×
×

Search in Mata Mata Musik

BLACKPINK Umumkan Tanggal Rilis Bulan Juni Untuk Single Comeback Pertama

Posted on: 06/11/20 at 10:00 am

BLACKPINK.
BLACKPINK. (Foto: Olens).

Girlband K-pop BLACKPINK pada hari Rabu lalu mengumumkan tanggal rilis untuk lagu baru pertama mereka dalam 14 bulan terakhir. Akhirnya comeback juga nih!

Baca juga: Lady Gaga Akhirnya Rilis ‘Sour Candy’, Lagu Kolab Dengan BLACKPINK!

Agensi dan label manajemen BLACKPINK, YG Entertainment, mengatakan bahwa kuartet asal Korea Selatan itu akan mengeluarkan lagu baru pada 26 Juni. Rincian lainnya, seperti judul lagu, belum dibagikan alias masih “diumpetin”, hehe.

Lagu ini akan menjadi lagu dari album studio pertama BLACKPINK yang akan datang, yang akan sepenuhnya dirilis pada bulan September 2020. YG Entertainment telah mengumumkan bahwa album debut BLACKPINK ini akan dirilis melalui skema tiga bagian, dengan perilisan single pertama muncul bulan Juni ini diikuti oleh lagu lainnya sekitar bulan Juli dan Agustus.

Sebagai salah satu girlband K-pop terbesar di dunia, BLACKPINK melakukan debut yang sukses pada tahun 2016 lalu, menyerbu beberapa chart alias tangga musik ternama secara berurutan dengan lagu hip-hop mereka yang edgy, ‘Whistle’ dan ‘Boombayah’. Baru-baru ini mereka muncul sebagai fitur yang mengejutkan dalam ‘Sour Candy’, sebuah lagu dari album terbaru sang superstar Lady Gaga, Chromatica.

Lagu duet Blackpink dan Lady Gaga ini sekarang berdiri sebagai lagu dengan peringkat chart tertinggi dalam sejarah Amerika Serikat yang digawangi oleh atau menampilkan sebuah girlband Korea Selatan. Grup vokal yang seluruhnya terdiri dari artis cewek cantik nan seksi memang sangat populer di negara-negara Asia, tetapi mereka hampir jarang berhasil akhir-akhir ini di AS, dan hanya sangat sedikit girlband dari Asia yang tampil baik di chart musik AS.

‘Sour Candy’ mengalahkan pemegang rekor sebelumnya untuk lagu dengan posisi chart tertinggi oleh girlband asal Korea Selatan, yang, secara mengejutkan, dipegang oleh BLACKPINK juga. Lagu hit mereka pada tahun 2019, ‘Kill This Love’ hampir menyentuh wilayah Top 40, memuncak di No. 41 selama hanya satu ronde penghitungan.

Baca juga: BLACKPINK Akhirnya Akan Rilis Album Debut Saat Comeback Bulan Juni

Lagu catchy bersama Lady Gaga itu sekarang menjadi lagu keempat BLACKPINK yang mencapai chart Billboard Hot 100, prestasi lainnya yang sangat mengesankan bagi sebuah grup asal Korea Selatan. Lagu-lagu orisinil BLACKPINK sendiri seperti ‘Kill This Love’ dan ‘Ddu-Du Ddu-Du’ keduanya juga sempat membuat dampak pada beberapa chart penting, sementara kolaborasi mereka dengan penyanyi asal Inggris Dua Lipa, ‘Kiss and Make Up’, membantu mereka masuk chart untuk hanya kedua kalinya di akhir tahun 2018.

BLACKPINK tetap menjadi girlband Korea Selatan kedua yang berhasil mencapai chart Hot 100. Salah satu pelopor konsep girlband K-pop, Wonder Girls membuat sejarah pada tahun 2009 lalu ketika mereka sukses menempatkan sebuah single pada chart, menjadi nama pertama dari negara mereka yang mencetak jenis lagu hit apa pun pada chart.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS & UNICEF Kampanye LOVE MYSELF, Sebar Cinta & Stop Kekerasan

    BTS dalam video kampanye 'LOVE MYSELF'. (Foto: via YouTube). Lagi-lagi BTS. Tetapi kami enggak bosan-bosannya memberitakan sepak terjang fenomena global ini

    on Mar 5, 2021
    BTS

    BTS Jadi Artis Asia Pertama Peraih Global Recording Artist Of The Year

    BTS. (Foto: Big Hit). BTS tidak henti-hentinya membuktikan diri mereka sebagai fenomena global dengan invasi K-pop-nya. Kali ini mereka telah menerima IFPI

    on Mar 5, 2021
    TXT Foto Utama

    TXT: Interpretasi Nama Grup, Karakter Member Dan Pertumbuhan Karier

    TXT. (Foto: Vogue Korea). Wajah rupawan dan penampilan menawan para member TXT menghiasi edisi terbaru majalah Vogue Korea. Selain melakukan sesi pemotretan

    on Mar 4, 2021
    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021