×
×

Search in Mata Mata Musik

BLACKPINK Dikecam Netizen Karena Patung Ganesha Muncul di MV ‘How You Like That’

Posted on: 06/29/20 at 7:00 am

BLACKPINK dalam MV 'How You Like That'.
BLACKPINK dalam MV ‘How You Like That’.

BLACKPINK mungkin sedang memecahkan banyak rekor dengan lagu comeback ‘How You Like That’, tetapi tidak semua penggemar senang dengan video musiknya. Video musik terbaru girlband K-pop itu telah mengumpulkan lebih dari 115 juta views di YouTube dalam 24 jam dan mengalahkan rekor BTS sebagai debut video terbesar di platform streaming tersebut. Lagu baru BLACKPINK ini memancarkan energi baru dari Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rosé yang menggetarkan lantai dansa dengan sikap mereka yang serba bisa dan penuh kepercayaan diri. Tapi girlband itu kini telah terlilit sebuah kontroversi setelah netizen dari India menunjukkan adanya penistaan budaya dalam video musik comeback mereka.

Baca Juga: Menurut NASA, Kim Seok Jin (BTS) Adalah Salah Satu “Pemilik” Bulan

Beberapa netizen asal India menunjukkan bahwa ada patung Dewa Ganesha yang ditempatkan di sebuah pasar Arab yang menjadi konsep sekilas dalam video BLACKPINK itu. Penampilan sepersekian detik dari patung itu muncul ketika Lisa menyanyikan bagian liriknya sambil duduk di atas sebuah perabotan yang muncul dalam adegan video itu. Penggunaan patung Ganesha sebagai properti pelengkap ternyata tidak diterima dengan baik oleh netizen India.

Lisa di samping patung Ganesha.
Lisa di samping patung Ganesha.

Beberapa netizen telah mengkritik BLACKPINK dan YG Entertainment atas kejadian itu. “Blackpink menempatkan patung Ganesha DI BAWAH LANTAI di sebelah lampu Aladdin di tempat yang disebut ‘pasar Arab’… ketika kami mengatakan bahwa kalian menganggap (wilayah) Asia Selatan sebagai semacam tempat eksotis yang dapat dipertukarkan demi estetika, ini adalah contoh utamanya,” tulis seorang penggemar di Twitter.

“Aku sangat marah, aku tidak pernah menyebarkan kebencian di sini tapi @ygent_official @BLACKPINK @ygofficialblink Persetan untuk kalian karena menggunakan semua yang kalian bisa demi estetika. Patung itu adalah Dewa Hindu Ganesha dan kalian tidak boleh menggunakannya seperti itu!!!!! Lakukan riset lah? Tolong berhenti memanfaatkan budaya kami, kami CAPEK,” tambah seorang penggemar lainnya.

Lihat beberapa reaksi netizen lainnya di sini:

Sementara YG Entertainment belum membahas kontroversi tersebut, fanbase resmi penggemar BLACKPINK di India telah meyakinkan netizen bahwa mereka telah mengirim email dan mencoba menghubungi girlband itu untuk meminta pernyataan.

Apakah menurut kalian itu tidak pantas bagi para pembuat video untuk menempatkan patung Ganesha di video musik ‘How You Like That’? Beri tahu opini kalian kepada kami dalam kolom komentar di bawah.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS & UNICEF Kampanye LOVE MYSELF, Sebar Cinta & Stop Kekerasan

    BTS dalam video kampanye 'LOVE MYSELF'. (Foto: via YouTube). Lagi-lagi BTS. Tetapi kami enggak bosan-bosannya memberitakan sepak terjang fenomena global ini

    on Mar 5, 2021
    BTS

    BTS Jadi Artis Asia Pertama Peraih Global Recording Artist Of The Year

    BTS. (Foto: Big Hit). BTS tidak henti-hentinya membuktikan diri mereka sebagai fenomena global dengan invasi K-pop-nya. Kali ini mereka telah menerima IFPI

    on Mar 5, 2021
    TXT Foto Utama

    TXT: Interpretasi Nama Grup, Karakter Member Dan Pertumbuhan Karier

    TXT. (Foto: Vogue Korea). Wajah rupawan dan penampilan menawan para member TXT menghiasi edisi terbaru majalah Vogue Korea. Selain melakukan sesi pemotretan

    on Mar 4, 2021
    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021