×
×

Search in Mata Mata Musik

BMI Kantongi Pendapatan Senilai $1,283 Miliar di 2019

Posted on: 09/19/19 at 5:00 pm

Tahun ini BMI juga mengajak sebanyak 90.000 penulis lagu, komposer dan penerbit baru ke dalam organisasinya.

Baca Juga: BTS dan Charli XCX Berkolaborasi?

Broadcast Music, Inc. (BMI) mengakhiri tahun fiskalnya pada 30 Juni lalu dan mencatat pendapatan sebesar $1,283 miliar, naik 7 persen dari tahun sebelumnya. BMI juga menyalurkan $1,196 miliar ke penulis lagu, komposer dan penerbitnya—jumlah distribusi tertinggi yang pernah dikeluarkan, dan naik 7 persen atau $78 juta dari tahun lalu. 

Total distribusi senilai $1,196 miliar termasuk royalti domestik dan internasional, serta royalti dari transaksi langsung yang dikelola BMI atas nama penerbitnya. Distribusi dari transaksi langsung tumbuh $9 juta di tahun fiskal 2019 dengan total $62 juta, tetap stabil di 5 persen dari total distribusi BMI.

Perusahaan juga berhasil mempertahankan tingkat overhead-nya. Ketika memperhitungkan dampak dari administrasi transaksi langsung, BMI terus mendistribusikan hampir 90 sen dari setiap dolar langsung ke penulis lagu, komposer dan penerbitnya.

Total pendapatan domestik BMI, yang mencakup lisensi digital, media dan umum, mencapai $943 juta, naik sebesar $63 juta atau 7 persen. Pertumbuhan itu didorong oleh peningkatan senilai $47 juta dalam pendapatan digital, naik 22 persen dari tahun ke tahun dengan total $262 juta. Kontrak baru dengan pasar streaming/video-on-demand, termasuk Twitch dan Amazon Channels, serta pemegang lisensi baru di pasar eFitness, seperti Peloton dan Flywheel, membantu mendorong pencapaian itu.

Lisensi umum, yang dihasilkan dari bisnis seperti bar dan restoran, hotel dan pusat kebugaran, bersama dengan pendapatan lainnya, membukukan pendapatan $169 juta, naik 8 persen dari tahun ke tahun, mengisi 18 persen dari total pendapatan domestik BMI. Perusahaan menambahkan sekitar 16.500 bisnis baru ke dalam portofolionya yang semakin berkembang di sektor ini.

Pendapatan dari sumber kabel dan satelit menghasilkan porsi terbesar dari pendapatan domestik BMI yaitu sebesar 30 persen, sementara radio dan televisi tradisional menyumbang 24 persen dari total keseluruhan domestik. Pendapatan digital BMI kini meningkat menjadi 28 persen dari total portofolio pendapatan domestik perusahaan, dan sekarang merupakan kontributor terbesar kedua dari total itu.

Pendapatan internasional BMI tercatat di tingkat $340 juta, meningkat $21 juta atau 7 persen dari tahun sebelumnya. Repertoar film, televisi dan lagu BMI membantu perusahaan mencapai hasil ini terlepas dari dampak negatif valuta asing sebesar $23 juta yang disebabkan oleh penguatan dolar di luar negeri.  

Selain itu, BMI mencatatkan keanggotaan afiliasinya melampaui angka satu juta untuk pertama kalinya, dengan lebih dari 90.000 penulis lagu, komposer dan penerbit baru yang bergabung dengan organisasi ini tahun ini. Anggota baru yang menonjol di antaranya yaitu Lil Nas X, Kendrick Lamar, Brandi Carlile, Willie Colón, dan Sarah Schachner, sementara beberapa kontrak diperpanjang dengan Imagine Dragons, Eminem, Shakira, John Legend, Harry Gregson-Williams, Eric Church, P!nk, Rihanna, Ben Decter, J Balvin, Hozier, Halsey, Horacio Palencia, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Halsey Lepas Lagu Baru dari Album Ketiganya, Manic

BMI memproses sebanyak 2,19 triliun pertunjukan di tahun fiskal 2019, naik 29 persen dari tahun lalu. Dari total itu, 98 persennya adalah pertunjukan digital, memperkuat kebutuhan kritis akan kompensasi yang adil bagi penulis lagu, yang kontribusi musiknya menjadi fondasi utama dari bisnis layanan streaming.

Keterangan Foto Utama: LogoBMI.

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter