×
×

Search in Mata Mata Musik

Bob Kulick, Gitaris Rock Penulis Lagu KISS dan Kartun Spongebob, Tutup Usia

Posted on: 05/30/20 at 6:30 am

Bob Kulick.
Bob Kulick. (Foto: Julie Bergonz).

Gitaris Bob Kulick, yang sering merekam lagu dan melakukan tur dengan artis-artis besar seperti KISS, Meat Loaf dan Lou Reed, dilaporkan meninggal dunia di usia 70 tahun.

Adiknya, Bruce Kulick mengungkapkan berita duka itu di Facebook.

“Aku sangat sedih harus berbagi berita atas kematian kakakku, Bob Kulick,” tulis Bruce. “Kecintaannya pada musik, dan bakatnya sebagai musisi dan produser harus selalu dirayakan. Aku tahu dia sekarang sudah tenang, bersama orang tua kami, memainkan gitarnya sekeras mungkin. Mohon hormati privasi keluarga Kulick selama masa yang sangat menyedihkan ini”.

Pada tahun 1972, Bob Kulick mengikuti audisi band KISS yang saat itu masih belum terkenal, tetapi dia tidak lolos audisi dan kalah oleh pria yang bermain tepat setelahnya: Ace Frehley. Dia kemudian menjadi musisi studio, bermain sebagai gitaris utama di album tahun 1976 Lou Reed, Coney Island Baby. Dia juga pernah melakukan tur dan sesi rekaman dengan Meat Loaf, Michael Bolton, W. A.S.P. dan Diana Ross.

Pada tahun 1977, saat Ace Frehley tidak dapat atau tidak mau berpartisipasi, Bob Kulick diam-diam direkrut untuk tampil di berbagai lagu studio baru yang ada di album Alive II milik KISS. Dia kemudian mendapatkan kredit rekaman dan penulisan lagu di tiga album KISS lainnya: Unmasked, Killers dan album solo tahun 1978 milik Paul Stanley, sang vokalis/gitaris KISS. Adik Bob Kulick, Bruce bergabung dengan KISS pada tahun 1984, dan tetap menjadi gitaris utama mereka selama satu dekade, sampai Ace Frehley kembali untuk melakukan tur reuni formasi orisinil dari band itu pada tahun 1996.

Pada tahun 2017, para Kulick bersaudara memainkan set lengkap musik KISS live bersama untuk pertama kalinya di acara tahunan band, KISS Kruise. “Itu sangat berarti bagi aku dan kakak aku, fakta bahwa kami berhasil melakukannya dengan sangat baik dan diterima dengan sangat baik,” ujar Bruce kepada UCR sesudahnya. “Ini perasaan yang bagus. Cinta dari para penggemar KISS – ini merupakan pujian yang besar bagi kakakku baik secara profesional maupun emosional”.

Duo Kulick ini ditetapkan untuk tampil bersama lagi di KISS Kruise tahun berikutnya, tetapi perselisihan kontrak mengakibatkan Bob keluar dari acara itu. Bulan November lalu, dia secara terbuka menuduh saudaranya telah “mengkhianatinya” dalam perselisihan tentang penjualan merchandise, dan menyatakan frustrasinya terhadap dugaan bahwa Bruce ogah melakukan tur dan merekam lagu bersama-sama.

Dalam sebuah wawancara dengan UCR pada 2018, Bob Kulick mengatakan dia tidak punya masalah dengan merahasiakan jasanya untuk KISS selama bertahun-tahun. “Dalam keadaan ini, untuk bisa berteman dengan Gene Simmons dan Paul Stanley, itu penting bagiku bahwa ketika mereka mengatakan ‘Ini harus ada di antara kita dan kita saja’, aku akan menepati janjiku. Ini semua tentang integritas, dan itulah bagaimana aku bisa terus bertahan,” jelasnya.

“Aku membuat musik yang hebat; aku tidak langsung puas. Aku tidak pernah melakukan hal dengan cara mudah: ‘Oh, aku ambil saja ya uangnya’. Aku tidak pernah melakukan itu, ini bukan aku. Aku tidak pernah merekam lagu seorang artis dan mengambil uang mereka jika aku pikir (kualitasnya) di bawah standar, seperti ‘ini akan memalukan’. Itu tidak akan membantu mereka, itu tidak akan membantu aku”.

Fun fact: Bob Kulick mengaransemen, memproduksi, menampilkan, dan ikut menulis lagu legendaris dari kartun SpongeBob SquarePants, ‘Sweet Victory’ yang muncul pada episode tahun 2001 berjudul ‘Band Geeks’ yang menjadi salah satu lagu kebangsaan yang paling ikonik bagi para penggemar kartun terpopuler di Nickelodeon itu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Artis Bayaran Termahal

KISS, Metallica dan Post Malone Masuk Daftar Artis Bayaran Termahal 20...

James Hetfield (Metallica), Post Malone, Paul Stanley (KISS). Meskipun semua aktifitas touring sedang mengalami jeda panjang di tengah pandemi virus Corona,

on Jun 9, 2020
Gary Underdown.

Tukang Pos Berdandan Ala Gene Simmons (KISS) Sebar Semangat Selama Pan...

Tukang Pos Inggris, Gary Underdown. (Foto: via KISS Twitter). Seorang tukang pos di Inggris telah menemukan cara unik untuk mengangkat semangat orang-orang

on May 24, 2020
KISS

KISS Akan Turuti Ilmuwan Bukan Politisi Soal Kapan Boleh Tur Setelah P...

KISS saat konser dalam rangkaian Monster World Tour 2013. (Foto: Daniel Boud). Selama sesi Facebook Live pada 7 Mei lalu dengan Scott Brown, duta besar Amer

on May 12, 2020
Paul Stanley saat manggung bersama KISS

Paul Stanley (KISS) Peringatkan Netizen Bahaya Bikin Tato Di Muka

Paul Stanely (Foto: Kevork Djansezian, Getty Images). Vokalis dan gitaris legenda hidup hard rock KISS, Paul Stanley, ternyata bukan penggemar seni tato yan

on Feb 20, 2020