×
×

Search in Mata Mata Musik

BLACKPINK ‘Dicurangi’ Di APAN Music Awards 2020, BLINK Marah Banget!

Posted on: 11/29/20 at 12:00 pm

BLACKPINK 'Dicurangi' Di APAN Music Awards 2020, BLINK Marah Banget!

Pada 26 November, APAN Music Awards 2020 mengumumkan pemenangnya untuk Top 10 Artist Awards alias penghargaan 10 artis teratas, dan para penggemar BLACKPINK alias BLINK sangat marah karena kuartet ratu idol pujaannya nggak lolos! Demikian pula pada Asia Artist Awards 2020, girlband K-pop fenomenal itu juga sama sekali nggak keluar sebagai pemenang walau memiliki prestasi yang gemilang selama tahun 2020.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Asia Artist Awards 2020 Sama Sekali Nggak Ada BLACKPINK!

BLACKPINK.

APAN Music Awards 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung pada 28 November di Kyunghee University Grand Peace Palace, Korea Selatan tetapi ditunda karena meningkatnya kasus COVID-19.

APAN Awards 2020.

Pemenang dipilih berdasarkan penjualan album fisik dan peringkat digital, vote popularitas, dan skor dari juri. Acara penghargaan tersebut menganggap mereka (10 artis teratas) sebagai “penyanyi terhebat yang membuat K-pop bersinar di tahun 2020”.

Dalam urutan abjad Korea, penghargaan artis Top 10 jatuh ke tangan Kang Daniel, The Boyz, MONSTA X, BTS, SEVENTEEN, IZ * ONE, Im Young Woong, GOT7, NCT 127, dan TWICE.

Yang jelas hilang dari daftar tersebut adalah girlband paling populer di dunia BLACKPINK yang membuat comeback mereka yang sangat dinanti tahun ini dengan album full length pertama mereka, The Album.

Selain sebagai satu-satunya girlband K-Pop yang memiliki lebih dari 1 juta pre-order dari satu album, BLACKPINK juga menjual lebih dari 590.000 album di hari pertama rilis, yang tertinggi dalam periode waktunya.

Secara digital, lagu ‘Lovesick Girls’ BLACKPINK masih berada di peringkat 5 lagu Teratas di MelOn Chart hampir dua bulan setelah dirilis.

Lagu ‘Lovesick Girls’ pun terus mendominasi grafik digital Korea lainnya.

Selain itu, BLACKPINK dinobatkan sebagai “grup pop terbesar di dunia” oleh Bloomberg setelah mereka mencapai #1 pada peringkat musisi di perusahaan analisis dan media terkenal tersebut.

“Bersamaan dengan boyband BTS, BLACKPINK telah mencapai tingkat popularitas global yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah musik” – Lucas Shaw, Bloomberg

Popularitas mereka juga dapat dilihat dari banyaknya views alias penayangan video musik mereka di YouTube, semuanya meraup ratusan juta penayangan. ‘DDU-DU DDU-DU’ sendiri memiliki lebih dari 1,4 miliar views.

Mengingat jutaan album yang telah mereka jual, peringkat digital mereka yang tinggi hingga hari ini, dan popularitas mereka yang diakui secara luas, BLINK dengan cepat mempertanyakan keputusan APAN Music Awards 2020 untuk mengeluarkan mereka dari daftar 10 artis teratas tersebut.

Baca juga: BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The Album”

Mereka mengklaim gadis-gadis itu “dirampok” dari seremoni penghargaan itu, menyebutnya sebagai “acara penghargaan yang curang”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020