muncul dan menyapa pecinta musik di Indonesia, salah satu harapan terbesar yang disematkan pada Billboard Indonesia adalah munculnya tangga lagu kredibel yang tak hanya menjadi acuan lagu-lagu terpopuler saat ini tapi juga menjadi titik temu antar pelaku industri musik dan meningkatkan motivasi dunia bisnis musik dalam negeri yang terus berkembang.

Program Billboard Indonesia TOP 100 yang sejak diluncurkan edisi perdananya pada tanggal 25 September 2019 telah menjadi barometer 100 lagu terpopuler tiap minggu dari musisi Indonesia di semua lintasan genre yang diperingkat dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor.

“Harapan Billboard Indonesia dan RCTI dengan adanya Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini makin membuat musik Indonesia sehat dan tampil dengan beragam warnanya dan memberikan kesejahteraan yang baik dengan tata kelola musik di Indonesia yang transparan dan bertanggung jawab,” papar Adib Hidayat selaku Editor-in-Chief Billboard Indonesia.

Jumpa pers Billboard Indonesia Music Awards 2020 di MNC Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (20/1/2020) (Foto: Billboard Indonesia)

Pada tayangan perdana Billboard Indonesia Music Awards 2020, nominasi dari 13 kategori yang dikeluarkan (kecuali Lifetime Achievement Category) diperoleh dari penghitungan berbagai sumber data (Music Streaming Platform, Video Streaming Platform, Radio, Karaoke, Social Media Engagement (Twitter, Instagram, Facebook) untuk Top Social Artist Awards) selama periode Februari 2019 – Desember 2019.

Kemudian dilakukan proses vote selama periode 20 Januari – 20 Februari 2020 (jam 00.00 WIB) dari platform Instagram (offical RCTI), Facebook (fan page RCTI) dan aplikasi RCTI+ untuk menentukan pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Baca juga: Video Musik Artis Indonesia Terpopuler Selama 2019

Perhitungan hasil vote di platform sosial media dilakukan oleh lembaga independen Provetic. Data hasil perhitungan vote di semua platform dilakukan proses verifikasi oleh auditor independen untuk lebih menjaga independensi awarding ini.

VOTE TUTORIAL INSTAGRAM

  1. Follow Instagram @officialrcti
  2. Pilih posting-an kategori untuk vote
  3. Like posting-an tersebut
  4. Vote dengan cara comment di posting-an kategori yang ada dengan format: #VoteBIMA2020 (spasi) kode nominasi
  5. Satu akun berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulang lagi di hari selanjutnya.
  6. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 (pukul 00.00 WIB)

VOTE TUTORIAL FACEBOOK

  1. Like fan page RCTI.
  2. Pilih dan like posting-an kategori yang terdapat pada wall fan page.
  3. Vote dengan cara comment di posting-an kategori yang ada dengan format: #VoteBIMA2020 (spasi) kode nominasi.
  4. Satu akun berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulang lagi di hari selanjutnya.
  5. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 (pukul 00.00 WIB)

VOTE TUTORIAL APLIKASI RCTI+

  1. Download Aplikasi RCTI+ di PlayStore Atau di AppStore.
  2. Klik Special Banner BIMA 2020 (Billboard Indonesia Music Award 2020).
  3. Apabila tampil pop up ”Please Sign In Woops” klik Sign UP bila belum Register atau Sign In bila sudah register.
  4. Silahkan baca syarat dan ketentuan terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, vote dengan cara pilih kategori dan nominasinya.
  6. Satu akun hanya berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulang lagi di hari selanjutnya.
  7. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 ( pukul 00.00 WIB)

Syarat dan Ketentuan Voting Billboard Indonesia Music Awards 2020

  1. Sistem voting Billboard Indonesia Music Awards 2020 menggunakan sistem 1 akun dapat melakukan vote setiap kategori masing-masing 1 vote setiap hari. Apabila ingin melakukan vote di kategori yang sama, hanya dapat dilakukan keesokan harinya.
  2. Voters dapat melakukan voting melalui aplikasi RCTI+, Instagram RCTI (www.instagram.com/OfficialRCTI), Facebook Fan page Official RCTI (https://m.facebook.com/OfficialRCTI.TV).
  3. RCTI dan Billboard Indonesia berhak untuk mendiskualifikasi vote atau menunda vote jika terjadi kecurangan.
  4. RCTI dan Billboard Indonesia berhak mengubah, membatalkan, atau menangguhkan acara ini kapan saja.

