×
×

Search in Mata Mata Musik

Billie Eilish Kena ‘Bumerang’ Setelah Kritik Budaya ‘Berbohong’ Dalam Musik Rap

Posted on: 02/6/20 at 3:11 pm

BILLIE EILISH
Billie Eilish kena ‘backlash’ dari scene Hip Hop (Foto: Emma McIntyre/GettyImages)

Popstar muda Billie Eilish baru-baru ini mendapat kecaman atas komentarnya yang menyatakan bahwa ada “banyak kebohongan” dalam musik rap. Billie Eilish, yang telah menerima pujian atas gaya bermusiknya yang pop alternatif dan ‘gelap’, mengatakan bahwa “postur” dalam genre itu “bukan yang sedang ‘dia’ lakukan”.

Baca juga: Billie Eilish Akan Tampilkan Lagu ‘No Time To Die’ Pada Seremoni Oscars 2020

“Hanya karena ceritanya tidak nyata bukan berarti itu tidak penting,” ujar sang pemenang lima penghargaan Grammy, Billie Eilish, kepada US Vogue. “Ada perbedaan antara berbohong dalam lagu dengan menulis sebuah cerita. Ada banyak lagu di mana orang-orang hanya berbohong. Dan itu telah banyak terjadi dalam (musik) rap sekarang, dari orang-orang yang saya kenal yang membuat musik rap”, tambah Billie Eilish.

“Itu (liriknya) seperti, ‘I got my AK-47, and I’m f****n’, dan saya seperti, apa? Anda tidak punya senjata. ‘And all my b****s…’ Saya seperti, b****s yang mana? Mereka berpose, dan itu tidak sama dengan yang saya lakukan”, kritik Billie Eilish mengenai lirik ‘sok jagoan’ yang sering terdengar dalam musik rap.

Komentar Billie Eilish itu menerima sambutan negatif di antara banyak penggemar rap yang mengatakan bahwa pandangan Billie Eilish sudah ketinggalan zaman. Salah satu yang mengkritik balik Billie Eilish adalah Ferrari Sheppard, seorang artis, aktivis dan produser musik asal Amerika Serikat.

Ferrari Shepard berbagi pada akun media sosialnya: “Billie Eilish sekarang akan menang lebih sering lagi karena dia telah mengambil pendekatan secara kolonial untuk hip hop. Apakah Anda (Billie Eilish) lebih suka jika cerita dalam rap menjadi 100% dan nonfiksi sehingga kami dapat menghasilkan lebih banyak rapstars yang mati atau di penjara? Tolong diam saja dan tetap urus masalah Anda sendiri”.

Baca juga: Billie Eilish ‘Menyapu Bersih’ Kategori Utama Grammy Awards 2020

Sementara jurnalis bernama Matthew Zeitlin juga ikut berbagi: “Ini mungkin benar waktu Billie Eilish masih berada di sekolah dasar, tapi sekarang, semua orang lebih banyak nge-rap tentang berapa banyak obat-obatan yang mereka konsumsi dan, yang cukup tragis adalah, mereka tampaknya tidak melebih-lebihkan itu sama sekali”.

Sementara itu, pengguna Twitter lain juga telah menulis: “Sepertinya saya tidak akan mengandalkan Billie Eilish untuk opini berkualitas mengenai (musik) hip-hop”.

BREAKING: Billie Eilish mengulangi poin pembicaraan melelahkan tentang musik rap dan hip-hop yang telah dibahas sejak tahun 90-an”, tulis seorang pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Billie Eilish Tampak Ceria Setelah Belakangan Ini Bicara Terbuka Mengenai Penyakit Depresinya

Billie Eilish sebelumnya telah mendaftarkan sejumlah artis rap yang telah menginspirasi dia dan dia juga berteman dekat dengan rapper multi-genre asal Miami, Florida, almarhum XXXTentacion, yang meninggal secara tragis pada tahun 2018 lalu. Billie Eilish bahkan telah mendedikasikan sebuah lagu untuk artis kontroversial itu setelah kepergiannya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Billie Eilish

Fender Rilis Ukulele Seri Signature Billie Eilish, Kenapa Ukulele Ya?

Billie Eilish memegang ukulelenya di samping anjingnya, Shark. (Foto: Matty Vogel). Setiap bintang besar dimulai dari yang kecil, dan itu lebih berlaku untu

on Sep 9, 2020
Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

on Sep 7, 2020
FINNEAS

EP Perdana FINNEAS 'Blood Harmony' Dirilis Ulang Dengan Versi Deluxe

FINNEAS. Pada tanggal 7 Agustus lalu, sang musisi, penulis lagu, dan produser pemenang lima piala Grammy Awards, FINNEAS telah kembali dengan versi digital

on Aug 10, 2020
MTV Video Music Awards 2020

Inilah Daftar Nominasi Lengkap MTV Video Music Awards 2020!

MTV Video Music Awards 2020 sudah bisa dipastikan akan digelar di Barclays Center Brooklyn pada 30 Agustus mendatang. Sejak 30 Juli lalu, daftar lengkap no

on Jul 31, 2020