×
×

Search in Mata Mata Musik

Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 Triliun!

Posted on: 12/8/20 at 10:30 am

Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 Triliun!
Bob Dylan. (Foto: Bob Dylan).

Musisi kawakan nan legendaris Bob Dylan telah mencapai kesepakatan dengan Universal Music Group untuk menjual seluruh katalog lagu yang ditulisnya.

Baca juga: Bob Dylan Lagi-lagi Rilis Lagu Baru, Judulnya ‘I Contain Multitudes’

Menurut New York Times, kesepakatan itu bernilai sekitar US$ 300 juta (sekitar Rp 4,2 triliun), dan memberikan kepemilikan Universal Music atas lebih dari 600 lagu Bob Dylan selama hampir enam dekade kariernya. Kesepakatan itu mencakup lagu-lagu klasik Bob Dylan awal seperti ‘Blowin ‘in the Wind’, ‘The Times They Are A-Changing”, dan ‘Like a Rolling Stone’ melalui album terbarunya, Rough and Rowdy Ways tahun ini.

Kesepakatan penerbitan musik telah menjadi komoditas panas akhir-akhir ini, yang dikaitkan oleh Billboard dengan berbagai faktor, termasuk kurangnya pendapatan tur karena pandemi; ledakan streaming; kemungkinan Presiden terpilih Joe Biden menaikkan pajak capital gain; dan musisi tua yang ingin menopang “perkebunan” mereka. Selama setahun terakhir, banyak artis termasuk Stevie Nicks, Blondie, Chrissie Hynde, dan The Killers, semuanya telah menjual saham penerbitan musik mereka.

Namun, katalog Bob Dylan merupakan materi yang unik dan berharga. Di luar warisan musiknya yang abadi, Bob Dylan terdaftar sebagai penulis lagu utama di sebagian besar lagunya, yang berarti Universal Music nggak harus berbagi pendapatan dengan penulis lagu lain dan memiliki kendali penuh atas lisensi dan peluang penghasilan di masa depan.

“Bukan rahasia lagi bahwa seni menulis lagu adalah kunci fundamental untuk semua musik hebat, juga bukan rahasia bahwa Bob Dylan adalah salah satu praktisi seni terbesar,” kata Lucian Grainge, kepala eksekutif Universal Music Group, di pernyataan yang mengumumkan kesepakatan.

Jody Gerson, kepala eksekutif divisi penerbitan Universal Music, menambahkan, “Mewakili karya salah satu penulis lagu terbesar sepanjang masa, yang kepentingan budayanya nggak bisa dilebih-lebihkan, merupakan hak istimewa dan tanggung jawab”.

Baca juga: Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Piala Grammy!

Bob Dylan sendiri belum memberi komentar mengenai hal tersebut. Nggak apa-apa, Eyang Bob, mantap banget tuh buat dana pensiun, mengingat sudha uzur.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

    Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

    on Sep 17, 2020
    The Weekend.

    The Weeknd Ajak Major Label Donasi Besar-Besaran Untuk Melawan Rasisme

    The Weeknd. (Foto: WENN/Instar). The Weeknd, yang pada hari Senin lalu menyumbangkan US$ 500.000 alias sekitar Rp 7 miliar untuk organisasi pemberdayaan ora

    on Jun 4, 2020
    Little Richard

    Tribute Untuk Little Richard Dari Elton John, Mick Jagger, Bob Dylan, ...

    Little Richard di masa aktif bermusik terakhirnya sebelum pensiun. (Foto: Vince Bucci/Getty Images). Berbagai musisi dan selebriti papan atas, bahkan sebagi

    on May 11, 2020
    Universal Music dan LEGO

    Universal Music dan LEGO Akan Rilis Mainan Figur Artis Billie Eilish d...

    Universal Music dan LEGO pada 26 April lalu mengumumkan sebuah kemitraan global eksklusif yang melibatkan produk, pengalaman, dan banyak lagi yang akan mem

    on Apr 28, 2020