×
×

Search in Mata Mata Musik

Billie Eilish Merasa Dia “Tidak Bisa Menang” Melawan Netizen Instagram

Posted on: 04/15/20 at 6:30 am

Billie Eilish.
Billie Eilish saat tampil live. (Foto: Getty Images).

Megastar alternative pop Billie Eilish telah membahas keluh kesahnya saat menghadapi kritik dari para netizen Instagram, dengan mengakui bahwa dia “tidak bisa menang” melawan mereka. Artis remaja ini secara teratur berbicara tentang pengalamannya dengan para body shamers (alias penghinaan secara fisik) dan harapan masyarakat baginya untuk berpakaian dengan cara yang “tertentu”.

Baca juga: The Grammy Museum Tawarkan Program Digital Menampilkan Billie Eilish dan Lainnya

Sekarang, dalam sebuah wawancara baru dengan Dazed, Billie Eilish telah membahas pengalamannya baru-baru ini dengan netizen di Instagram setelah memposting foto dari masa liburannya ke pulau Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada awal tahun 2020. Billie Eilish mengunggah video liburannya yang menampilkan dia mengenakan pakaian bikini, dan telah berbicara tentang banyak komentar negatif menyertai postingannya.

“Itu menjadi viral,” ingat Billie Eilish. “Ada komentar yang seperti, ‘Aku tidak menyukai Billie Eilish lagi karena begitu dia berusia 18 tahun dia bertindak seperti pelacur’. Aku tidak bisa menang. Aku benar-benar tidak bisa menang”.

Saat berbicara tentang contoh komentar negatif sebelumnya tentang penampilannya, yang tentang fotonya saat mengenakan tank top, Billie Eilish berkata: “Aku melihat komentar seperti, ‘Berani-beraninya dia berbicara tentang tidak ingin dilihat secara seksual tapi malah memakai baju seperti ini?!'”.

Billie Eilish merasa bahwa komentar itu memiliki dampak negatif pada citra tubuhnya sendiri, dengan mengatakan: “Ada satu titik tahun lalu di mana aku sedang telanjang dan aku tidak bisa mengenali tubuhku sendiri karena sudah lama aku belum melihatnya. Aku terkadang melihatnya dan merasa seperti, ‘Tubuh siapa itu?’”.

Pada konser pembukaan tur dunia Where Do We Go? di AS, yang sekarang telah ditunda karena virus Corona, Billie Eilish mengekspresikan pernyataan yang kuat tentang budaya body shaming.

“Beberapa orang membenci apa yang aku pakai; beberapa orang memuji itu; beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain; beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan aku,” ujar Billie Eilish dalam sebuah video yang diputar di panggung.

“Apakah kamu ingin aku menjadi lebih kecil?” tanya Billie Eilish. “Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Apakah kamu ingin aku diam? Apakah bahuku memprovokasi kamu? Apakah itu dadaku? Apakah itu karena perutku? Pinggulku? Tubuh yang aku miliki sejak dilahirkan, itu bukan yang kamu inginkan?”.

Baca juga: Billie Eilish ‘Main Aman’ Dengan Menunda Semua Jadwal Tur Di Bulan Maret

“Jika aku memakai apa yang menurutku nyaman, aku bukan seorang wanita. Jika aku melepaskan beberapa lapisan, aku dianggap pelacur. Meskipun kamu belum pernah melihat tubuhku, kamu masih menghakimi dan menilai aku untuk itu. Kenapa?”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grammy Awards

    Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

    Foto: Don Emmert/AFP via Getty Images. Grammy Awards tahun ke-63 telah rampung digelar di Los Angeles pada hari Minggu, 14 Maret pukul 8 malam atau Senin, 1

    on Mar 16, 2021
    Finneas

    Setelah Rentetan Single Di 2020, FINNEAS Awali 2021 Dengan 'American C...

    FINNEAS. (Foto: Secret Signals). Kalau lo kenal Billie Eilish, pasti kenal lah dengan FINNEAS, karena lo wajib mengenal musisi, penulis lagu, dan produser p

    on Feb 18, 2021
    Billie Eilish

    Setelah Film Dokumenter, Billie Eilish Akan Rilis Photo Book & Audio B...

    Billie Eilish. (Foto: Amy Price). Penggemar Billie Eilish sudah bersiap-siap untuk menonton film dokumenternya yang akan datang, Billie Eilish: The World’

    on Jan 13, 2021
    Billie Eilish

    Billie Eilish Kehilangan 100 Ribu Followers Instagram Karena Gambar Pa...

    Billie Eilish (Foto: Amy Price) dan gambar bagian tubuh wanita bikinan doi. Jarang-jarang lo bisa kehilangan banyak followers gara-gara berpartisipasi dalam

    on Jan 1, 2021