×
×

Search in Mata Mata Musik

Black Sabbath Diharapkan Reuni Dan Merilis Album Lagi Oleh Bill Ward

Posted on: 10/7/21 at 5:00 pm

Bill Ward dan Black Sabbath
Foto: Lester Cohen/WireImage.

Black Sabbath telah menyatakan bubar dan reuni pada tahun 2011 dan merilis album terakhirnya yang berjudul 13 pada tahun 2013. Dan “mbahnya” heavy metal ini kembali membubarkan diri dan melakukan konser perpisahannya pada tahun 2017 di kota kelahiran mereka, Birmingham, Inggris. Namun sang dramer dan co-founder Bill Ward baru-baru ini menyatakan minatnya untuk membuat “album lagi” dengan band legendarisnya tersebut.

Dalam sesi wawancara barunya, Bill Ward membuka tentang kemungkinan bersatu kembali dengan anggota Black Sabbath lainnya: Tony Iommi, Geezer Butler, dan Ozzy Osbourne. Ward sebelumnya telah menyatakan keinginannya untuk merekam satu album lagi dengan formasi orisinal. Sementara Ozzy mengatakan pada tahun 2019 bahwa doi berharap band ini dapat memainkan “one last gig” dengan Ward. Meskipun sang vokalis itu kemudian bersikeras bahwa doi tidak tertarik tampil dengan Sabbath lagi.

Baca juga: Ozzy Osbourne Sama Sekali “Nggak Tertarik” Reuni Lagi Dengan Black Sabbath

“Perdebatan terbesar saya adalah ‘ayo buat album lain’,” kata Ward kepada Metro. “Tidak ada yang hidup, karena saya melihat apa yang bisa saya lakukan secara realistis. Cara saya memainkan dram, semakin sulit seiring bertambahnya usia. Saya belum berbicara dengan orang-orang tentang hal itu, tetapi saya telah berbicara dengan beberapa orang di manajemen tentang kemungkinan membuat rekaman album”.

Telah diketahui secara umum, Ward keluar dari Black Sabbath sebelum album terakhir band dan tur perpisahan karena perselisihan kontrak, di antara kekhawatiran tentang kemampuan fisiknya. Alih-alih, singgasana dramnya lantas diisi oleh Brad Wilk dari Rage Against The Machine dalam rekaman album 13. Dan dramer band solo Ozzy Osbourne, Tommy Clufetos mengiri untuk turnya, yang berakhir pada 2017. Sejak itu Ozzy mengakui bahwa tur terakhirnya “pahit” tanpa Ward.

Kemungkinan Reuni Black Sabbath

Meskipun Ward menyebutkan bahwa doi belum secara eksplisit membahas reuni dengan anggota band lainnya. Doi memberi tahu Metro bahwa doi berhubungan dengan Ozzy dan rekan-rekannya, setelah bertemu dengan Iommi dan Butler di Grammy Awards 2019.

“Saya berhubungan dengan orang-orang itu,” kata Ward. “Saya berbicara dengan Ozzy dua malam lalu. Banyak hal telah melintas di antara kami dan ada batasan baru yang harus saya bangun, tetapi saya tidak memikirkannya. Saya telah bekerja dengan Tony sejak 1964 ketika saya berusia 16 tahun. Mereka adalah saudara-saudara saya dan saya mencintai mereka”.

Untungnya, sepertinya intensitas di sekitar konflik Ward dengan band bagaikan air di bawah jembatan. Yang menandakan kemungkinan reuni Black Sabbath bisa terjadi.

Baca juga: Siapa Pemilik Resmi Nama Black Sabbath? Sharon Osbourne Menjawab

Wawancara baru Ward yang ekstensif adalah bagian dari kampanye pers untuk reissue terbaru dari album Technical Ecstasy tahun 1976 milik Black Sabbath. Bukti lebih lanjut bahwa Ward memiliki hubungan yang lebih baik dengan pihak band. Album tersebut secara khusus menampung satu-satunya penampilan vokal utama Ward dan kredit penulisan lagu doi di ‘It’s Alright’.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    LOVEBITES Heavy Reaction

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Alcatrazz

    Alcatrazz Comeback Via Album Epik "V" Bersama Vokalis Doogie White

    Foto: Alex Solca. Alcatrazz baru saja meluncurkan MV (Music Video) single baru 'Grace Of God' yang bisa lo dengar di akhir artikel ini. Lagu itu diambil dar

    on Oct 10, 2021
    Iron Maiden Fan Principal

    Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

    Vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson (foto: Kevin RC Wilson), KepSek Sharon Burns (foto: via Change.org). Iron Maiden dan penggemarnya belum lama ini menjad

    on Oct 10, 2021