×
×

Search in Mata Mata Musik

Billboard Korea Akan Terbitkan Edisi Cetak Pertamanya!

Posted on: 08/11/19 at 11:30 am

Hal ini bertepatan dengan perkembangan pesat industri K-Pop.

Bulan depan, Billboard Korea akan menerbitkan edisi cetak pertamanya seiring industri musik K-pop berkembang sebagai kekuatan global dengan popularitas band-bandnya seperti BTS dan BLACKPINK.

Dirilis per dua bulan, majalah ini akan mencakup campuran berita, analisis, wawancara, laporan tangga lagu lengkap dan fotografi orisinal seputar industri K-pop. Selain itu, menurut laporan Billboard, hubungan antara ranah musik dengan fesyen, film, kecantikan, acara dan TV di Korea juga akan dikupas tuntas dalam majalah ini.

Pendapatan industri musik Korea Selatan melonjak sebesar 18 persen tahun lalu, melampaui kenaikan sebesar 9,7 persen untuk pasar global, menurut International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Korea Selatan menempati peringkat No. 6 di pasar musik, di belakang Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman dan Prancis.

Negara itu juga bertolak belakang dengan tren penurunan pendapatan yang terjadi secara global untuk musik yang dikemas dalam format fisik, seperti vinyl atau CD. Sementara pendapatan fisik menurun sebesar 10 persen secara global, di Korea angka tersebut naik sebanyak 29 persen.

Raksasa streaming musik Spotify belum membuka layanannya di Korea, tetapi mereka sudah mendistribusikan musik dari Korea Selatan secara global melalui platformnya.

Boyband BTS adalah grup yang paling banyak di-streaming kedua di Spotify, membuntuti Imagine Dragons tahun lalu. BTS juga mengantongi dua dari tiga album terlaris di dunia setelah OST The Greatest Showman, yang berada di peringkat No. 1.

Tren-tren itu menjadi pertanda baik bagi masa depan Billboard Korea. Apakah ini pertanda geliat media cetak akan kembali hidup lagi?

Keterangan Foto Utama: Billboard Korea akan meluncurkan edisi cetak pertamanya. (Foto: Billboard)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jungkook BTS

Lagu ‘Euphoria’ Jungkook (BTS) Pecahkan Rekor Chart World Digital ...

Jungkook (BTS). (Foto: YouTube). Di saat sebagian besar dari kita tampak santai-santai saja selama masa karantina pandemi virus Corona, Jungkook dari boyban

on May 22, 2020
Hayley Williams

Hayley Williams Jadi Wanita Pertama Pemecah Rekor Chart Rock Billboard

Cover album Hayley Williams Petals for Armor. (Foto: Atlantic Records). Album debut solo Hayley Williams, Petals For Armor sukses duduki posisi No. 1 di cha

on May 22, 2020
Charli XCX

Charli XCX Ungkap Asal-Usul Album Baru Yang Digarap Selama Masa Karant...

Charli XCX. (Foto: Redferns). Ketika Charli XCX merilis album barunya How I’m Feeling Now pada 15 Mei lalu, judul album tersebut merupakan ungkapan apa ad

on May 22, 2020
Twenty One Pilots

Lagu Baru Twenty One Pilots Melesat Ke Puncak Chart Alternative Songs ...

Twenty One Pilots. (Foto: Brad Heaton). Twenty One Pilots telah kembali meraih pencapaian chart alias tangga lagu penting pada minggu ini dengan lagu hit te

on May 9, 2020