NOMINASI LENGKAP BILLBOARD INDONESIA MUSIC AWARDS 2020

Top 100 Song of the Year (Kode: A)

Lagu yang menjadi nominasi kategori ini adalah lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 di setiap minggu sepanjang 2019 dengan variabel data meliputi: platform streaming musik, platform streaming video, data jaringan karaoke, data pemutaran radio, tanggal rilis.

Top Collaboration Song of the Year (Kode: B)

Lagu yang menjadi nominasi kategori ini adalah lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 dengan tanggal rilis antara pertengahan 2018 – 2019.

Top New Artist of the Year (Kode: C)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data platform streaming musik dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

Top Streaming Song of the Year (Video) (Kode: E)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data platform streaming video dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

Top Social Artist of the Year (Kode: F)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019. Musisi harus punya engagement tinggi di 3 media sosial utama di Indonesia: Twitter, Instagram, Facebook.

Top Male Singer of the Year (Kode: G)

Musisi yang masuk kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

Top Female Singer of the Year (Kode: H)

Musisi yang masuk kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

Top Duo/Group/Band of the Year (Kode: I)

Musisi yang masuk kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

Top Radio Airplay of the Year (Kode: J)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data pemutaran radio dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

Top Karaoke Song of the Year (Kode: K)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data jaringan karaoke.

Top Throwback Hits of the Year (Kode: L)

Musisi dan lagu yang masuk di kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019. Lagu berusia minimal satu dekade.

Top Lifetime Achievement 2019
Penghargaan bagi sosok musisi berpengaruh yang menoreh catatan khusus dalam dinamika industri musik Indonesia.

Tentang Billboard Indonesia TOP 100:

Billboard Indonesia Top 100 adalah daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre, di peringkat dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor.

Tentang Billboard Indonesia:

Billboard Indonesia yang berdiri sejak tahun 2018 adalah destinasi bagi siapa pun yang memiliki minat dalam industri musik serta bisnis musik. Terkenal luas karena asetnya, Billboard Indonesia TOP 100, Billboard Indonesia menjadi salah satu barometer utama musik Indonesia serta refleksi dari industri musik di Indonesia.

Tentang RCTI:

Mulai mengudara secara terestrial pada 24 Agustus 1989, RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) merupakan stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. Sebagai stasiun televisi yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, program-program RCTI melalui 53 stasiun relaynya disaksikan oleh lebih dari 191 juta pemirsa yang tersebar di 451 kota di seluruh Nusantara, atau 80.7% dari jumlah penduduk Indonesia. RCTI menyajikan acara-acara yang menarik dan bermutu sehingga menjadi televisi pilihan terbaik untuk hiburan dan informasi di Indonesia.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Ceritakan Reaksi Mereka Saat Lagu ‘Dynamite’ Jadi No.1 di Bill...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Tanggal 2 September lalu, BTS menggelar acara Online Global Media Day di mana mereka membahas bagaimana rasanya meraih p

on Sep 3, 2020
Taylor Swift 40 Lagu Hits Terbesar Billboard Hot 100.

40 Lagu Hits Terbesar Taylor Swift Dalam Chart Billboard Hot 100

Taylor Swift, queen of pop era 2000-an. Tak terasa, kiprah popstar yang satu ini telah memasuki usia ke-14 tahun, tepatnya dimulai pada saat Taylor Swift me

on Aug 2, 2020
BLACKPINK

5 Sejarah Baru Yang BLACKPINK Raih Berkat Kesuksesan ‘How You Like T...

BLACKPINK saat menggebrak panggung Coachella Festival 2019. (Foto: Timothy Norris/Getty Images for Coachella). Pekan lalu, single baru girlband K-pop BLACKP

on Jul 22, 2020
Megan Thee Stallion dan Beyonce.

Lagu ‘Savage’ Megan Thee Stallion dan Beyoncé Tembus No. 1 di Cha...

Megan Thee Stallion dan Beyonce. (Foto: Urban Islandz). ‘Savage’, lagu viral milik rapper Megan Thee Stallion yang menampilkan sang superstar Beyoncé,

on May 28, 2020